*ECU ABS unit Assy*

Masbro sekalian, rem ABS ( Antilock Braking System) adalah sistem pengereman pada mobil/motor untuk mencegah roda terkunci saat terjadi hard braking / pengereman keras.

Untuk saat ini sistem pengereman ABS sudah banyak disematkan dimotor-motor yang diproduksi di Indonesia berkapasitas 125-150cc misalnya : Yamaha Nmax , Aerox , Freego , Lexi , Honda PCX , ADV150 , CBR150R dan Suzuki GSXR150.

Seiring dengan pemakaian rem sehari-hari, tentu sistem rem ABS juga membutuhkan perawatan agar tetap bekerja secara optimal, Nah hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan rem ABS adalah Kondisi Brake Fluid atau Cairan Rem atau saya lebih sering menyebutnya Minyak rem.

*Yamalube Brake Fluid DOT 4*

Usahakan ganti / kuras minyak rem tiap 20ribu kilometer , hal ini dilakukan agar kerja mesin ABS-nya tetap lancar, karena jika minyak rem yang sudah lama tidak diganti dikhawatirkan ada semacam kotoran yang mirip lumpur diminyak rem yang bisa menggangu kerja mesin ABS sehingga bisa membuat mesin ABS-nya macet dan tidak berfungsi.

Juga usahakan pakai minyak rem dengan spesifikasi DOT 4 , hal ini disebabkan karena minyak rem DOT 4 memiliki titik didih yang lebih tinggi dibanding dengan minyak rem DOT 3, minyak rem dengan titik didih yang tinggi diperlukan agar minyak tidak menghasilkan udara ketika dipakai secara terus-menerus.

Jika titik didihnya rendah, minyak rem ini bisa mendidih lalu menghasilkan udara yang terperangkap dalam sistem pengereman dan bisa membuat rem menjadi blong atau tidak pakem.

Jadi untuk masbro yang punya motor dengan pengereman ABS sebaiknya lebih diperhatikan kondisi minyak remnya, dan jangan lupa selalu lakukan perawatan motornya dibengkel resmi terdekat dan terpercaya ditempat sampeyan. πŸ˜€

Sekian,

Salam,

Kenthoet BoreUp 😎 😎

Email : jonathan.onadio@yahoo.com &

jonadio.kenthoet@gmail.com

Facebook Fanspage : Kenthoet BoreUp Blog

Twitter : @JonathanOnadio

Iklan

About Kenthoet Bore Up

pengen jadi bos, doain 😁

Komentar Anda adalah Semangat Saya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s