Halo Pak bro semua , bagaimana kabarnya ❓ ane harap semuanya dalam keadaan baik dan sehat selalu 😀 ,  kali ini ane mau MENGHIMBAU saja buat sampeyan2 yg mempunyai mobilitas yg tinggi dan yang doyan beraktifitas/ berpetualang dengan sepeda motor kesayangan secara berlebihan ,sebaiknya sampeyan juga harus memberikan perhatian lebih kepada motor sampeyan , supaya jangan sampe kayak motor yang 1 ini ➡

Foto0778

Yeeppsss… ini Motor kelahiran tahun 2012 bulan 4 (kalo dilihat dari plat nomernya ),jadi dia baru eksis di jalanan Indonesia sekitar  16 bulan yg lalu (hmmmm… tergolong masih baru yee … 😎 ) , tapi di usia yg belum genap 1,5 tahun itu dia terpaksa harus turun berok :mrgreen: , heheh jangan salah  meskipun usianya masih ‘seumur jagung’ tapi jarak tempuh motor ini udah nyundul 50.904 km gannn 😯 gileeee ….!! 😆 ,,,

Foto0777

sialnya dengan pemakaian yg tergolong hyper aktif ini tidak di imbangi dengan perawatan yg teratur oleh sang pemilik , terutama penggantian olinya ,, gak tahu deh kapan terakhir motor ini ganti oli (atau mungkin gak pernah diganti  sama sekali ❓ I don’t know 🙄 ) yg jelas ketika di bongkar wuiihh dalemnya “memprihatinkan”  brayyy… 🙄  nih salah satu contohnya

Pernah liat piston motor balap yg bolong karena kegedean kompresi ❓ ❓ itu mah biasa ,,,, liat nih piston motor standart tapi bisa mletot-mletot kek gini 😈 ➡

Foto0788

tampak samping kanan

tampak samping kiri

tampak samping kiri

Benar2 sadis bukan ❓ 😈 , pemiliknya benar2  seorang ‘penghancur’ 😆

Jadi  pesan ane,  ambilah hikmah dan sisi positif dari peristiwa ini , yaitu selalu perhatikan dan rawatlah motormu dengan benar, jangan asal TerNiWe alias Stater Muni Digawe :mrgreen: … terlebih jika motormu termasuk motor yang hyper aktif kayak motor diatas  ,,, anggap lah motormu itu seperti si Veranda yang selalu ingin diperhatikan, dikasihi, disayangi ,dicintai dan dielus-elus #LHO kok ❓  😳 :mrgreen:

prikitiew... :oops:

prikitiew… 😳

Terima kasih atas perhatian masbro semua 😀 maaf kalo nggak penting 😛

Sekian ,

Salam Kenthoet SOHC motojipi :mrgreen:

Iklan

About kenthoet

ane bungsu dri 2 bersaudara,,,, ane pengen jd orng yg berguna bgi smw orng.... from zero to hero....

129 responses »

  1. KomMotor berkata:

    Pertamax…
    Salam kenal… 😉

  2. ipanase berkata:

    edyan, ane mah kalah, 4 tahun baru 1000 km

  3. KomMotor berkata:

    Ngeri yah gan,,, untung motor ane bukan golongan hyper aktif… 😀

  4. Rollerman berkata:

    pasti ntar konsumennya mkir “Wah Yamaha motornya jelek, mudah rusak” tanpa berpikir penyebabnya
    akhirnya nyebar ke orang lain, ya udh deh jadi jelek imagenya.

  5. emir99 berkata:

    Forged piston bisa kek gitu ya ? Ckck.. Trus diasil cylindernya ikut hancur gak Mas ?

  6. macantua berkata:

    Hebat bgt piston bisa mpe gtu…

  7. wongndeso94 berkata:

    Ini mah, walau 10 piston Pertamax terus… Kalo oli gak ada, ancur dah…

    2x ane telat oli kang… Alhamdulillah, skrg gk.

  8. vixieg4744hk berkata:

    wogh.. salam SOHC LC4V. wkwkwkw… 😳

  9. absoluterevo berkata:

    Mantap ni yamaha bulan depan saya beli yamaha saja :mrgreen:

  10. fnaufala berkata:

    nggilani 😯 mungkin sering dipake balap 😆

    dulu jg pernah ada artikel yg hampir mirip ya bro tentang pengguna semena2 😆

    wah salamnya baru 😆

  11. rusman berkata:

    parah. piston kok sampe bentuknya ga karuan gitu. padahal forge piston

  12. athleteriders berkata:

    si Ve kalo diperlakuin hyper aktif bisa mletot mletot juga gak ya 😛

  13. omanfaqod berkata:

    wah wah digawe nyang ndi ae kuwi so koyok ngunu, begitu mudun ko dealer langsung digowo ning irak hahahaha

  14. sneroz YK berkata:

    ati ati
    ntar diolok2 FBH
    diasil slinder ternyata mleot juga

  15. egalatif berkata:

    hahaha koyo motorku 😀 setaun uwis nyampe 40ribuan lebih :v
    gassspolll terus 😀
    tapi masih waras alhamdulillah cuma ganti ring seher :3

  16. RC110R_Rider berkata:

    iya kok bisa serem gitu ya???padahal baru 16 bulan, 1,5 tahun aja masih jauh..bisa mpe mleyot2 gitu..padahal udah forged piston lo tuh mio j…apa siang buat kerja, malem buat kebut2an..apa itu satu motor buat dua orang…haha
    padahal aku juga sering ngebut ya om pake nhb repsolku…porsi ngebut gas mentok kurang lebih 70 % dari 100 % pake motor, maklum disini jalan lempeng2 dan luas2 jadi ngantuk dan bosen rasanya cuma manteng di kcpatan 70-80 kmh…baru asik 80 kmh keatas, tapi untung aku selalu ganti oli paling lama pas 1500km sekali, pake oli spx-1 repsol ga pernah ganti.
    dan alhamdulillah setelah 27 bulan nhbku yang telah mencapai 37rb an km mesin masih halus, ga ada sma sekali gejala bergetar dan masih sanggup lari 107 kmh (gara2 ban gede nih topspit jd kurang, standar topspit bisa 110an)
    kalo dilihat dari kasusku dengan style cenderung menyiksa mesin tapi diimbangi perawatan yang LEBIH seperti ganti oli lebih dini dibandingkan rata2 motor lain (3000an km) saya kira umur motor bisa sama2 awet dengan orang yg pemakaiannya biasa tapi ganti oli juga luama..hehe
    saya kira tuh orang yang pake mio j kebangetan bgt kurang sayang ama motor, motor dipaksa kerja terus tapi ga pernah dipikir keadaan mesinnya…jangan2 tuh motor baru turun dari dealer ga pernah diganti oli mpe sekarang ya???gila mpe bisa menghancurkan forged piston…ck ck ck
    jadi takut dah keasikan ngebut, takut tiba2 mbleduk dan piston mleyot…jangan sampe,amiin.

    • ferdi berkata:

      kok nhb kwn gw cman bisa 100
      ngereyennya bener padahal
      nhb vs njz1 vs titan kayaknya menang njz1
      soalny power nhb putaran atasnya paling lemah

      • RC110R Rider berkata:

        uda pernah adu head 2 head lum bro??
        jgan begitu percaya ama speedo pabrikan…kadang ga akurat
        srng kejadian aku balapan ama mio j rider di lempengan jalan lurus aku panteng gas 95-100 kmh dia ga bisa ngejar (lum mentok loh itu-mentoknya nhbq bs 105-107 kmh), padahal di review2 mio j top speed rata2 mentok 110 kmh kan??nah loh
        tapi pernah juga satu kali ada mio j rider yang motornya emang kenceng amat…butuh 100 % gas baru bisa kesalip di top speed..kayaknya tuh orang kalo ga modif, bejo dapet produk yang bagus..tapi dari 10 x balapan hanya 1 x kjadian ketemu mio j yang super kenceng itu…
        jadi buat bro ferdi kesimpulannya jangan kecewa ama nhb nya, siapa tau speedometernya cuma merendah, 100 kmh di spedo nhbmu jangan2 sudah 120 kmh di spedo motor lain..apa ga horor tuh, motornya diam2 menghanyutkan?
        tetapi setelah head 2 head tetep kalah ya bersabarlah nak, kemungkinan anda belum beruntung dapet produk yang kurang joz performanya..hehe, kan masih bisa di modif bro !!
        untuk nhb vs njz1 saya belum pernah balapan ama njz1 bro,cuma sx tp tuh rider njz1 ketinggalan jarak 2 motor,tapi kayaknya walo keliatan dia gas pol tuh motor masih inreyen jadi potensi maksnya lum keluar kayaknya, gua ga berani bilang nhb lebih unggul…selain itu disini rider njz1 kalem2..yang ganas2 itu rider jupi burhan ama vega zr…keep safety bro

      • www berkata:

        setau saya spido NHB malah kurang akurat.
        pingin tau bedanya? coba jejer jalan bareng ama byson, lirik spido bison dijamin angka di byson lebih rendah
        bukan belain merk lho ya…ini mutlak karena angka di spido byson lebih mudah dilirik dari samping oleh pengendara lain.

      • RC110R Rider berkata:

        @www: saya tidak tau kalo itu…nhb saya pernah dijejerin ama cs 1 dan lari 80 kmh di nhb saya = 81 kmh di cs 1, apakah spedometer nhb sya eror???

    • kenthoet berkata:

      siipp bro,,, silahkan di gasspooll tpi harus diimbngi dengan perawatan yg polll juga 😀

      • hsdgja berkata:

        RC110R rider itu cuman besar mulut doang…bangga banget sama motor body krupuk sama z1 dibantai tu nhb….jamin 100000 persen tanya aja sama penulis iya kan???

      • RC110R Rider berkata:

        haha…ayo wes tapi saya ganti cdi ya..cdi blade ori maks plg 8500 an (pengaman mesin).tak ganti cdi brt bisa pe 10rbuan keatas rpm nya..gmana?biar imbang ma z1 yang standarnya bisa 11ribuan…

        jangan asbun bro..aku bangga krna puas ma motorku berdasar pengalaman nyata,nah dirimu???apa cuma mbanding2in brosur??..get real cuy

  17. pak tarno berkata:

    gendeng jeh, setaun 50.000 km.garansi mesin habis dalam 8 bulan, wkwkwkwk.
    tapi aku pernah ngerti motor ganti oli sisanya tinggal beberapa sendok makan doang. wkwkwk
    gatau deh gimana nasipnya. tapi sik urip kok.
    malah orangnya suka ngisi oli pke oli bekas, ngirit katanya.

  18. redbike92 berkata:

    hehehehe
    tampaknya banyak orang yang cuma seneng naik motor aja, tapi gak peduli sama perawatan motor. Lha pemilik Mio J Hyper aktif itu, kena berapa kak Jo buat nyervis + ganti piston motor tsb.

    btw, blog sampeyan tambah rame ya 😀
    rejeki dari NVL kah?
    hohoho

  19. aif vega berkata:

    gile y nih orng…
    kasus mio j yg dlu z g nympe piston’a penyot kya gtu…

  20. darkpaintcustom berkata:

    Aku •.♥.•$§єπεNg ∂Ë©h. (◦ˆ⌣ˆ◦)•.♥.• karo HARUKA NAKAGAWA ♥ kawaii lekbro =-?\=D/☺ω̃̃ªªkk ω̃̃<3ªkk☺ω̃̃kkª:*ω̃̃ªªkk. JKT48

  21. juli berkata:

    mantep amat kerusakannya,
    selain piston, jeroan motor yg rusak apa lg bro?

  22. Fordi berkata:

    penasaran karo wonge aq?modele yak opo?

  23. dimasarif96 berkata:

    berarti piksen saya yg udah berumus hampir 3 tahun tapi masih di 23000 kman termasuk motor yg alim nih :3

  24. sinbe berkata:

    Buset! Yg punya gak tau cra ngrawat mtor neh, taunya cm ngrawat bini kali yah. :mrgreen:

  25. darkpaintcustom berkata:

    enak import lekbro :mrgreen: koyok Haruka oshiku 😆 pokoke sing adoh2 iku huwenak nek mudik selet e gepak 😆 =-?\=D/☺ω̃̃ªªkk ω̃̃<3ªkk☺ω̃̃kkª:*ω̃̃ªªkk

  26. darkpaintcustom berkata:

    nek deket2 sini tar di PHP in :mrgreen: 😆

  27. jengki berkata:

    salam teknologie motojipie jugak!

  28. Fordi berkata:

    mas bro,mau tnya,peyan “dinas” di beres yamaha mana?matur suwun

  29. CTRL+ALT+DEL berkata:

    mas broh, mau nanya.
    old vixi ane kok rpmnya naik turuk yak saat stasioner.
    kalo dilampu merah direm, rpm langsung nol. kadang lampu fuel pump nyala.
    kalo dah drop & direm kemudian dicoba elektrik starter mesin malah mati.

    tapi kalo dah mati di elektrik starter lagi langsung grenggg…
    kalo keadaan dingin tidak pernah terjadi. kira-kira ada kerusakan di bagian mana ya?

    reply di sini saja mas broh.

    • kenthoet berkata:

      kalo dilihat dri gejalanya kmungkinan itu brasal dri sistem pngisian listriknya yg gak normal/brmasalah mas , bisa krna aki , spul atau kiprok nya tpi mnurut pnerwanganku sih itu kiprok nya ,,, utk lbih tepatnya mnding di cek az di BeRes kepercayaan

  30. eko354 berkata:

    Wah yg punya montor jalan lebih dari 100 km setiap hari.

    Montor matic istri saya, beli 11-2011 sekarang baru 2.065 km. Montor saya 07-2006 baru 41.300 km.

    Kendaraan apa aja, merek apa aja, mobil maupun montor, kalo perawatannya bagus, insya Allah awet.
    Panther pakliknya istri saya, keluaran 1991 dan kilometernya udah lebih dari 600.000 km, krn perawatannya bagus, sampe sekarang masih kuat dibawa mudik rutin dari Bogor ke Jombang.
    Punya family saya, Yamaha L2 th. 1974, ama punya saya Jia Ling th. 2000 & CB 125 th. 1974, masih bagus krn perawatannya rutin.

  31. RANDI berkata:

    motor sampean sama ky motor ane bro 😀 SALAM KENAL

  32. kayla7 berkata:

    kayaknya abis dpkai keliling dunia tu motor

  33. ismuhari berkata:

    Motor saya Old Vixion 2012 bulan maret sampai sekarang sudah 69xxx Km.
    Masa usia masing2 part sampai berapa KM ya kang? Yang rutin ganti olie +- 2000 km filter oli 10000 km busi makai iridium dari km 20000 an mpe sekarang belum ganti. Matur nuwun

  34. jurigkamera berkata:

    ngeriiiii gannn…

  35. Ichy! berkata:

    Gilee, motorku tahun 2005 aja baru 19.xxx km :hammers
    Itu waktu dibawa ke bengkel masih bisa nyala mas mesinnya? :mrgreen:

  36. ferdi berkata:

    bro motor saya jupiter z1
    pas mw servis ke 5 kondisi co+6,oli shell ax7,saya minta pas servis co+5
    setelah diservis motor saya pada kecepatan rpm tinggi ada bunyi ngorok kayak open filter.
    setelah itu saya balik ke dealer kata mekaniknya pengaruh co dan oli yg udah kotor(padahal baru pakai 1000km biasanya 1500an) conya diubah lagi jadi +6
    menurut agan…?? kok motor saya bisa bunyi ngorok di rpm sedang-tinggi..??
    sekarang kata mekaniknya coba ganti oli aja dulu
    kalau menurut saya ada kesalahan pemasangan di filter udara
    thx mohon komentarnya

  37. bro kalo rumahan spion jupiter mx patah, brpa ongkosnya? kan rumahan spion sama minyak rem gabung, apa itu harus diganti juga bro 😦

  38. ddganteng berkata:

    om saya mau nanya nih. masalah mio j ane. edisi 2012 km baru 7000 an. keluhan saya sih matik getar di tarikan awal sampai setang dan batok lampu bunyi. emang mio j begitu kah? semakin bertambah disaat menanjak

    • bahrun32 berkata:

      Salam kenal bro,coba di Cari di postingan sbelumnya, spertinya Ada..

    • kenthoet berkata:

      coba di bongkar trus dibersihkan bagian kopling ganda n rumah koplingnya , kmungkinan bagian itu kotor shingga bikin slip ketika kampas mulai mengkopel IMHO

      • ddganteng berkata:

        sebenernya sih udah mas. malah udah ganti kampas+mangkok baru. ori di beres. ane beli karena buku garansi ilang. waktu itu gapapalah keluar duit yang penting motor enak.
        perbaikannya minggu lalu mas. kemarin muncul lagi. kondisi roller+belt kata mekanik masih layak pakai
        btw waktu dingin ga muncul getar pas tarkan awalnya. kalo udah agak panas baru muncul.
        apalagi yang harus di cek kang? makasih

  39. ijaivega99 berkata:

    Wong Edan masbro,Motor Ane aja 14 thn baru 90rb km.

  40. oliver berkata:

    brew,kl bunyi dengung di viksen,saat motor jalan penyebabnya apa aja brew?
    kopling,pompa oli,transmisi udah di cek normal 😐

  41. hendi berkata:

    mas bro ane mw tnya donk ane
    bru ngangkat mio soul 2009
    suara cvt’a berisik bngt klo ane
    dngerin c suara’a dr daerah gir
    gardan klo jln pelan g da suara’a
    tp klo udah mulai kenceng suara’a
    kya laher pecah padahal ane udah
    ganti laher gardan yg udah pd
    oblak tp ternyata suara’a msih
    ada…
    ganggu telinga banget mas bro
    tlong kasih pencerahan mas bro
    makasih…

  42. lia berkata:

    bang mau nanya 58 , inject biasa bisa gak..
    apa emang hrus aftermarket

  43. hendi berkata:

    udah sya cek mas bro….
    blm bcor c soal’a suara’a dr gardan masbro…
    sya cba d’trunan tjem msin sya mtiin ttp ada suara brisik’a walau pun g s’kenceng msin d’idupin…

  44. hendi berkata:

    pulley blkang yg mn ya mas??

  45. hendi berkata:

    udah mas bro…
    ampe pecah tutup gardan yg ada laher’a gra2 ane bka slah cra..
    tp udah ane las babet…
    klo as rumah kopling bsa pengaruh g mas bro???

  46. hendi berkata:

    udah semua mas bro semua laher yang ada di bagian situ udah di ganti…
    berkurang c tp dengung masih tetep ada gan…

    • kenthoet berkata:

      Waduhh ,, klo gt ane jg gk ngrti masbro 🙄

      • ardian berkata:

        mas bro,,,mtor sya adekny mtor kmu bro, jupiter z 115cc 2011…d’mesin ada suara gleg,gleg,,gleg, itu apany bro? Tpi tnaga motor te”p jos gak pngaruh.. kmarin pas servis brkala d’beres.. Au juga tnya,, kta mkaniknya gak masalah.
        jdi bngung,,

      • kenthoet berkata:

        IMHO mgkin itu suara dari bgian house kopling soale setahuku speling antara house kopling dan gigi sekunder di NJZ sama vegZR termasuk lumayan gede CMIIW , memang itu gk brpengaruh pada tenaga soalnya dari barupun memang udah sperti itu, mngkin krna pake kopling diapragma shingga spelingnya dibikin agak gede buat meminimalisir hentakan cmiiw

  47. ardian berkata:

    oowh bgitu ta mas bro.. Suwon lo masbro buat jwabane…,,kalo pun itu d’bnerin bisa hilangin suara gleg,gleg itu gak mas bro.?,, karna udah dri sono’ny bgitu.
    syaang mas bro dinas’y d’beres mjosari,,andae d’kota reog, bisa jdi konsumen langganan…cmiw.

  48. jipan23 berkata:

    Mas Brow, tolong dong. ane juga punya mio-J yang udah menempuh 43.000km. ane ada masalah sama mesinya. gini critanya, beberapa bulan lalu ane bawa lari motor gas full skitar 90kmpj dijalan kosong yang ujungnya lampu merah, merasa aman ane maksimalin top speednya, smpenya diujung jalan ternyata lampu merah. dalam rpm dan kecepatan tinggi ane lgsung tutup gas dan hard breaking sampe motor berhenti sempurna. disaat motor berhenti disaat itu pula mesin mati. mesin tidak dapat dihidupkan lagi. distarter gk mau hidup lalu coba pake kick starternya dan berasa ngelos alias hilang kompresi mesin. akhirnya terpaksa dorong kebengkel dan bilang klo kompresinya hilang. dibengkel pinggir jalan itu diakalin dengan masukin oli bekasi kesilinder melalui lobang busi (maklum udah malem dan udah gk ada beres terdekat yang buka, pasrah aja dah). kebetulan kejadian gini buka pertama kali mas, dulu juga pernah pas ngebut lgsung berenti namun mesin masih bisa idup wlpun berkali kali starter. alhamdulillah ane selalu rutin ke beres tiap 3000km dan ganti oli tiap 2000km. perawatan lainya juga anepatuhi dari buku panduan. lumayan horor masalah ini mas brow, jadi skaran klo ngebut pas tutup gas mau brenti sesekali maenin gasnya. apa ya sebenarnya masalahnya??? apakah ada di cylinder head, valve dan konco2ne?? atau ada di timing pengapian idlenya?? apa mungkin valve jam karena kotor atau pengaruh lainya?? mohon bantuanya mas, maklum ane awam cuma nerka2 aja…

    • kenthoet berkata:

      klo dilihat dri odometer yg sudah di tempuh sudah wktunya dilakukan servis besar n skir klep tuh masbro , kmungkinan ada kotoran/ kerak pembakaran yg ngganjel klep sehingga mengakibatkan dia hilang kompresi atau ngeloss , memang cara darurat buat ‘mancing’ kompresi adalah memasukkan oli ke ruang bakar leawt lubang busi ,

  49. Donny berkata:

    Mas,.sepedaku vario 110 karbu odometer dah 43.000an mas,.apakah dah waktunya servis besar atau turun mesin ya?

  50. Donny berkata:

    Terus mas lek vario ku di servis besar nang bengkel e sampean gpp ta?kan wek ku honda mas,.hehe3x..

Komentar Anda adalah Semangat Saya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s