Haloo masbro semua… jumpa lagi diblog yang jarang update tulisan ini 😦 , enggak tahu kenapa akhir2 ini mood ane menulis di blog tiba2 mendadak ‘hilang’ dan ditambah koneksi internet yang kayak keong 👿 , jadi kalo ada waktu yang ‘kosong’ ane lebih suka menghabiskannya dengan main PS™ daripada ngeblog  😎  .

Oke lah cukup segitu az curhatnya 😀  , kali ini ane mau berbagi inpo az ,, mungkin ada dari masbro penyemplak Yamaha V-ixion atau Jupie MX yang mengalami kipas radiator yang langsung menyala begitu kunci kontak di ON – kan dan diiringi dengan menyalanya lampu indikator warna merah yang ada di spido yang menandakan kalo mesin overheat  ❓ kan ndak mungkin to ya kalo mesin belum nyala udah overheat 😆

Thermosensor V-ixion

Thermosensor V-ixion

Soale  seharusnya kan kipas radiator itu baru menyala ketika suhu coolant sudah >100 derajat Celcius , nah kalo sampeyan mengalami hal seperti itu ,tenang gak usah khawatir lebih baik segera periksakan motor sobat ke bengkel terdekat , karena kemungkinan besar yang bermasalah / rusak itu ada dibagian Thermosensor / Coolant sensor nya , kalo di motor FI nanti bisa di cek menggunakan Diagnostic tool untuk memastikan kerusakannya , kalo memang rusak lebih baik segera diganti dengan thermosensor yang baru.

Karena kalo seandainya keadaan seperti itu sampeyan diamkan , maka akan menjadikan  beban aki/baterai menjadi lebih ‘berat’ , Karena harus memutar kipas lebih awal dan bisa2 menjadikan umur aki menjadi lebih pendek IMHO , dan juga bisa  menjadikan mesin bekerja tidak di suhu ‘ideal’nya yang bisa mengakibatkan performa mesin jadi kurang optimal IMHO CMIIW .

Jadi seperti itulah pengalaman yang sering ane temui ditempat kerja , kalo ada yang kliru monggo dikoreksi ,

Semoga berguna dan Terima kasih buat semua yang sudah mau mampir  diblog kecil ini ,

Oh iya lupa, selamat Idul Fitri buat masbro semua yang merayakannya , mohon maap lahir dan batin 😀

Sekian ,

:oops:

😳

Salam Kenthoet 😀

Iklan

About kenthoet

ane bungsu dri 2 bersaudara,,,, ane pengen jd orng yg berguna bgi smw orng.... from zero to hero....

41 responses »

  1. Nofgi Piston berkata:

    Vixi BH ane kok kipasnya cepet banget muternya ya bro ?
    Uda gtu ada rembesan air radiator kadang2, msk bocor tu radiatornya ?

    http://nofgipiston.wordpress.com/2013/08/09/nih-jadinya-kalau-ninja-bergaya-ala-tampang-cafe-racer/

  2. amad child child berkata:

    nyimak ae…wong nduwene gor njz karbu…wkwkwkwkw….podium tiga kah????

  3. amad child child berkata:

    kok nyangkut ya komentarnya,..

  4. rusman berkata:

    sip infonya meski belum punya motor yang pake radiator

  5. marsudi(gendut) berkata:

    mas curhat ya …mio j dipakai normal tiba-2 dilampu merah tiba-2 mati,distater gak bisa(kick+electrik)panik mode on…….setelah 30 mnt,aku coba hidupkan sambil gas puntir poll eeee ternyata bisa.Kira-2 kenapa tu mas??pernah nemuin org kompalin spt itu nda diberes njenengan?trims

    • kenthoet berkata:

      mungkin kompresi nya bocor mas, pas di kick starter rasanya enteng apa gak ??

      • Fordi berkata:

        mio j q jg sm spt mas marsudi.cuman pny ane gk smp 30mnt.klo kompresi bocor,pnyebab&solusinya apa ya bro?apa ada hubunganx dgn stelan CO?fyi,stelan CO mio j ane msh std,alias “0”

      • kenthoet berkata:

        pnyebabnya biasanya dri bbm masbro bbm yg RON 88 bs bkin kerak di prmukaan daun klep lama kelamaan kerak mkin bnyak n bkin klep ga bisa rpet ktika tertutup shingga kompresi bocor , n solusinya yo klo udah sering hilang kompresi gtu mnding di serpis besar n selanjutnya pake bbm yg RON nya diatas 90 alias pertamax

  6. 46@sukses.com berkata:

    Sibuk karaoke nan..

  7. fnaufala berkata:

    sama nih, akhir2 ini juga males ngeblog, ada waktu kosong y tidur,, 😆

  8. Fordi berkata:

    bro,nvl ane kpas rdiator cpt nyla knp ya?pke jln sktr 20mnt udh nyla.slain itu pns msin kerasa bgt di kaki.apa gr2 ane pk v power.cz sblmx pke yg super kps gk prnh nyla.tp kl pns msin smpe ke kaki,pke bbm mana aja,sm aja.klo pny bro nvlnya gmn?

    • kenthoet berkata:

      klo pnas mesin emg terasa smpe kaki masbro, klo mnurutq itu normal lah punyaku jg gtu kaki rasanya anget2 gmna gtu 😆 itu az bru trsa nya klo jalan diatas 30km n oli motorq masi pke yamalube n bbm nya pertamax

  9. bimo96 berkata:

    paha paha mulusssss paha paha mulusss :p

  10. munglulusanplaygroup berkata:

    Malah tak gawe ngono motorku ben adem terus kwkw
    Soal aki tenang wong juragan aki
    Soal suhu ideal wis duwe suhu yes mbah hedrun

  11. ekomoker berkata:

    trus ukuran sutandartnya tuch sensor berapa ohm ? dan kalo rusak berapa ohm?
    ini sensor resistant based kan?

  12. ipanase berkata:

    sensor kui larang yo lek?

  13. ega berkata:

    bro old vixion ane jg ngedeteksi kode kerusakan 2 1, setelah ane gugling ternyata itu kode thermosensor,
    trus ane bawa bengkel,komentar bengkel jg gitu, tapi d utakatik sama bengkel kabel thermosensor nya kadang eror kadang ngga, jd bengkel bilang ada 2 kemungkinan kalo ngga thermosensor nya ya soket+kabelnya yg keatas itu,
    nah, saya bingung mau ganti thermosensor tp takut soket nya yg rusak, gmna broohh?? :3

  14. agus berkata:

    thanks

Komentar Anda adalah Semangat Saya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s