Haloo agan-agan yang budiman .. akhirnya ane bisa nulis kembali di blog kecil ini setelah sekian lama vakum dari dunia blogsphere 😁 .

Oke langsung saja ke topik pembicaraan . Sekarang semua motor keluaran terbaru udah pake sistem pengabutan injeksi jadi ada baiknya ane share beberapa kendala yg sering muncul di motor injeksi , ini juga hasil pengalaman ane setelah kurang lebih 7 tahun berkecimpung didunia perbengkelan 😁 .

Mungkin masbro pernah mengalami kejadian motor tiba-tiba saja brebet / nyendat-nyendat kayak kehabisan bensin..?? padahal ditangki masih ada bensinnya walaupun tinggal sedikit ( yah sekitar 1-2 liter lah gak sampe kering kerontang 😁😁 , klo kering mah ya jelas aja mbrebet πŸ˜‚πŸ˜‚ )  , ketika tangki diisi penuh bbm , gejala brebet pun hilang, lalu ketika indikator bensin mendekati posisi Empty ,  brebetnya muncul lagi , dan kayak gitu terus, ada baiknya masbro segera melakukan pengecekan, terutama di bagian fuelpump.

*fuelpump NVL *

Ya, di dalam tangki motor injeksi ada sebuah pompa bahan bakar a.k.a fuelpump , nah di fuelpump tersebut ada filternya , tujuannya agar bahan bakar yg disedot oleh fuelpump untuk dialirkan ke injektor selalu terjaga kebersihannya.

Apabila filter tersebut udah kotor otomatis sedotan dari fuelpump pun akan terganggu, ini yang membuat motornya jadi tersendat a.k.a brebet. Jadi sebaiknya lakukan pengecekan kondisi fuelpump dan filternya ketika usia motor udah menginjak 3 tahun atau odometer udah jalan diatas 30ribu km atau ketika tangki pernah kemasukan air , kalo memang filternya udah kotor , sebaiknya diganti baru.

*contoh filter fuelpump mio j yang udah kotor n waktunya ganti*

 
Untuk motor Yamaha, terutama yang keluaran terbaru kayak Mio J , Soul GT , Fino , X-Ride , Mio M3 , NVL , NVA , Xabre , R15 ,MX King filter fuelpumpnya sama dan bisa dilepas dan diganti , untuk harganya pun cukup terjangkau yaitu sekitar 80ribuan saja dan mudah mendapatkannya karena di setiap bengkel resmi pasti ada jadi ndak perlu khawatir kesulitan cari sparepart tersebut.

*filter fuelpump mio j / nvl , harganya 80ribuan*

 Jadi apabila masbro mengalami kejadian brebet yang sama kayak yang udah ane ceritain diatas sebaiknya masbro segera melipir ke BeRes terdekat untuk melakukan pengecekan demi kenyamanan berkendara  πŸ˜† 

Sekian masbro sedikit sharing pengalaman dari ane, semoga bermanfaat bagi masbro sekalian.

Salam,

 

Kenthoet BoreUp πŸ˜Ž 😎

Email : jonathan.onadio@yahoo.com

jonadio.kenthoet@gmail.com

Facebook Fanspage : Kenthoet BoreUp Blog

Twitter : @JonathanOnadio

Instagram : yonath_prakoso

Iklan

About kenthoet

ane bungsu dri 2 bersaudara,,,, ane pengen jd orng yg berguna bgi smw orng.... from zero to hero....

6 responses »

  1. wasis_Mild berkata:

    Mahal kalo d bandingin filter angin yg lebih gedee wkwwk

  2. ardiantoyugo berkata:

    wuh buru buru ganti nih…
    udah lewat 50 ribu km belum pernah ganti kayaknya… πŸ˜†

  3. silentreader berkata:

    Walhamdulillah,
    Keluar juga artikel setaun pisan :))

Komentar Anda adalah Semangat Saya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s