Ada lagi nih kejadian fresh from the oven ,  ada pemuda rider vixion sebut saja “Melati” . semua udah pada tau kan kalo rantai motor vixion itu gak ada sambungan rantainya?? Jadi klo setelan rantai udah mentok kebelakang poll , sebaiknya segera ganti rantai baru/ gearset baru, jangan dipotong trus disambung lagi, karena beresiko rantai bisa putus kalo sambungannya gak kuat kyak gini nih contohnya :  kemarin vixion milik “Melati” ini datang ke bengkel dengan keluhan olinya ngrembes terus dibagian gir depan, dia minta di cek klo emang sil gir nya bocor sekalian diganti.
OK setelah dicek ternyata bukan sil gear nya yg bocor, tapi crankcase nya yg bocor alus gan… kayak habis kesampluk benda keras gtu , kayaknya sih abis kesampluk rantai nih,  🙄
image

image

Untuk memastikannys langsung ane  ‘interogasi’ pemiliknya, ternyata emg benar, rantai motornya pernah dipotong , dan beberapahari yang lalu tiba2 putus pas dipake jalan, kemungkinan pas putus itulah rantai menyambar crankcase hingga penyok dan bocor..
Nah klo dahh bocor kyak gini tinggal 2 pilihan, di tambal pake lem besi atau tambal pake las ???
Yang punya motor sempat bingung, tapi akhirnya dia minta ditambal pake las az biar awet katanya..
Yowes kalo di las berarti harus di overhaul, karena klo gak di overhaul takutnya part2 mesin yg lain ikut “mulet” kena panasnya api las.

image

image
Semua part dilepas termasuk laher2 yg nempel di crankcase sebelah kiri biar gak mulet.

Nahh setelah ditambal pake las, nihh hasilnya ➡
image

Piye gan?? , semoga ini jadi pelajaran bagi kita semua para pemilik vixion ,
Coba dari awal langsung diganti rantainya paling cuma habis 100-250ribuan buat beli rantai/gearset , tapi kalo dah kayak gini udah ganti gearset, overhaul + las , paking2 + oli + air radiator ditotal2 abis 500ribuan gan 😀
Duuhhh dik, pengen irit ehhh malah tekor 😀 😆

Sekian ,

Kenthoet Boreup 😀

Contact admin : jonathan.onadio@yahoo.com
jonadio.kenthoet@gmail.com

Iklan

About kenthoet

ane bungsu dri 2 bersaudara,,,, ane pengen jd orng yg berguna bgi smw orng.... from zero to hero....

20 responses »

  1. nick berkata:

    pertamaxx .
    ada kemungkinan bahan material nya kurang bagus . CMIIW IMHO .

  2. tank berkata:

    Pelajaran berharga nih

  3. otomotifitem berkata:

    Hal pnting nih buat rider vixi… Dicatat dicatat…hhe

  4. fnaufala berkata:

    kemarin bunga, sekarang melati 😀

  5. iwan tri p berkata:

    posisi dimana gaann..ane mau maen ke bengkel

  6. Omaiyy Bugiel berkata:

    kalo di las gak beresiko gak gan?

  7. Omaiyy Bugiel berkata:

    saoalnya kemarin kan k beres . . gan n montir beres bilang pengaruh sam gear transmisinya katanya

  8. Omaiyy Bugiel berkata:

    ini sam kejadianya gan . . sama aku!

  9. mx mojokerto berkata:

    bengkel di mojosari mana mas, saya orang mojokerto
    bisa jumper cdi mx sama mio gak ?

  10. Iyang berkata:

    Waduh gan motor ane juga percis bnget gitu kjdiannya tdi siang.kronologisnya sama.bolongnya juga sama. Kira kira di bandung dmna yang bsa tmbal itu ya.. bantu infonya gan

  11. steven berkata:

    saya mas kmrin bulan september 2016 sya solo touring dari tangerang ke jogja, dah di jogja ane ngerasa udh ga enak rante nya dan ane ganti lah 1 set gear sama rante nvl ori di beres, tp ane suruh potong aja rante nya biar gampang pasangnya dan setelah slesai enak lg nvl ane, iseng lah ane ajak wheelie nvl ane, yg pertama berhasil dan ane coba wheelie lagi dan ….. rante putus, trs oli netes banyak akhirnya ane ke bengkel terdekat karna panik oli bocor, trs ternyata kendalanya sama kayak diatas, trs di lem besi akhirnya sembuh, dan setelah ane sampe tangerang lg oli netes sdikit2 ternyata tambelannya bocor, akhirnya dipakein semacem hansaplas gitu, gatau apa namanya yg pasti itu kuat bgt dan cuma bayar 30rb. kapok mas wheelie lagi takut rante putus

Komentar Anda adalah Semangat Saya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s