Halo agan-agan yang budiman, jumpa lagi di Kenthoet BoreUp , blog yg aktual, tajam dan sensual ini πŸ˜€ .. Oke kali ini ane, selaku penulis mau menulis sesuatu tentang motor ane NVL titanium gold. Motor yang ketika artikel ini dipublish usianya udah menginjak 2 tahun lebih 2 bulan ini, ane rasa-rasa kok akselerasinya udah gak JOSS lagi kayak dulu., tentu hal ini termasuk wajar, dikarenakan usia pakai yang udah lumayan lama tentu ada beberapa part yg udah mulai aus, misal kampas kopling yang aus atau per kopling yg udah ‘lembek’ sehingga bikin akselerasi gak seenak ketika motor turun dari dealer πŸ˜€

image

Nahh… untuk mengembalikan lagi akselerasi si Titanium Gold biar lebih nampol, ane mengikuti saran teman2 sesama penunggang NVL, yaitu mengganti per kopling standar dengan per kopling kepunyaan Honda Tiger.
Langsung saja ane berburu per kopling Tiger di bengkel terdekat, eh ternyata langsung dapet dengan harga 30ribu/4buah alias 7500/buah , murah juga ya ternyata πŸ˜€

image
^^penampakan per kopling tiger^^

Gak pake lama, langsung saja ane bongkar kopling motor ane, pertamax-tamax kuras oli nya pake kunci ring 19″ , lalu lepas kick starter (kalo ada) pake kunci 19″ juga, kemudian buka semua baut pengikat kalter kopling menggunankan kunci T 8″ , lalu getok2 menggunakan palu karet bagian tepi kalter biar mudah terlepas, usahakan pakingnya jangan sampai sobek ,kalo sobek ya terpaksa siapkan paking baru. Ketika udah copot kalternya, silahkan lepas 4 baut pengikat per kopling menggunakan kunci T 10″ . kalo udah monggo langsung diganti saja per koplingnya, atau biar lebih mantap sekalian dipreteli dan dicek kondisi kampas kopling nya, kira-kira masih layak pakai atau nggak, kebetulan kondisi kampas kopling motor ane beberapa udah mulai aus , jadi ane ganti saja sekalian pake kampas kopling Jupiter MX atau bisa juga pake kampas kopling Honda GL lebih murah n lebih nggigit.

image
^^ per NVL warna biru VS per Tiger warna hijau ^^

Kalo dibandingkan panjang per kopling NVL vs Tiger itu sama panjang cuma per Tiger diameter ulirnya lebih gede n jarak ulirnya lebih renggang jadi terasa lebih kaku tapi masih nyaman kalo dipake harian/macet-macetan.

image
^^kampas kopling yang masih layak pakai VS kampas kopling yang udah aus^^

image

Kalo sudah, silahkan rakit kembali kampas kopling dan per kopling semuanya kebalikan dari proses pembongkaran tadi,terakhir jangan lupa isi lagi oli mesin nya.

Oke sebagai gambaran estimasi biaya ganti per kopling dan kampas kopling NVL adalah :
1. Per kopling tiger 30ribu
2. Kampas kopling Jupiter MX 24ribu/lembar atau kampas kopling GL 98ribu/set
3. Paking kalter kopling vixion ori 19ribu
4. Oli Yamalube Supersport 70ribu
5. Ongkos bongkar 35ribu atau gratis kalo dibongkar dewe πŸ˜€

Hasilnya nggak sia-sia gan.. sekarang NVL ane akselerasinya jadi makin yahud , torsinya terasa lebih nendang, apalagi kalo diajak sedikit nakal jadi gampang dingkatin roda depannya πŸ˜€ , tapi sayang pas ane wheelie gak ada yang motoin jadi terpaksa deh ane kasih foto ini az buat bonus ➑

image

#fotonya dede’ omi 😳 πŸ˜€

Demikian dari ane gan ,semoga berguna πŸ˜€

Salam,

Kenthoet BoreUp πŸ˜€

Email : jonadio.kenthoet@gmail.com
Twitter : @JonathanOnadio
FB Fanspage : Kenthoet BoreUp Blog

Iklan

About kenthoet

ane bungsu dri 2 bersaudara,,,, ane pengen jd orng yg berguna bgi smw orng.... from zero to hero....

75 responses »

  1. arifbud berkata:

    Sip makasi tips nya mas jonathan.

    Klu yg ovi per sama kampas kopling apa mas jonathan yg pnp sama ovi, biar lebih nampol akselerasinya?

  2. Nofgi berkata:

    Om jo.
    PNP nggak perkopnya d old vixi ?
    Pengen nyoba juga hehe πŸ˜€

  3. Oi Rebel berkata:

    klo jupiter burhan pke per kopling apa biar lbih maknyuzzz…mau service besar ni montorku, usia 8 tahun.

  4. Oi Rebel berkata:

    makasih mas infonya…

  5. ajixz19 berkata:

    Mas mau tanya perkop tiger sm tdr bagus/enak mn? Trz kalo kampas kopling mending pake punya MX ap GL ya? Buat NVL jg..

    • kenthoet berkata:

      Perkop kompetisi sperti tdr,cld atau sbangsanya sangat kaku bro, enak klo dipakai balap/kompetisi tp klo dipakai buat harian kurang nyaman, soale bisa bkin jari cpat cpek/kesemutan. Klo saran ane mending pke per kopling tiger sma kmpas kopling GL bro

  6. squid berkata:

    bro…ada patokan waktu ga buat ganti kamkop…sinchan udaj masuk 16rb km, kira2 apa ja ya ya butuh ganti…

  7. Reza Kurniawan berkata:

    Badan atasnya keliatan kurus
    Tapi kok kentole (betis) guede haha

  8. Afghanzzz berkata:

    Mio ane abis ganti knalpot nob1 titan kok ngeluarin asep putih pas dimatiin, kalo digas ga keluar.

  9. Alfalah berkata:

    Mas saya mau tanya, saya berencana mau ganti kampas kopling motor ane old vixion tahun 2012, mau di ganti pakai kampas kopling nya scorpio secara lebih murah harga nya hehehe,
    Kampas kopling asli punya vixion kan terdiri dari 4 kampas gede dan 1 kampas kecil,
    Apa kelebihan dan kekurangannya kalau saya ganti kampas nya pakai kampas besar semua ?
    Makasih

  10. Young Gun berkata:

    NVL saya pernah saya ganti per koplingnya pake pnya tiger,,ehhhhhh ternyata gak muat masss…diameter per kopling tiger lebih besar dari per kopling NVL

  11. Alki Rahmatullah berkata:

    Mantap om,kalau perkopling tiger ini bisa gak ya dipake di Byson? satu tipe apa beda? terus mau tanya dikit om,kalau mau upgrade performa Yamaha Byson paket hemat kira2 abis berapa ya? terus apa aja nyang kudu diganti biar tarikannye ngigit om?? hehe ;D

  12. blackneviler berkata:

    Kamkop nya pk Gl series,klw plat nya pke apa suhu?thx

  13. nico jt berkata:

    Kalau pake kampas kopling ninja RR gimana bro

  14. Bro, mohon pencerahan, NVL ane sebelumnya pake oli yamalube super sport dan tenaganya udah mulai kurang setelah pemakaian 1 bulan. terus ane bawa ke bengkel resmi, ane ganti oli yang lebih murah yakni yamalube sport. tarikan gas malah jadi ga enak (berat) dan beberapa hari kemudian hingga kini setiap kali perpindahan gigi bunyinya kasar banget.

    setelah baca di beberapa artikel termasuk di sini, kebanyakan masalahnya selain settingan kopling (udah di sett), oli, dan kampas kopling (ada juga yang bilang rumah kopling (ane ga tau cara mastiinya).

    pertanyaanya apakah ane harus nunggu sekitar 2000/3000KM (untuk ganti oli yang bagusan, ganti kampas kopling new Jupi MX sekalian per nya punya tiger)

    apakah secepatnya juga langsung ganti semua itu? (sayang juga sih baru ganti oli sekitar seminggu, pemakaian jarak dekat lagi).

    tapi, ga nahan juga sama suranya pletak pletok gan, terimakasih sebelumnya.

    • kenthoet berkata:

      Semuanya terserah sampeyan masbro.. Klo masih syang olinya yg bru gnti, nunggu sampe 1500km jg gk mslah

      • terus kalau nanti ane ganti oli, pengennya sekalian ganti kampas kopling dan per tiger. nah untuk kampas koplingnya piye? antara punya GL, new MX atau ada saran lain?

        sekarang masalah Nevil ane suara mesin kasar, terus setiap perpindahan gigi bunyi pletak-pletok. mohon saran dan bimbingannya masbro…

      • kenthoet berkata:

        Klo pengen yg awet pake new MX saja n per kopling tiger.. Itu dah enak menurut ane

  15. ane pengennya yang bagus sekalian bro, jadi awet… titik2 ora mlayu nang bengkel, gara2 rewel…

  16. gan, antara kamkop MX, perkop tiger dibandingkan dengan kampas kopling yamaha scorpio z merk daytona dan per kopling TDR lebih rekomend yg mana? thanks

  17. azizfauzanblog berkata:

    gan ane mau tanya., nva ane kok begitu masuk gigi 3 terdengar suara dengungan, apalagi pas di rpm 6000-7000 dengungan makin kenceng, tapi anehny diatas 7000 dengungan hilang…
    gmna solusinya kang? mohon pencerahanny

  18. Bro, td ke bengkel nyari kampas kopling honda GL kok beda ya ukuranya sama NVL? punya GL lebih kecil. yang sama punya scorpio malahan. gimana menurut ente?

  19. Gembik berkata:

    Bro. Old vixion 2010 kamkopnya sma perkop yg jos pakek apa?

  20. abhimanyu 1st berkata:

    klo new vixion lightning pake kamkop NJMX & per koplingnya pke pnya ninja RR yg racing merk CLD tipe medium bagus gk buat harian …❔❓

  21. rendy yulian pratama berkata:

    kode kamkop honda GL nya berapa kang?

  22. Fahmii berkata:

    Bro PerKop yang Bagus buat NVA kan PerKop Tiger, trus KamKop nya yang Bagus apa ?..

  23. abhitama berkata:

    koq…, NVL saya tidak bs aplikasikan kampas kopling vixion tipe racing merk CLD malah hrs pake pnya supra tipe racing merk CLD dngn konsekuensi kamkop bawaan NVL salah satunya d pasang lgi untuk menutupi kamkop supra yg cm 4 lembar….❓
    mohon pencernaannya…

  24. BA berkata:

    Bos motor vixion old saya thn 2012 udh mau jalan 4 th.
    Kira-kira udh waktunya ganti kampas belum ya,, kalau memang mau saya ganti dengan saran si bos.
    Kamkop scorpio.
    Perkop tiger revo.

  25. AP berkata:

    Siang om

    rekomendasi kampas kopling yang awet dong om.
    nvl ane sudah pernah pakai punya kawasaki ar125 ori japan kurang awet, pakai wrx kevlar juga sama saja.
    kata bengkel ane suruh pakai kamkop punya cs1.
    awet mana ya om kamkop cs1 sama njmx??

    thanks

  26. zaki berkata:

    Gimana kali pake per kopling kx 85 gan??

  27. Ifan semarang berkata:

    Gan,mau nanya nich N-VL saya koq koplingnya tau2 kencang sendiri sampe mentok. Tadinya abis nerjang banjir jadi saya gunakan setengah kopling biar gak mati mesinnya. Abis itu kopling jadi kencang kabelnya,tekan dikit udh ngopling,tadinya tekan tuas kopling setengah baru bisa pindah gigi. Udh ane ganti kabel kopling nya,oli mesin jg ganti,setelan sampe kopling udh mentok tp masih kencang tarikan koplingnya. Kira2 apanya gan mohon bantuannya.

  28. ardi berkata:

    kalo sisi minus nvl pake perkop tiger apa ya kang?

  29. dimas berkata:

    kang ,kalo rumah kopling nvl diganti ama rumah kopling ovl itu sama apa beda ya kang ????

  30. Dwija Sanjaya berkata:

    Om…vixie ane udh jalan hampir 30rb km???udh waktuny gnti kampas kopling ya???emang kampas GL pke ke 5 nya???kan d vixie konon ada kampas kecil nya…gpp itu gnti pke GL semua???
    Itu om ganti kampas kopling nya d dealer yamaha ya???
    Oiya…ada share ga oli yg paling cocok buat vixie…sempat pke yamalube supersport, tarikan nya enak tapi cepet panas, kl pke motul techno 100 setara sama yamalube, tapi ga cepet panas n lbh adem, nah terahir pke motul 5100 (sae 20w50) ehh malah g mau lari motornya…kaya berat gt…
    Mohon pencerahan nya…

  31. darmono berkata:

    untuk nvl ini brati pakai kamkop gl terus perkop gl series ya om ?

  32. juned berkata:

    Mau tanya om lebih reccomen mana antara kamkop scorpio asli apa kamkop scorpio racing spt daytona itu??

Komentar Anda adalah Semangat Saya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s