Haloo masbro semua… jumpa lagi diblog yang jarang update tulisan ini 😦 , enggak tahu kenapa akhir2 ini mood ane menulis di blog tiba2 mendadak ‘hilang’ dan ditambah koneksi internet yang kayak keong 👿 , jadi kalo ada waktu yang ‘kosong’ ane lebih suka menghabiskannya dengan main PS™ daripada ngeblog  😎  .

Oke lah cukup segitu az curhatnya 😀  , kali ini ane mau berbagi inpo az ,, mungkin ada dari masbro penyemplak Yamaha V-ixion atau Jupie MX yang mengalami kipas radiator yang langsung menyala begitu kunci kontak di ON – kan dan diiringi dengan menyalanya lampu indikator warna merah yang ada di spido yang menandakan kalo mesin overheat  ❓ kan ndak mungkin to ya kalo mesin belum nyala udah overheat 😆

Thermosensor V-ixion

Thermosensor V-ixion

Soale  seharusnya kan kipas radiator itu baru menyala ketika suhu coolant sudah >100 derajat Celcius , nah kalo sampeyan mengalami hal seperti itu ,tenang gak usah khawatir lebih baik segera periksakan motor sobat ke bengkel terdekat , karena kemungkinan besar yang bermasalah / rusak itu ada dibagian Thermosensor / Coolant sensor nya , kalo di motor FI nanti bisa di cek menggunakan Diagnostic tool untuk memastikan kerusakannya , kalo memang rusak lebih baik segera diganti dengan thermosensor yang baru.

Karena kalo seandainya keadaan seperti itu sampeyan diamkan , maka akan menjadikan  beban aki/baterai menjadi lebih ‘berat’ , Karena harus memutar kipas lebih awal dan bisa2 menjadikan umur aki menjadi lebih pendek IMHO , dan juga bisa  menjadikan mesin bekerja tidak di suhu ‘ideal’nya yang bisa mengakibatkan performa mesin jadi kurang optimal IMHO CMIIW .

Jadi seperti itulah pengalaman yang sering ane temui ditempat kerja , kalo ada yang kliru monggo dikoreksi ,

Semoga berguna dan Terima kasih buat semua yang sudah mau mampir  diblog kecil ini ,

Oh iya lupa, selamat Idul Fitri buat masbro semua yang merayakannya , mohon maap lahir dan batin 😀

Sekian ,

:oops:

😳

Salam Kenthoet 😀

About Kenthoet Bore Up

pengen jadi bos, doain 😁

42 responses »

  1. Nofgi Piston berkata:

    Vixi BH ane kok kipasnya cepet banget muternya ya bro ?
    Uda gtu ada rembesan air radiator kadang2, msk bocor tu radiatornya ?

    http://nofgipiston.wordpress.com/2013/08/09/nih-jadinya-kalau-ninja-bergaya-ala-tampang-cafe-racer/

    Suka

  2. kenthoet berkata:

    mngkin air coolantnya wayah’e gnti bro … IMHO

    rembesan air rdiatornya dri sebelah mna bro ❓ dri rdiator apa dri blok mesin ??

    Suka

  3. amad child child berkata:

    nyimak ae…wong nduwene gor njz karbu…wkwkwkwkw….podium tiga kah????

    Suka

  4. amad child child berkata:

    kok nyangkut ya komentarnya,..

    Suka

  5. Nofgi Piston berkata:

    Dari radiator bro, uda diganti dulu pas skitaran 9000km.

    Suka

  6. rusman berkata:

    sip infonya meski belum punya motor yang pake radiator

    Suka

  7. marsudi(gendut) berkata:

    mas curhat ya …mio j dipakai normal tiba-2 dilampu merah tiba-2 mati,distater gak bisa(kick+electrik)panik mode on…….setelah 30 mnt,aku coba hidupkan sambil gas puntir poll eeee ternyata bisa.Kira-2 kenapa tu mas??pernah nemuin org kompalin spt itu nda diberes njenengan?trims

    Suka

  8. 46@sukses.com berkata:

    Sibuk karaoke nan..

    Suka

  9. kenthoet berkata:

    bisa jadi 😀

    Suka

  10. kenthoet berkata:

    mungkin kompresi nya bocor mas, pas di kick starter rasanya enteng apa gak ??

    Suka

  11. kenthoet berkata:

    waahh mgkin kisi2 radiatornya ada yg ‘terluka’ itu bro,,, jdi bisa bcor, mgkin smpeyan pernah jatuh ❓

    Suka

  12. kenthoet berkata:

    masuk sepang dulu 😀

    Suka

  13. fnaufala berkata:

    sama nih, akhir2 ini juga males ngeblog, ada waktu kosong y tidur,, 😆

    Suka

  14. kenthoet berkata:

    josssss 😀

    Suka

  15. Fordi berkata:

    mio j q jg sm spt mas marsudi.cuman pny ane gk smp 30mnt.klo kompresi bocor,pnyebab&solusinya apa ya bro?apa ada hubunganx dgn stelan CO?fyi,stelan CO mio j ane msh std,alias “0”

    Suka

  16. Fordi berkata:

    bro,nvl ane kpas rdiator cpt nyla knp ya?pke jln sktr 20mnt udh nyla.slain itu pns msin kerasa bgt di kaki.apa gr2 ane pk v power.cz sblmx pke yg super kps gk prnh nyla.tp kl pns msin smpe ke kaki,pke bbm mana aja,sm aja.klo pny bro nvlnya gmn?

    Suka

  17. bimo96 berkata:

    paha paha mulusssss paha paha mulusss :p

    Suka

  18. munglulusanplaygroup berkata:

    Malah tak gawe ngono motorku ben adem terus kwkw
    Soal aki tenang wong juragan aki
    Soal suhu ideal wis duwe suhu yes mbah hedrun

    Suka

  19. ekomoker berkata:

    trus ukuran sutandartnya tuch sensor berapa ohm ? dan kalo rusak berapa ohm?
    ini sensor resistant based kan?

    Suka

  20. vicman80 berkata:

    Klao nyangkut yang pegang mic gimana tu bro ??? :mrgreen:

    Suka

  21. kenthoet berkata:

    woohhh itu susah jawabnya 😳

    Suka

  22. kenthoet berkata:

    rung tahu ngukur tahanan e aq lek , pokok e selagi DTFI masih fungsi yo manut iku ae 😀 heheheh

    Suka

  23. kenthoet berkata:

    Jet Cooled yo om Roy 😀

    Suka

  24. kenthoet berkata:

    wah embuh mane nek ngunu critane hehehe :mrgreen:

    Suka

  25. kenthoet berkata:

    klo pnas mesin emg terasa smpe kaki masbro, klo mnurutq itu normal lah punyaku jg gtu kaki rasanya anget2 gmna gtu 😆 itu az bru trsa nya klo jalan diatas 30km n oli motorq masi pke yamalube n bbm nya pertamax

    Suka

  26. kenthoet berkata:

    pnyebabnya biasanya dri bbm masbro bbm yg RON 88 bs bkin kerak di prmukaan daun klep lama kelamaan kerak mkin bnyak n bkin klep ga bisa rpet ktika tertutup shingga kompresi bocor , n solusinya yo klo udah sering hilang kompresi gtu mnding di serpis besar n selanjutnya pake bbm yg RON nya diatas 90 alias pertamax

    Suka

  27. ipanase berkata:

    sensor kui larang yo lek?

    Suka

  28. kenthoet berkata:

    140an klo nggak slah

    Suka

  29. ega berkata:

    bro old vixion ane jg ngedeteksi kode kerusakan 2 1, setelah ane gugling ternyata itu kode thermosensor,
    trus ane bawa bengkel,komentar bengkel jg gitu, tapi d utakatik sama bengkel kabel thermosensor nya kadang eror kadang ngga, jd bengkel bilang ada 2 kemungkinan kalo ngga thermosensor nya ya soket+kabelnya yg keatas itu,
    nah, saya bingung mau ganti thermosensor tp takut soket nya yg rusak, gmna broohh?? :3

    Suka

  30. kenthoet berkata:

    yg sering kjadian itu emg soketnya yg rusak mas, biasanya karena karat sehingga naple yg disoket jdi keropos ,,,, klo aq biasane pake jurus mc gyver bro ,alias di akalin pake serat kabel yg diselipin ke dlm soket

    Suka

  31. ega berkata:

    masih belum mudengg :3
    diakalin nya gmana ya brooh? 😀
    jelasin lagi dong, maklum bukan anak otomotip 😀
    heheehe

    Suka

  32. kenthoet berkata:

    caranya sederhana tpi susah buat jelasinnya 🙄

    Suka

  33. ega berkata:

    nah loh, terus bijimana dong :/

    Suka

  34. agus berkata:

    thanks

    Suka

  35. hendy berkata:

    Boss mx ane indikator nya nyala terus pas jalan kira2 1 km.. Knp yaa…
    Padahal thermostat udh sy ganti…

    Suka

Komentar Anda adalah Semangat Saya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s