Akhirnya rasa penasaran ane yang dari dulu pengen melihat dari dekat dan nge-gass Honda All New CB150R Streetfire atau NCB terkabul juga 😀 . Kebetulan salah satu teman ane yaitu Mas Djoko yang dulunya penunggang FU150 biru sekarang berganti tunggangan  jadi rider All New CB150R hitam , sebuah kesempatan emas bagi ane tentunya untuk bisa meminjam dan melakukan test ride NCB nya heheheh..

image

Desain Body dan Fitur

Melihat dan mengamati sekujur body NCB dari ban depan sampe ban belakang , dari spion sampai ujung knalpot dan menyusup sampe ke bawah jok… Menurut ane Desain Body NCB cukup bagus dan menarik, ban udah gede n kelihatan lebih padat.. Ini yang ane suka yaitu desain lampu depan, stoplamp dan sein yang kecil dan kompak, terlebih lagi semuanya sudah menggunakan LED , walaupun ada minusnya yaitu sinar headlampnya terasa silauu banget menurut ane ketika berpapasan dengan motor ini ketika malam hari 😈 berasa kayak di dim padahal nggak.

image

.

Duduk diatas jok dan memandang ke arah tangki bahan bakar dan kunci kontak feel nya kayak naik motor sendiri 😀 yuupp ini mirip motoor ane si piksyen NVL 😀 . Mengamati Speedo bagus sih kecil dan udah full digital tapi saya pribadi lebih suka kalo takometernya pake analog, lebih asiik sajaa dilihatnya 😀 (selera sih) . OK Dari desain keseluruhan ane kurang suka sama footstep depan, mulai dari finishingnya yang dibiarkan “apa ada”nya tanpa ada setuhan krom / poles atau pengecatan , dan ketika di getok pun terasa tipis logam nya (IMHO) semoga sajja kuat dan juga spakbor belakang ,ntah kenapa menurut saya modelnya nggak nyambung sama desain body NCB . Untuk tanduk wifi atau behel belakang 😆 masih OK menurut ane, meskipun seandainya desain behelnya dibuat menyatu dgn body malah tambah sipp, makin sporty IMHO .

Akselerasi di Tanjakan

image

Kebetulan rumah teman ane ini di daerah Pacet, sekalian saja ngetest NCB nya dipake nanjak ke daerah Batu via jalur tanjakan Cangar hehehe..
Pertama naik dan pegang stangnya terasa sedikit lebih tinggi dibandingkan NVL ane waktu masih STD doeloe dan juga terasa lebih anteb dibandingkan NVL , mungkin pengaruh dari bobot NCB yang memang beberapa kilo lebih berat dari NVL.

Pencet starter lalu remas kopling, hmm.. Koplingnya terasa enteng, oper gigi , lepas dikit-dikit dan motor mulai meluncur perlahan, mulai masuk jalan raya, ane coba betot di gigi 1,2,3 sampai gigi 4 , oper gigi nya joss tetep alus walau dipakai agak ‘kasar’ tapi jujur saja untuk akselerasi di gigi 1,2 dan 3 menurut feeling ane, NVL sedikit lebih unggul disini (maklum gak pake alat ukur 😀 ) , yang ane rasakan adalah nafas NCB terasa cepat tapi pendek dan kita dipaksa harus sigap untuk segera oper gigi sebelum tercekik oleh limiter mesin yang ada di kisaran 10ribu rpm , karena kalo telat dikit az pasti mbrebet – mbrebet kena limiter 😀 . Ketika masuk gigi 3 ke gigi 4 , disini baru NCB lebih enak karena udah 6speed dan perbandingan rasio nya lebih close jadi ketika oper gigi 3 ke gigi 4 langsung cepat nariknya dan rpm pun gak ngedrop banget, ini beda dengan NVL yang nafas gigi 3 dan 4 nya terasa panjang dan klo ngoper giginya gak diwaktu yg tepat rpm bisa drop banget … Mungkin untuk gigi 5 dan 6 nya NCB gitu juga kali yakk?? Maklum ane ngetestnya cuma sampe gigi 4 saja 😀 karena jalannya gak mendukung..

image

*ngopi dulu 😎

Untuk topspeed, menurut penuturan yang punya motor yang udah ngetest, topspeednya berada di angka 126 km/jam on speedo tapi gas belom mentok dan keterbatasan jalan. Sebagai perbandingan , NVL ane dulu waktu masih baru topspeednya 123 km/jam on speedo dengan posisi gas udah mentok-tok 😀 ..

NCB akselerasi & Handlingnya OK banget dibuat libas jalan tanjakan yang berkelok di daerah Cangar – Batu ,walaupun sekali lagi kalo sampeyan terbiasa naik NVL, akan terasa lebih berat / anteb nih handlingnya NCB.

Bunyi Kkkrrrrtttttt….!!!! Dibagian depan

image

Gak ada gading yang tak retak memang benar adanya, ane ngetest NCB ini ketika odometernya masih jalan 190an km, tapi pas riding dan ketika digeber 8000rpm keatas , muncul suara Kkkrrrrrrtttt….Kkrrrraarrrrrrttttt…!!! Dibagian depan, entah itu dari shroud atau cover kontak, suara yang muncul terdengar cukup kencang padahal ane pake helm fullface 🙄 , ketika ane tanya yang punya motor pun meng-iya kan kalo ada suara “aneh” ketika digeber diatas 8000rpm.
Dan ane pun tanya-tanya di group FB Honda CB150 Streetfire Lovers ada beberapa yang mengalami hal serupa, dan “katanya” suara aneh itu berasal dari cover kunci kontak bagian depan.. Oalaahh… !?!!

And last , demikian sedikit pengalaman singkat ane dengan All New CB150R Streetfire. Jika boleh di ibaratkan dengan nasi goreng , All new CB150 itu kayak Nasi goreng + Telor Ceplok 2 + Acar + Krupuk,
Sedangkan NVL / NVA itu kayak Nasi Goreng + Telor ceplok 1 saja + acar tanpa krupuk 😀 , beda bahan pelengkapnya saja tapi kalo dimakan sama-sama bikin kenyang kok.. hehehe 😀

Sekian dari ane,

Salam,

Kenthoet BoreUp 😎

Email : jonadio.kenthoet@gmail.com & jonathan.onadio@yahoo.com
Twitter : @JonathanOnadio
FB Fanspage : Kenthoet BoreUp Blog
Instagram : jonathan.onadio

Iklan

About kenthoet

ane bungsu dri 2 bersaudara,,,, ane pengen jd orng yg berguna bgi smw orng.... from zero to hero....

33 responses »

  1. Ghifar berkata:

    Mas yamaha mio z apakah sudah keluar??

  2. anonymous berkata:

    waduh ncb z bodinya kewer2 gmn ncbr yg lbh ringan 1kg pdhal udh fullfairing, dr segi disain ane stuju spakbor belakang g nyambung dgn body yg kekar munkin takut dibilang ky pelepah pisang jd dbuat kecil n plastik kulit jeruk dbwh stoplamp bikin ni motor terkesan murahan. n kelemahan dohc overstroke ya power sama z dgn sohc 4valve yg bikin unggul cm krn 6sppednya..

  3. Biksu Lento berkata:

    Poto no 3 kurang sip

  4. Mas Sayur berkata:

    Aseeek….
    Nasi goreng plus 2telor

  5. fnaufala berkata:

    nomer 3 penampakan XD

  6. curut ngepot berkata:

    mesin konfigurasi plek verza dgn tambahan beberapa partikel kecil dan dua cam di headnya.
    buat maen ke cangar ecess mas bero tapi masih lebih nikmat pake nmp fi irit nyaman no geter dibanding naik ncbr,nvl apalagi bawa superkips rr hadeeh tuh mesin teriak padahal uda setting pj mj pake knalpot r9 minta trek datar mulu tuh motor maklum final gear masih standart!

  7. klotok2 berkata:

    kalo sama old cb150r overbore kira2 enakan mana om?

  8. nino berkata:

    lek..stang old vixion iso di pasang neng NVL???trz dowo ne podo po ra???

    mau ganti.mumpung stang ori NVL bengok mari tibo..

  9. nino berkata:

    ok lek…tengkiyuuu

    jane onk stang byson..tp bosen wisan…

    ciiaaaoooo….sucses selalu

  10. nino berkata:

    bandul stang / end grip e NVL iso di pasang nek stang OVI…

  11. nino berkata:

    bandul stang / end grip e NVL iso di pasang nek stang OVI…

    #meluncur neng beres

  12. nino berkata:

    wez terpasang dengan manis lek…heheheeee….

    cuma golek e muter2 BERES..jarang seng ready stock..psg e yo gak PNP..tp puueeenaaaakkk gawe nane…

    siap ngegasss!!!!

  13. Mikail berkata:

    Mas, bikinin artikel tentang cara melepas gear speedo dan kabel speedo jupiter z dong

  14. neeco berkata:

    Mas kenthoet…kerjanya di beres indoperkasa depan nya pabrik sepatu bkan yak….kok kayak pernah ngeliat

  15. ardif berkata:

    nmp mah kayak motor kekurangan gigi

  16. gege berkata:

    mas mau tanya kalo modor honda cb 150 kalo di pake di tanjakan suka ada suaranya terlalu kencang pake gigi 1 ..apakah emang begitu

Komentar Anda adalah Semangat Saya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s