Masbro sekalian, kali ini saya mau berbagi sedikit tips buat sampeyan semua, tipsnya tentang perawatan CVT motor matic, mencegah agar motornya enggak gredek – gredek / nyendal – nyendal atau bergetar pada saat awal jalan.

Gredek atau nyendal pas awal jalan dimotor matic bisa mengurangi kenyamanan dalam berkendara dan biasanya hal tersebut disebabkan dari kurangnya perawatan dibagian CVT .

Nah berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan agar penyakit “gredek” itu nggak muncul di motor masbro sekalian ➡ :

1. Bersihkan Filter CVT

Part ini perannya cukup vital, karena tugasnya menyaring debu dari luar supaya enggak masuk kedalam ruang CVT , untuk itu sebaiknya cuci dan bersihkan busa dari filter CVT ini tiap 2000-3000km dengan cara disemprot menggunakan udara bertekanan atau dengan mencucinya menggunakan bensin kemudian diperas lalu sebelum dipasang jangan lupa olesi permukaan busanya menggunakan oli tipis-tipis saja biar debu nggak bisa tembus.

2. Bersihkan CVT tiap 6-8ribu km.

Ini berlaku buat motor-motor matic yang tidak dilengkapi dengan filter CVT, karena tidak ada filter yang menyaring debu sehingga membuat komponen CVT jadi cepat kotor, sehingga harus sering dibuka dan dibersihkan bagian CVT-nya terutama dibagian rumah kopling dan kampas kopling sentrifugalnya, karena jika banyak debu atau kotoran yang menumpuk dibagian kopling sentrifugal, hal itu bisa mengakibatkan kampas menjadi selip dan menimbulkan getaran ketika motor awal berjalan dan Untuk motor yang sudah dilengkapi dengan filter CVT pembersihan daleman CVT bisa dilakukan dengan jarak yang lebih lama antara 10-15ribu km.

3. Cek Kondisi Grease dan Sil Pully Belakang

Pelumasan Pully motor matic menggunakan grease/vet khusus yang hi-temp, sehingga enggak mudah mencair saat kondisi panas sekalipun. Penting juga untuk mengecek kondisi sil dari pully sekunder (gambar no.16 & no.17) ,karena jika sil tersebut aus maka grease akan bocor / muncrat keluar kebagian kopling sentrifugal sehingga membuat kopling sentrifugalnya jadi selip dan menimbulkan getaran ketika awal motor berjalan. Jadi kalo sudah bocor grease-nya sebaiknya ganti sil pully dan grease dengan yang baru di bengkel resmi kepercayaan masbro.

Jadi kurang lebihnya itulah bagian-bagian motor matic yang perlu diperhatikan supaya penyakit “gredek” tidak menyerang motor matic sampeyan , semoga berguna.

Sekian,

Salam,

Kenthoet BoreUp 😎 😎

Email : jonathan.onadio@yahoo.com &

jonadio.kenthoet@gmail.com

Facebook Fanspage : Kenthoet BoreUp Blog

Twitter : @JonathanOnadio

Instagram : yonath_prakoso

Iklan

About Kenthoet Bore Up

pengen jadi bos, doain 😁

3 responses »

  1. akutampan berkata:

    gredek jg mas vario nya?sama.wkwkwk

Komentar Anda adalah Semangat Saya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s