Masbro sekalian, ditahun 2005-2006 adalah era dimana kehadiran motor matic sudah mulai diterima masyarakat Indonesia, dan disaat itulah PT.AHM meluncurkan skuter matic pertamanya yaitu Honda Vario.

Melihat dari data penjualan, Honda Vario merupakan salah satu motor matic yang terbilang sukses dipasaran, sejak pertama kali diluncurkan dan hingga saat ini Honda Vario sendiri sudah mengalami perubahan untuk terus menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Generasi pertama Honda Vario hadir tahun 2006 hingga 2009 lalu, dengan brand ambasador Agnes Monica, berbasis mesin 110 cc liquid cooled serta dilengkapi dengan fitur paling lengkap dikelasnya seperti fitur parking brake lock dan side stand switch. Fitur tersebut lebih ke arah safety untuk konsumen supaya lebih nyaman saat berkendara.

Memasuki tahun 2009 hingga 2013, Hadir Honda Vario generasi kedua atau biasa yang disebut Honda Vario Techno. Dengan perubahan design bodinya yang lebih runcing serta agresif dengan split headlamp dan modelnya yang sporty dan lebih futuristik. Saat itu juga, fitur pengereman yang dimiliki dilengkapi dengan teknologi combi brake system. Dimana pengendara cukup menarik tuas rem sebelah kiri, maka rem depan dan belakang akan bereaksi secara proporsional dan tidak membahayakan pengendara.

Evolusi selanjutnya hadir di tahun 2013 hingga 2015, dimana Honda Vario generasi ketiga melakukan upgrade performa dengan menggunakan mesin turunan dari PCX125 yang berteknologi eSP PGM Fi 125 cc yang mampu memuntahkan power 11,3 PS / 8.500 rpm dengan torsi 10,7 Nm @ 5.000 rpm.Tidak cukup sampai disitu, perubahan juga ada dibagian tangki yang ikut diperbesar menjadi 5,5 liter agar jarak tempuh berkendara bisa lebih jauh dan bagasi pun juga disesuaikan dengan kebutuhan pengendara, Honda Vario 125 sudah dibekali bagasi helm in yang berkapasitas sekitar 18 liter cukup untuk helm half face. Melengkapi kecanggihan teknologinya , Honda Vario 125 eSP juga didukung fitur Idling Stop System dimana tekhnologi tersebut bisa mematikan mesin saat kondisi diam selama 3 detik Dan untuk menyalakan mesin kembali, pengendara tinggal memutar throtle gas dan tekhnologi ini sanggup meningkatkan konsumsi BBM menjadi lebih irit.

Di tahun 2015 hingga 2018, Honda Vario melengkapi variannya dengan varian 150 cc eSP yang mampu menghasilkan power maksimum 12,64 PS / 8.400 rpm dan torsi 12,8 Nm / 5.000 rpm dengan design body baru yang modern dan agresif, menerapkan Dual LED Headlight semakin menambah nilai plus untuk Honda Vario 150 juga dilengkapi dengan Answer Back System dimana teknologi ini untuk mempermudah konsumen untuk mencari posisi motornya.

Masuk tahun 2018 hingga sekarang, Honda Vario masih memiliki design yang makin agresif, ubahan tersebut dilengkapi dengan All LED system dan dibekali mesin 150 cc eSP generasi terbaru tanpa menggunakan kickstarter. Tidak hanya itu, dibagian speedometer sudah menggunakan full digital. Untuk Honda Vario 125 ISS kini sudah dibekali Answer Back System, dan di varian Honda Vario 150 cc ada tambahan baru dengan dibekali Smart Key System (Keyless) yang lebih safety supaya motor tidak mudah dicuri.

Sedangkan pada varian Honda Vario 110 cc mengalami perubahan di tahun 2014 hingga 2017, dimana Honda Vario 110 cc menggunakan mesin air cooled berbasis mesin yang sama dengan Honda BeAT Fi yang dilengkapi Dual LED Headlight dengan design elegan melanjutkan tradisi Vario 110 cc edisi pertama. Dibagian pengereman, Honda Vario di tahun tersebut sudah dilengkapi dengan CBS dan Answer Back System untuk mempermudah mencari posisi motor saat parkir.

Di tahun 2017 hingga sekarang, Honda New Vario Esp 110 cc sudah melengkapi ACG starter yang membuat starter motor menjadi tanpa suara berbeda dengan sebelum-sebelumnya. Tidak hanya itu , penambahan fitur Idling Stop System juga sudah disematkan pada varian ini untuk lebih menghemat penggunaan BBM saat berkendara dalam kemacetan.

Jadi seperti itulah sedikit kisah perjalanan Honda Vario yang sudah melanglang buana di jalanan aspal Indonesia selama kurang lebih 13 tahun, apakah masbro pernah memiliki salah satu dari generasi Honda Vario diatas?? Monggo di share πŸ˜€

Sekian,

Salam,

Kenthoet BoreUp 😎 😎

Email : jonathan.onadio@yahoo.com &

jonadio.kenthoet@gmail.com

Facebook Fanspage : Kenthoet BoreUp Blog

Twitter : @JonathanOnadio

Iklan

About Kenthoet Bore Up

pengen jadi bos, doain 😁

Komentar ditutup.