Masbro sekalian, kali ini saya mau cerita saja , beberapa waktu lalu saya dimintai tolong sama teman disuruh ngecek motor Aerox 155 miliknya , katanya mesin motor Aerox nya tiba-tiba aja jadi kasar banget kayak motor kehabisan oli, padahal menurut dia motornya gak pernah telat kalo ganti oli.

Yaudah saya suruh aja dia bawa motornya ke bengkel tempat kerja saya buat dicek penyebab suara kasarnya, sementara dia berangkat kerjanya naik Ojek online.

( πŸ‘†πŸ‘†bearing noken as sebelah kanan)

Oke setelah berdiskusi dengan Service Advisor akhirnya kita putuskan untuk bongkar dibagian head silinder untuk memastikan sumber suara noise tersebut dan setelah kita cek satu persatu akhirnya ketemu sumber masalahnya 😁 ,

Yapp, penyebab suara kasar mesinnya adalah bearing noken as yang besar dan yang kecil (gambar no.3) sudah mulai aus.

Langsung aja saya ganti baru kedua bearing noken as tersebut dan suara kasarnya pun hilang , mesin pun jadi alus lagi πŸ˜€

(πŸ‘†πŸ‘† Bearing noken as sebelah kiri kode bearingnya 6906)

Mungkin ada yang bertanya , “Lho kok motor baru bearingnya sudah aus??”

Ternyata setelah kami korek-korek informasi dari teman saya , ini akibat dari kebiasaan buruknya yang ketika mau pakai motor jarang dipanasi dulu, alias begitu starter langsung jalan .

Yaap, pentingnya melakukan warming up atau pemanasan sebelum memakai motor dipagi hari adalah selain agar mesin mencapai suhu kerja ideal juga agar sirkulasi pelumas /oli bisa mengalir naik dan melumasi secara sempurna part-part yang ada di silinder head.

Jika gak pernah dipanasi dulu, begitu engine start langsung dipakai jalan, yaa siap-siap aja part-part di kepala silinder akan lebih cepat aus karena kurang pelumasan dan gesekan yang berlebihan.

Demikian sedikit cerita dari saya, semoga sampeyan semua bisa mengambil hikmah dari kejadian ini. πŸ˜€

Sekian,

Salam,

Kenthoet BoreUp 😎 😎

Email : jonathan.onadio@yahoo.com &

jonadio.kenthoet@gmail.com

Facebook Fanspage : Kenthoet BoreUp Blog

Twitter : @JonathanOnadio

Instagram : yonath_prakoso

Iklan

About Kenthoet Bore Up

pengen jadi bos, doain 😁

9 responses »

  1. Doflamingo berkata:

    ini kalo di cb150 lama yang sering dibilang klothok2 itu bukan?

  2. Doflamingo berkata:

    katanya kualitas metalurgi bearing noken as Aerox dari vender yg dipesan itu kurang bagus ya? alias hanya setara untuk menghandle motor sekelas Mio atau Beat aja?? kalo kualitas metalurgi laher noken as sama kayak buat matic cc kecil, ya jelas saja usia pakainya gak akan bertahan lama, lha powernya aja udah beda, aerox tentu jelas lebih besar tenaganya, mustinya disesuaikan dengan besaran tenaga yg dihasilkan itu metalurgi bearingnya. hal yg sama tidak ditemui kan masalahnya pada mesin gen vixion, baik old atau new, padahal secara bentuk mesin tegaknya, posisi bearing noken as vixion lebih gak menguntungkan karna berada paling atas alias jauh dari jangkauan oli di dasar crankcase.

  3. Sasol berkata:

    Waduh gan vega r new ane jg berisik. Apa kira2 penyebanya sama ya?
    Awalnya ane iseng servis sendiri, bersih2 karbu + ganti oli. Pas selesai semua terpasang lupa isi oli πŸ˜‚. Dinyalakn bentar blayer2 (kaya mekanik pro) tau2 ngejem 🀣. Saat itu baru sadar oli belum dituang, hadeh…πŸ€¦β€β™‚οΈ. Stelah saat itu suara mesin pas idle normal, baru ketika rpm naik terdengar nglitik.

    Suara nglitik itu kira2 bagian apa ya gan? Mau bongkar silinder/bawa k bengkel masih blom ada waktu. Btw, konsumsi bbm (4 kali isi full) masih normal dan g ngebul. Trims gan sebelumnya

  4. Ibrahim Gozi berkata:

    Aerox 155 punya saya juga suara mesinnya kasar, mungkin karna ga pernah dipanasin dulu sebelum pakai dipagi hari.
    Kalo boleh tau, berapa total biaya bongkar silinder head dan ganti bearing noken as?

Komentar Anda adalah Semangat Saya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s