mejeng bareng NVLHi Brooooooooo……….. 😀  heheheh sory nih masbro akhir-akhir ini ane jarang ngurus blog ketjil ini dikarena kan ane sekarang lagi sibuk syuting dan pemotretan ekekekek…  :mrgreen: :mrgreen: jadi maaf seandainya artikel baru ndak mbrojol2 trus komen2 bertumpuk2 belum ada yg ane bales 🙄 ,

Ok deh langsung az ke pokok bahasan, yaitu disuatu hari yang cerah  tapi mendung (wew aneh … 🙄 ) ada seekor NVL beserta penunggangnya mampir ke tempat ane , dan si penunggang NVL itu pun mengeluh , “Masbro Lampu Netral’e sepedaku kok mati yow ?? padahal sek oleh rongwulan (2 bulan , red) ..?? dadi gak iso langsung  di dobel starter, kudu mencet kopling disek baru iso di dobel ???yo’opo iki mas ❓ ?? “

Hmmmmmm….. penasaran ,, langsung az ane periksa, ane standarin tengah tuh motornya, ane puter ban belakang ,weeehh lancar jaya muternya , berarti memang dalam kondisi netral nih motor ,,, ane coba pencet elektrik starter gak bisa nyala , trus ane coba tekan kopling sambil ane pencet elektrik starter baru bisa nyala dia ,…. hmmmmmmmmmmmmmm….. kayaknya ane dah tahu masalahnya dimana 😎

Netral mati^^contohnya lampu netral modaarrr…

Mau tahu penyebab nya ❓

Jadi masbro apabila NVL sampeyan mengalami hal serupa gak usah galau  , karena penyebabnya cuma Switch Netral nya macet , switch netral NVL berada di crankcase sebelah kiri, diatas sebelah kanan dari nomer mesin , disitu ada benda hitam yg diikat oleh 2 baut kiri dan kanan 😀 . Benda itulah yang jadi biang kerok matinya lampu netral NVL , tapi tenang gak ada yg perlu diganti kok cukup dibersihkan saja 😀

Foto0711Pertama, buka kedua baut pengikatnya pake obeng plus (+) ,lalu cabut ‘benda hitam’ tersebut maka akan terlihat seperti gambar diatas .

Yups.. yang bikin mati adalah pelor/peluru dari switch Netral tersebut macet/nyantol ,sehingga tidak bisa menyalurkan arus negatif / Massa ke lampu indikator sehingga mengakibatkan lampu indikator ogah nyala CMIIW .

Penanganannya tinggal cungkil/ cabut pelor dari ‘sarang’nya pake obeng minus (-) keciill dan kalo dah terlepas tinggal ampelas pake ampelas 800/1000 bagian samping pelor tsb sampe halus n sampe pelornya bisa keluar-masuk di lubang tersebut dengan lancar 😀

Kalo sudah beres tinggal pasang kembali semua bagian ke kondisi awal , oh iya kalo masang ‘benda hitam’ tadi jangan lupa bagian O-ring yg ada didalamnya jangan sampai rusak ye kalo  rusak nanti olinya bisa ngrembes lho .. OK sekarang silahkan lihat dasboard NVL dijamin lampu Netral nya udah idup lagi 😀

akhir kata sekian dulu dari ane , semoga  tulisan sederhana ini berguna bagi para NVL rider yang ada diseluruh dunia 😀

Oke deh tetap sehat ,tetap semangat biar kita bisa jalan2 dan lihat yang bening2 😳  , pokok’e Makjlebbbbbb…..  😀

601053_317513061713541_997272889_n

Sekian,

Salam Kenthoet SOHC operstroke 5 speed 😀

About Kenthoet Bore Up

pengen jadi bos, doain 😁

72 responses »

  1. kenthoet berkata:

    silahkan di donlot kalo mau ekekekekek 😆

    Suka

  2. permen karet berkata:

    kapan bonceng yang ada difoto bang kenthoet?? 😀

    kapan2 coba test komsumsi si operstroke bang,ane rencana ganti motor karena setelah nyoba2,ternyata si operstroke jauh lebih enak buat cornering daripada byson ane, 😆

    Suka

  3. kenthoet berkata:

    siap bro, nnti selepas masa inreyen akan ane test konsumsi bbm nya 😀

    Suka

  4. ax125 berkata:

    kadang klo lampunya mati gitu tak kira giginya cuma nyantol masbro 😆

    liat paling bwh pengen pingsan 😳 , tp klo di tv kok pd jelek ya :mrgreen:

    Suka

  5. kenthoet berkata:

    klo yg ini gak nyantol bro 😀

    itu tandanya si Ve itu fotogenic 😀

    Suka

  6. deidara berkata:

    whh,, bening….

    Suka

  7. athleteriders berkata:

    woh jupine ganti opersetroke 5 sepid, ayo mbak ve di bonceng mas kenthoet 😛

    Suka

  8. ideapa berkata:

    Yang pake payung itu nanganinnya gemana om bro…?
    Hehe
    :$

    Suka

  9. kenthoet berkata:

    cihuy 😀

    Suka

  10. kenthoet berkata:

    uhuk-uhuk 😳

    Suka

  11. kenthoet berkata:

    kasih tahu nggak ya ❓ 😳

    Suka

  12. ekomoker berkata:

    lha nggowo NVL ae ga iso bonceng bonusnya apalagi bawa WTF 😀 :mrgreen:

    Suka

  13. Sinbe berkata:

    Putih… Bening… Seger… Bonusnya. :mrgreen:

    Suka

  14. athleteriders berkata:

    alah gayane isin barang 😛

    Suka

  15. ᅫᅫᅫTORRESᅧᅧᅧ berkata:

    Ganti pake enam speed qiqiqiqi

    Suka

  16. popo berkata:

    Ada niat ganti klakson masbro??

    Suka

  17. frans berkata:

    bang kenthoet
    salam kenal saya rider Z1 hha
    bang mw tanya nih…?? kok z1 saya
    kalo pagi” pas warming up
    ada suara tek” di mesin dalam posisi netral
    kalo pas panas,suara tersebut agak hilang bang tapi masi ada…??
    itu kenapa ya bang
    qiqiqiiq

    Suka

  18. Fordi berkata:

    mas,klo pas inreyen nvl yg bner gmn sih?klo di bku manual kan 0-500km pertama maks 5000rpm,kl msal lbh2 dkit boleh gk?soale klo manut bku mnual,rpm sgtu cm jln maks 40kpj.selak sing mburi nglaksoni trs.hehe

    Suka

  19. kenthoet berkata:

    gpp mas, asal buka gas nya jangan trllu spontan/ diurut 😀

    Suka

  20. kenthoet berkata:

    tek2 apa tik2 mas??? klo suara tik2 itu klo nggak slah suara dri injektor nya IMHO CMIIW , n emg di z1 suara injktor trdengar agk keras

    Suka

  21. kenthoet berkata:

    untuk skrang blum ada kang, biarlah klakson stndrt az dulu mskipun suaranya kyk klkson metik 😈

    Suka

  22. kenthoet berkata:

    hehehe 5 gigi az udah cukup 😀

    Suka

  23. kenthoet berkata:

    wes pokok e bkin uhuuyy 😳

    Suka

  24. kenthoet berkata:

    lha mangkane iku om 🙄

    Suka

  25. fnaufala berkata:

    woohh saiki salame hai broo 😆

    woh ternyata benda sekecil itu pengaruh y,, 😀

    Suka

  26. kenthoet berkata:

    hahahaha…. lagi musim slam begituan 😛

    Suka

  27. thedeadbone berkata:

    maaf OOT: kang mau nanya td ane ada kejadian di mio J…pas berangkat itu normal trus berhenti sejam buat bayar motor trus udah selesaai kan,nah pas mau pulang kok Mio J ane jd aneh ya DIstater elektrik ga bisa nyala walaupun udah digas,trus ane kick stater itu rasanya Ngelos ringan langsung kebawah kan biasanya agak berat ttp aj ga bisa,nah ane diemin 5 menit udah normal lg itu kira” tanda” apa ya yg eror kang? lampu injeksi tp ga kedip”

    Suka

  28. 46@sukses.com berkata:

    Sibuk pacaran,blog nya di anak tirikan…
    K k k a b,..

    Suka

  29. fnaufala berkata:

    mentang2 sekarang NVL 👿

    Suka

  30. kenthoet berkata:

    itu tnda kompresinya bcor mas, biasanya dipayung klep terdpat bnyk tumpukan kerak/karbon shngga bkin klep gk bs mnutup sempurna pas langkah kompresi ,

    Suka

  31. thedeadbone berkata:

    oh gtu mas kiraiin akinya ngedrop…trus penangannya k beres tggal bilang bersihin payung klep gt mas ato kompresi bocor?? cuma sekali sih kejadian e sampe skrg blm terjadi lgi tar tkut e knp” ato mati mendadak pas lg jalan kan bahaya hehehe

    Suka

  32. kenthoet berkata:

    lebih mudahnya sering2 az tangki BBM nya di isi pertamax 92 atau 95 😀 ,krna pertmax emg dah trbukti bkin mesin jdi tetep bersih 😀 IMHO

    Suka

  33. araidomore berkata:

    Bonuse bikin pelorku sesek….. Tapi moh di amplas… 🙂

    Suka

  34. thedeadbone berkata:

    lhaaa mio j ane cuma di isi premium pas dr dealer aja mas bis itu alhamdulillah ane isi pertamax plus trus tp bulan ini cuman pertamax aja premium malah belum pernah sekalipun beli seliter….itu kira” trobel yg lain selain dari sisi bahan bakar ap ya mas?? coz langganan bengkel resmi ane banyak yang lagi magang karyawan e hehehe

    Suka

  35. 46@sukses.com berkata:

    Motor buntut mlayune koyok lowo..nak aku due luput nyuwun sepuro..
    *

    Suka

  36. kenthoet berkata:

    inggih sami2 masbro 😀

    Suka

  37. kenthoet berkata:

    coba cek bagian yg pling mudah az dlu , yaitu busi 😀 , klo boleh saran sih mnding gnti az businya pakai yg platinum dri NGK kodenya CR7HGP cocok buat Mio J n soul GT 😀

    Suka

  38. thedeadbone berkata:

    oke siap komandan bis lebaran tak beli itu busi…kira” itu di beres ada ga mas? harga brp? biar lsg siap beli heheh

    Suka

  39. lampu gear 2 motor ane dah mokat ama lampu indikator lampu jauh nya…
    tapi yang laen fine2 aja…

    Suka

  40. kenthoet berkata:

    klo diberes blum tntu ada bro , coba az cri di toko onderdil yg kelihatannya lngkap… hrganya skitar 25rbuan

    Suka

  41. ipanase berkata:

    mantabh suhu 😀

    Suka

  42. thedeadbone berkata:

    oke siap mas bro…

    eh iya 1 lg mas,busi yg cocok buat FU 2012 ap ya? pertamax,ane dpt busi yg jelek udah gosong 6bln ini e

    btw wes dpt boncengan blm neh?? heheh

    Suka

  43. kenthoet berkata:

    coba busi NGK platinum CR8EGP az masbro,,,,,

    blum om 😦 hiikkksss,….

    Suka

  44. thedeadbone berkata:

    sip suwun mas…

    btw nenek ane nyidam pengen bonceng NVL e…mau daftar jadi boncenger e mas kenthoet boleh?? hehehe

    peace

    Suka

  45. kenthoet berkata:

    kalo nenek sampeyan masih perawan gpp :mrgreen:

    Suka

  46. thedeadbone berkata:

    udah perawan lg mas pake daun sirih biar rapet pet pet pet… hehehehe

    Suka

  47. Achnan berkata:

    mantap, trima kasih min NVL ku udh normal kmbali

    Suka

  48. kenthoet berkata:

    sereem gitu judul artikel sampeyan masbro 🙄

    Suka

  49. Itu posisi gambarnya dmn,,? Buka penutup gear bukan? Soalnya anr cari ga nemu2 hehe

    Suka

  50. kenthoet berkata:

    Iya buka penutup gear

    Suka

  51. abqari berkata:

    Ane coba dulu trick ini, makasih mas bro infonya…..

    Suka

  52. hasekk nehh gan …

    Suka

  53. deni van buitenz berkata:

    Maaf gan bs kirim pict dr jauh ga posisi nya mklm ane cm bs pake buta mesin.. mhn bantuannya gan..

    Suka

  54. dhenil berkata:

    kira kira klo dibawa ke bengkel resmi kena brapa masbro..?

    Suka

  55. kenthoet berkata:

    Paling 15-20rbu

    Suka

  56. dhenil berkata:

    oke.. thx infonya bro..

    Suka

  57. Herman copz_hopz berkata:

    Thanks gan.. Motor udah jrenggghgh lagii..
    Kesel klo kga hidup.. Berasa ada yg kurang..

    Suka

  58. exofish berkata:

    Om kalo staternya bisa tanpa pencet kopling tapi lampu netralnya tetep mati apa penyebabnya ?

    Suka

  59. bramantio berkata:

    Mantap gan infonya

    Suka

  60. Fey Adelmar berkata:

    Artikel paling bermanfaat. Karena saya mengalami hal yang sama di R15 V3 saya. Sehat selalu, Mas.

    Suka

  61. radit berkata:

    klo pk wd di semprot gitu aja mempan ngga om?

    Suka

  62. kenthoet berkata:

    Nggak mempan

    Suka

Komentar Anda adalah Semangat Saya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s