Halo mas Bro πŸ˜€ mau cerita saja nih kejadian yang beberapa waktu lalu dialami sama teman ane πŸ˜€ . Jadi gini sewaktu pulang kerja ,teman ane yang sehari-hari nyemplak vixion rakitan 2011 ini dikejutkan dengan menyalanya lampu indikator yang berwarna merah yang ada di speedometer motornya , ya lampu indikator yang memberi sinyal bahwa suhu mesin sudah ‘terlalu panas’ , padahal belum ada 15 menit dia jalan n jalan yang dia lalui juga cenderung lancar n gak macet , karena khawatir takut terjadi apa-apa pada motornya karena overheat dia pun minggir sejenak untuk mendinginkan mesin, setelah cukup dingin dia bawa tuh motornya ke sebuah bengkel deket situ untuk di ganti cairan coolant nya, karena doi berpikir kalo mesinnya cepat ‘panas’ mungkin dikarenakan coolant yg sudah waktunya ganti .

Foto0493

Wess selesai diganti pulanglah dia dari bengkel itu , ditengah perjalanan tinggal beberapa kilometer lagi nyampe ke rumahnya ehhh ,,, tuh ‘lampu merah’ udah nyala lagi πŸ˜€ , galau lah dia πŸ˜† padahal jarak rumah n tempat kerjanya cuma sekitar 20km-an udah nyala 2x tuh lampu , sambil bingung n cemas langsung minggir lagi sambil dilihatin tuh radiator kali az airnya bocor πŸ™„ πŸ˜† .Nahh karena bingung nih motornya kenapa, dia langsung sms ane , begini bunyinya ➑ (pake bahasa daerah ane gan jadi maaf kalo ada yg gk ngerti ) πŸ˜€ ➑

Teman ane : “Hlo bro,, yo’ opo kbre rekk??….. Eh bro q njluk tlong spedahq onk mslah iki ,,, ?!! blz cpt ”

ane Bales gini ➑ Β : ” apik bro…. Β Oalaa bro ket biyen uripmu iku ancen mslah tok bro ,,,wkwkwk πŸ˜† ”

dibales lagi sama teman ane : ” Oo… KEAT koen iku ,,, temenan iki bro , spdahq lo cpet pnas bro ,, lmpu abang sing ng spido cpet murup, dgwe diluk ae wis murup pdhl bnyu pdhl radiatore sektas tak gnti, opone ngnu iku bro ??? blz cpt ”

ane bales ➑ : “oalaa iku kmgkinan nek gk water pump , thermosensor yo thermostat e bro.. , mne gwoen ng nggonq ae tak cek e bro ”

dibales lagi : ” entek piro nek gnti ngunu iku bro ??? blz ”

ane bales : “murah bro, jek lrang regane blekberi mu drpd regane iku maeng ”

dibales lagi : ” ok , yowes mne tak gwone ng nggenmu bro, suwon ^_^ ”

OK , singkat cerita besoknya tuh motor dibawa ke tempat ane, sesuai dengan keluhan teman ane kemarin yang bilang kalo motornya cepet banget panasnya , pertama-tama ane cek dulu kondisi water pump / pompa air radiatornya ,bagaimana cara ngeceknya :?:ntar deh kapan2 akan ane bahas caranya kalo nggak males nulis πŸ˜€ .OK water pump beres gak ada masalah , tinggal ngecek Thermosensor sekalian sama Thermostat nya, bagaimana caranya ❓ mudah az masbro tinggal colokin az ke Diagnostic tool , cukup pake mode NORMAL , disitu akan terpampang informasi tentang putaran mesin (RPM) , suhu mesin dan kode kerusakan (kalo ada) .contohnya seperti ini ➑

diagnostic toolNah , memang thermostat ini bukan termasuk bagian dari sensor group sehingga jika terjadi kerusakan tidak akan diterjemahkan menjadi kedipan oleh Warning Lamp / MILΒ , tapi tenang saja meskipun bukan bagian dari sensor kita masih bisa menganalisa apakah thermostat ini berfungsi normal atau enggak dengan menggunakan Diagnostic tool πŸ˜€

Tapi sebelumnya masbro harus tahu

fungsinya thermostat adalah untuk menutup aliran coolant / cairan radiator agar tidak langsung ke radiator, tujuannya agar panas mesin cepat diperoleh pada waktu proses pemanasan awal ( warming up ) nah setelah panas mesin sudah mencukupi maka thermostat secara otomatis akan terbuka sehingga coolant akan mengalir ke radiator untuk didinginkan πŸ˜€ .

Nah sekarang gimana cara ngeceknya ❓ Β mudah kok, tinggal colokin diagnostic tool pake mode Normal (kayak gambar atas) ,tapi mesinnya harus dingin ya,, atau paling nggak suhu coolant nya dibawah 50 derajat Celcius, lalu hidupkan mesin n tahan di rpm 2000-2500 rpm sampai suhu menunjukan angka 80 derajat Celcius,setelah mencapai angka 80 derajat C , naikan putaran mesin menjadi 5000-6000rpm lalu perhatikan baik-baik informasi suhu mesin yg ada di diagnostic tool, biasanya kalo Thermostat nya normal n gak rusak/ macet maka ketika suhu mesin berada di angka antara 81-85 derajat celcius secara otomatis suhu mesin akan turun kurang lebih 8-10 derajat menjadi 71-75 derajat celcius , hal ini disebabkan karena thermostat sudah mulai terbuka sehingga cairan radiator sudah mulai bersirkulasi ke radiator . FYI Thermostat Vixion mulai terbuka ketika suhu coolant 81 derajat dan terbuka penuh ketika suhu coolant 95 derajat celcius CMIIW .

Tapi yang terjadi di Vixion milik teman ane ini tidak demikian, ketika suhu mesin sudah mencapai 80 derajat celcius ane coba geber di 5000rpm selama beberapa menit , bukan turun suhu coolant nya tapi malah naik , naik dan terus naik sampai nyundul angka 119 derajat celcius 😯 Β , ini artinya thermostat macet / rusak sehingga sirkulasi cairan radiator terhambat tidak bisa menuju ke radiator untuk di “dingin” kan ,…..

Weess ketemu penyakit’e πŸ˜€ , tinggal cari solusinya , dan solusi paling mudah dan tepat adalah ganti Thermostat baru πŸ˜€ ➑

thermostat vixi

thermostat vixion

harganya kalo nggak salah antara 120-130ribuan (lupa harga pastinya) πŸ™„ mahal ya πŸ™„ ❓ yo pasti mahal lah , lha wong di kardusnya az ada tulisannya made in Japan Β coba kalo tulisannya made in Sidoarjo pasti murah :mrgreen: , Ok bongkar pasang nya juga gampang kok πŸ˜‰ tapi kalo mau bongkar sebaiknya cairan radiatornya di tap dulu πŸ˜€ ,n jangan ngetap air radiator kalo kondisi mesinnya masih panas soale bahaya, kalo kena tangan itu rasanya sesuASU banget 😈 (pengalaman 😦 ) ,

Ok beres πŸ˜€ , beberapa hari setelah kejadian itu ane sms lagi teman ane untuk memastikan apakah motornya masih suka overheat ❓ n jawabannya udah nggak masbro, motornya udah normal lagi kayak dulu πŸ˜€ ,,,,hehehe gimana mudah kan masbro ,???

Jadi, sekarang sampeyan sudah punya gambaran kan kalo liat motor injeksi yang diservis pake dicolok-colokin ke diagnostic tool itu bukan cuma buat gaya-gayaan atau sok-sok’an biar dikatain canggih , tapi lebih dari itu yaitu agar kita lebih mudah menganalisa bila terjadi kerusakan Β di motor karena kita sudah punya “data-data” dari motor yang normal atau “sehat” jadi apabila timbul “sesuatu” yang abnormal di motor tinggal dibandingkan saja data motor yang ‘normal’ dengan yang ‘abnormal’ tadi maka akan cepat ketemu sumber masalahnya ada dimana πŸ˜€ , ngerti kan maksud ane masbro ❓ πŸ˜€

Wesss Ngunu thok ae masbro πŸ˜€ , nih ane kasih “sesuatu” buat ngetest thermostat sampeyan , cepet overheat apa gak :mrgreen: πŸ˜†

dede' Shania bikin ane cepat overheat :oops:

dede’ Β Shania bikin cepat overheat az 😳

Selamat berakhir pekan Mblo πŸ˜›

Sekian … Silahkan dikomentari n semoga berguna πŸ˜€

Salam, Kenthoet πŸ˜€

About Kenthoet Bore Up

pengen jadi bos, doain 😁

228 responses »

  1. Nichoz Ahmad berkata:

    πŸ˜€

    Suka

  2. avatar berkata:

    Wkwkwk… Ono boso KEAT mecungul ndok kene… :mrgreen: mantap lah bro, suwun

    Suka

  3. kenthoet berkata:

    hahahah… πŸ˜†

    Suka

  4. fnaufala berkata:

    rak due vixion

    Suka

  5. ndesospeed berkata:

    bonuse lg ngelu kena overheat

    Suka

  6. kenthoet berkata:

    podo πŸ˜›

    Suka

  7. kenthoet berkata:

    ngelu tapi manis 😳 πŸ˜†

    Suka

  8. vicman80 berkata:

    Mantebbbbb πŸ™‚
    lain’e di update maneh bro….
    ben melu pinter aku… πŸ˜€

    Suka

  9. rusmanjay berkata:

    kirain dikompres…. *ups… :mrgreen:

    Suka

  10. marsudi(gendut) berkata:

    podo juga,duwe mio wae kreditt hahahhahaha

    Suka

  11. Erit07 berkata:

    Yg gak punya simak deh…

    Suka

  12. Didi berkata:

    Mantap

    Suka

  13. araidomore berkata:

    Ve powerlah…. Thanks bro…

    Suka

  14. munglulusanplaygroup berkata:

    Pernah mengalami juga
    Nonton JKT48 ra mblo? Ha ha

    Suka

  15. d berkata:

    shania sikile songklek hahaha

    Suka

  16. 46@sukses.com berkata:

    Yowis mergo aku rak due,tak melu nyimak wae..hehehe.
    *ftone Adikku sing nomer 2 iku..

    Suka

  17. apa karena merek juga ya mas? kan katanya merek yang itu gak awet… katanya lho…

    *mencoba mensummon para FBHomopret dan Kutang…
    **gigit jempol kanan + membentuk handseal ala naruto
    ***kuchiyose no jutsu…

    πŸ˜†

    Suka

  18. tom berkata:

    bro diagnosticnya bs dak buat ngacek ninja 250fi..?

    Suka

  19. kenthoet berkata:

    OK siap πŸ˜€

    Suka

  20. kenthoet berkata:

    si “shincan” dong yg di kompres πŸ˜†

    Suka

  21. kenthoet berkata:

    hahaha,,, woles ae masbro πŸ˜†

    Suka

  22. kenthoet berkata:

    OK joss πŸ˜€

    Suka

  23. peyek berkata:

    hampir podo karo pikson jadulku om,,
    nek di ukur nganggo Diagnostik tolls, suhu ne mung -20c (mesin murup atawa mati) .. :matabelo:
    kipas radiator ora gelem mubeng2,,, πŸ™„ mekanik beres yakampret sampek mumets om,,,
    di tuker sensor suhu seng anyar,, uwes,, di tuker ecu anyar,, uwes,,, πŸ™„
    dadine tak ben ke wae,, (lebih kurang setaon luwih ) lampu indikatore murup terus nek mesine urip,, πŸ™„

    trus baru seminggu wingi,, tak si jadul tak lebokno bengkel privater,,, mulane si mekanik yo mumet sirahe,,, πŸ™„ sampek patang ndino si jadul nginep neng bengkel,, soale sekalian ragati muni2 pathing klotok neng head silinder,, (hasil : camshaft resing maxtrem 280 derajat tergerus,, genti ngganngo sutandar maning,,, πŸ™‚ , stelan kelep seko beres yakampret, terlalu renggang,,, (tepok jidat,,, ) )
    nah,, seng nggawe cenat cenut yo suhune mau kui,,, πŸ˜† suhu mesin -20,, trus nek di jumper,, malah suhune 179 hadeeeh,,,, πŸ™„ hampir wae kabel bodi arep di bongkar,, trus,, ora sengijo,, si mekanik tukar soket seng nancep neng sensor suhu radiator,, ndilalah,, cespleng,,, rupanne sokete wes dobol,,, :matabelo:
    wkwkwkwkwk,,,, masalah cilik,,,, nggawe mumet mekanik beres dan mekanik privater,,, πŸ˜†
    saiki si jadul wes normal maneh,,,, πŸ˜†
    rencana arep upgrede naik cc ki om,,, apike jadi pirang cc ki om,,,, πŸ™‚

    Suka

  24. kenthoet berkata:

    Mancing Mania Mantap :mrgreen:

    Suka

  25. kenthoet berkata:

    Woke bro πŸ˜€

    Suka

  26. kenthoet berkata:

    nonton di youtube bro :mrgreen:

    Suka

  27. kenthoet berkata:

    wedeehhh mulus gtu kok 😳

    Suka

  28. kenthoet berkata:

    ahahah,,, adikmu akeh men om πŸ˜†

    Suka

  29. kenthoet berkata:

    faktor bedjo mgkin mas roy, bnyk kok vixi rakitan 2008 ato 2009 gak ada maslah dgn itu nya πŸ˜†

    Suka

  30. kenthoet berkata:

    kayaknya gak bisa deh masbro CMIIW

    Suka

  31. kenthoet berkata:

    hahahah,,, ane pernah juga ngalamin kyk gtu masbro πŸ˜† , tpi untungnya kepala mekanik ane “sakti” , ane pegang 1 jam gk ktmu mslahnya eh dia yg pegang 10mnit dh ketemu pnyakit e 😈 , mslhnya y sama kyk vixienya mas peyek soket thermo sensor rusak πŸ˜†

    Suka

  32. pak tarno berkata:

    jan mas iki ahli temen masalah injeksi,
    ndang metu ko bengkel ngedekno bengkel yamaha dewe spesialis injeksi ngono lho. pasti laris, apalagi ada blognya, wuhhh…
    eh bro, bosmu tau gak kalo kamu punya blog? kali aja dapet bonus karena banyak ngasih solusi user lainnya.

    Suka

  33. kenthoet berkata:

    wahh pengennya sih gitu masbro , tapi gak ada dananya πŸ™„ yahh semoga nnti dpet mertua yg kaya raya supaya bisa modalin ane :mrgreen: πŸ˜†
    waahhh tahu apa gak ya ❓ ane juga gak tahu masbro πŸ™„

    Suka

  34. Mas Sayur berkata:

    info yg sangat berguna..
    eh..btw.. itu FI Diagnostic tool ada yg made in sidoarjo,kah..? kalau ada besuk kalau saya pulang dari papua tak ampiri nang sidoarjo.. πŸ˜‰
    http://bakulkangkungjpr1.wordpress.com/2013/04/17/verza-mana-verza-koq-belum-nongol-di-papua/

    Suka

  35. kenthoet berkata:

    menurut om sayur ada atau enggak πŸ˜† ❓

    Suka

  36. Mas Sayur berkata:

    lha koq mbalik takon..? πŸ˜€

    Suka

  37. simol berkata:

    haha yg bawah bener2 bikin overheat. masbro,

    Suka

  38. kenthoet berkata:

    hahahha,,, yo gk ada tala om πŸ˜€ sampeyan iku piye to πŸ˜›

    Suka

  39. kenthoet berkata:

    😳 unyu-unyu ya bro πŸ˜†

    Suka

  40. Mas Sayur berkata:

    WKWKWK… biasanya kan sidoarjo dan rungkut identik dg yg begituan.. *ups… πŸ˜€

    Suka

  41. sinjo berkata:

    mantab ni blog, sayang jarang update…….

    Suka

  42. kenthoet berkata:

    :mrgreen: hehehe πŸ˜€

    Suka

  43. ERA berkata:

    Jan’e tutup radiator yo mesti di cek pisan brur, iki seng akeh dilewatno wong2…

    (nek gak yo gak usah gawe termostat2an ;p)

    Suka

  44. kenthoet berkata:

    wahh klo gak pake thermostat nnti msinnya gk panas2 domg masbro, πŸ™„

    Suka

  45. ERA berkata:

    memang mas… tapi. meningkatkan efisiensi mesin, dan meringankan kerja impeller yg notabene nempel pada as noken, mesin ringan kerjanya.

    ini pada jupiter mx, jika pada vixy yg notabene pakai injeksi dan segala macam sensornya. yg terjadi malah boros.
    kok bisa?

    ECU mengira mesin belum mencapai titik kerjanya, dengan cara menambahkan debit semprotkan ke nozzel injeksi, dengan harapan akan menambah temperatur kerja. boros bbm.

    tapi tidak demikian di jupiter mx, karena masih manual jadi ok2 aja, paling2 joint termostat di silinder head merembes air radiator, bisa ditangani dengan gasket kertas.

    cmiiw… ampun dah ama mekanik yamaha.

    Suka

  46. kenthoet berkata:

    yahh sekedar meluruskan saja masbro,
    Thermostat sebagai pengatur suhu :

    Mesin motor yang menggunakan sistem pendingin air menggunakan thermostat sebagai pengatur suhu. Thermostat berfungsi sebagai katub/keran aliran air dari mesin ke radiator. Pada saat masih dingin, thermostat menutup sehingga air akan berputar-putar di blok mesin yang membuat suhu kerja ideal cepat tercapai.
    Saat suhu kerja tercapai, maka thermostat membuka sehingga air mulai dialirkan ke radiator untuk di dinginkan agar suhu mesin tidak melebihi suhu kerjanya, ketika suhu mulai terlalu dingin thermostat kembali menutup, begitu seterusnya sehingga membuat suhu mesin menjadi stabil.

    Thermostat sebagai β€˜kambing hitam’

    Sering terdengar kasus overheating yang diakibatkan oleh sistem pendingin, atau kasus mesin yang selalu dalam kondisi panas.
    Dari kasus-kasus tersebut tidak sedikit bengkel yang menyarankan untuk mencabut thermostat karena dianggap sebagai biang keladinya.
    Mencabut thermostat adalah tindakan yang kurang tepat, karena mesin akan cukup lama mencapai suhu kerjanya, bahkan tidak pernah mencapai suhu kerja yang ideal. soalnya setahu ane Suhu ideal mesin klo nggak slah skitar 80-90 derajat celcius IMHO CMIIW yahh intinya pemasangan thermostat juga tujuannya untuk efisiensi πŸ˜€ ,, yahh itu pendapat ane , kalo ad yg kurng berkenan y mohon maaf , mklum ane juga masih pemula dlm dunia otomotif jdi masih btuh bnyk belajar, jdi mohon bimbingannya dri masbro yg klihatnnya sudah senior πŸ˜€

    Suka

  47. ERA berkata:

    sesuai dengan tulisan saya diatas mas..

    1) cmiiiw

    2) mekanik yamaha dilawan… (ngko spedaku gak diservis2)

    peace ^^ v πŸ˜€

    Suka

  48. kenthoet berkata:

    nyervis motor itu gampang mas yg susah itu “nyervis” yg punya motor πŸ˜€ , motor klo dipukul pun dia diam sja , beda klo sma ownernya motor, jngnkan mukul salah ngomong az bisa jadi pnjang masalahnya πŸ˜€ heheheh

    Suka

  49. ERA berkata:

    Walah…
    Aku mas..
    nyervis anake, bapak sing duwe motor mas..

    eh mbalik lagi… (karo bapake)

    hehehehe…

    #cewek

    Suka

  50. kenthoet berkata:

    nah kan πŸ˜€ , kalo mbaliknya ngucapin terima kasih c gk maslah, kalo mbaliknya sambil ngomel2 kan bisa repot πŸ˜†

    Suka

  51. ERA berkata:

    Ya itu mas… service memuaskan, tapi bapaknya gak puas hehehehe…

    #guyon

    Suka

  52. Fuad Pujo Kesuma berkata:

    jossssssssssssssss tenan mas brooooo suwoooonnnn

    Suka

  53. kenthoet berkata:

    woke masbro πŸ˜€

    Suka

  54. Fuad Pujo Kesuma berkata:

    mas bro nek kontak tak posisi on kok langsun muter kipas opone yo mas bro….?

    Suka

  55. Frances Wolf berkata:

    Jadi cara kerja nya : Pada saat mesin hidup kipas ga muter, Coolant yg di dalem blok mesin hanya muter muter didalam blok mesin, tidak ke radiator, karena lobangnya masih ditutup oleh thermostat, agar mempercepat proses pemanasan mesin Setelah suhu mencapai 82 derajat katup thermostat mulai membuka memasukan coolant dingin ke dalam blok mesin bersirkulasi dgn coolant panas tuk didinginkan oleh radiator dan kipas belom tentu menyala (muter) karena coolant belum mencapai 91 derajat. setelah beberapa kali sirkulasi, suhu coolant mencapai 91 derajat sensor WTS mengirim sensor ke ecu tuk menyalakan kipas.

    Suka

  56. kenthoet berkata:

    itu bisa karena thermosensor nya yg udah rusak atau bisa juga soket thermosnsor yg udah rusak/konslet jdi kontak on lngsun on juga kipasnya πŸ˜€

    Suka

  57. yusmansmotor berkata:

    suwun mas brow masukannya,,,,hehehehe

    Suka

  58. kenthoet berkata:

    OK masbro πŸ˜€

    Suka

  59. way berkata:

    makasi mas bro infonya, vixion saya juga kaya gitu kasusnya, biasa motor dah tua dah 45 ribu odometernya.

    Suka

  60. kenthoet berkata:

    semoga vixi nya cpet sembuh masbro πŸ˜€

    Suka

  61. aqwahyuae berkata:

    Masbro..
    Situ Posisi di dealer mana???

    Suka

  62. kenthoet berkata:

    di Kurnia Motor jln. Hayam wuruk no.47 Mojosari masbero ,

    Suka

  63. ryan berkata:

    Maz bro sy ga mau coment,sy cuma mau nanya aja…kenapa y,motor jupiter mx sy pada saat d starter lampu indikator nyala merah terus,pada saat jalan juga nyala terus kadang berkedip….tolong bantuannya mas brooo…. matursuwun

    Suka

  64. kenthoet berkata:

    hmmm.. kipas radiatornya lgsung nyala gak mas ketika kunci kontak on ??? soale ada 2 kmungkinan mas klo nggak thermosensor bermaslah yo TPS yg ada di karbu yg bermaslah, yg sering terjdi di MX itu soket TPS yg masangnya belum “klik” sehingga terjdi open circuit IMHO

    Suka

  65. evan berkata:

    Njaluk tulung cak..jupiter mx ku kasuse podo vixion iku.nek kontake diurupno kipase gurung muter.tapi nek wis mlaku kiro2 15 menit lampune abang teru gak mati2 opo kiro2penanganane podo karo vixion cak.kadang ngono nek kontake diurupno lampune abang terus gak mati2.nek ganti banyu radiator apike brp bulan sekali cak.gak buka cabang nang suroboyo ta cak aq cik ga adoh2 marani nang mojokerto..maju terus blog e cak…suwunnn

    Suka

  66. kenthoet berkata:

    air radiator sebaiknya gnti tiap 10rbu km masbro,,
    utk lmpu ‘merah’ yg cpet nyala di motor smpeyan , coba cek pompa air radiator nya dlu mas, klo pompa normal bru cek termosensor dan soket2 nya , trus bru thermostat , soale klo di MX aq jrang mnemui thermostat yg rusak slama ini
    hahaha gak buka cabang aq cak ng mojokerto ae cidek πŸ˜€

    Suka

  67. willy berkata:

    numpang tanya ne mas bro,
    kalau vixi ane baru isi air radiator kira” 1,5 bulan saja koq cepet kali ya habis nya ?
    masalah nya kira” dimana ya ?
    soal nya motor baru,
    jarak tempuh rumah – kantor sekitar 15 km, jadi pp kantor – rumah sekitar 30 km-an
    sedangkan di MX nya temen ane yang sama” 1 kantor dan jarak tempuh nya (jarak tempuh lebih jauh) ga pernah ngalamin yang nama nya air radiator habis gitu cepat.

    mohon pencerahan nya mas brow …. πŸ™‚

    Suka

  68. Mus mus berkata:

    Luwih repot mtr injeksi yow man?

    Suka

  69. kenthoet berkata:

    ahh gak juga masbro πŸ˜€

    Suka

  70. kenthoet berkata:

    wah mas coba klo lagi ganti oli dicek kondisi oli nya apakah ada tnda2 oli yg tercmpur air ❓ klo iya bisa jadi sil waterpump nya bocor shingga air rdiator msuk k dlm karter, klo dibiarin lama2 bisa berbahaya , mnding segera lakukan pngecekan lbih lnjut di bengkel kepercayaan terdekat..

    Suka

  71. bayu berkata:

    Cak bro, aku kate tekon, Vixion ku kok nek mlaku rodok suwe lan RPM tinggi alian agak ngebut, lampu indicator fuel pump yg warna kuning kadang2 nyala ya? iku opo’o cak bro?

    Suka

  72. kenthoet berkata:

    hmmm untuk memastikan mnding di cek pake diagnostic tool mas , tpi mnurut pngalaman ane , itu biasanya krna suplai arus ke sistem FI kurang maximal (kode diag 46) , itu bisa krna aki yg udh mulai “lemah” ,sekering yg kotor atau bisa krna spul pngisian / kiprok yg mulai lemah juga IMHO

    Suka

  73. mumuh berkata:

    motor new vixion dengan km 2000, saya akan menanyakan kenapa lampu indikator coolant menyala terus dan mesin cepat panas..???
    terimasih

    Suka

  74. kenthoet berkata:

    coba dibawa ke Beres terdekat az kang , buat di cek bagian sistem pendinginannya , bisa sja krna thermostat mcet, water pump ga berfungsi atau thermosensor yg rusak / shortcut IMHO

    Suka

  75. joko berkata:

    sepeda.ku yo ngnu iku bray.. sediluk murup lmpu.ne over heating.. pdhl yo wrs tag gnti.. yaopo bray

    Suka

  76. sink berkata:

    masbro,.vixion ku,lek suhu mulai panas, di gae langsam kok muni mendenging(kayak sempritan)…. ??? biasane apa.ne..???

    Suka

  77. kenthoet berkata:

    hmmmm… πŸ™„ mngkin itu berasal dri sil waterpump nya masbro CMIIW

    Suka

  78. kenthoet berkata:

    hmmmm… πŸ™„ mngkin itu berasal dri sil waterpump nya masbro CMIIW

    Suka

  79. kenthoet berkata:

    coba di cek waterpump nya om

    Suka

  80. aqwahyuae berkata:

    bro..
    iki diluar judule..
    masalah rante, ada g stelan rante koyok punya e tiger seng iso dipasang nang arm e vixion.
    ane pake velg&ban gede. rante sering kendor, rute tiap hari Balongbendo – Tidar.
    suwun info e bro

    Suka

  81. kenthoet berkata:

    koyok’e gk ono kang , tp opo aq sing gk tw eruh ❓ πŸ™„

    Suka

  82. nunggu_giliran berkata:

    mas bro, ane pake NVL, km 1200. lampu indikator yg
    warna kuning nyala terus setelah dikontak ON (tidak
    kedip) dan hanya akan mati bila di kontak OFF.
    nanya2 sedikit sama mekanik di beres katanya harus
    di upgrade karna ngga kebaca di laptop dan motor
    harus nginep. karena motor satu2nya kendaraan yg
    ada, jadi ngga diinepin deh tuh sampe sekarang,
    hehe. tapi alhamdulillah sampe sekarang belom
    kerasa secara fisik (mesin, lampu-lampu) semua
    masih ok. kira2 apa penyebabnya mas bro? makasih
    sebelumnya.

    Suka

  83. kenthoet berkata:

    itu lmpu indikator nyala nya mulai kapan mas ❓ setelah motor abis di servis atau gimana ❓ ,,, itu kemungkinan karena pernah terjadi short cut / konslet ECU nya ,, sehingga fungsi “self diagnosa” di ECU nggak berfungsi lgi ,,, IMHO

    Suka

  84. aries berkata:

    gan bngkel stu daerh mna?
    q jug pux vixion yg pnykitx sma.klw bis dbnrin jug??

    Suka

  85. marjo berkata:

    nah ikiii kasuskuu mas bro baru satu jam berlalu. ( nembe bar mogok jaranku . lampu kuning mesin nyala trus sepedo indikator mesin jarumnya nggak mainn. 15 menit tak paksain mlayuu malah klesekkk matii.) suwun mas bro pencerahanne … ( wong iku biso di arani pinter nak wis iso nularke kepinterane/minterke wong liyo) ancen iku awakkmu mas Brooo

    Suka

  86. budi hartono berkata:

    mas bro,…..vixion ku iki…..yeng tak uripi suarane kasar,……tapi begitu tak tarik koplinge suarane gak begitu kasar,……apane iku

    Suka

  87. kenthoet berkata:

    itu kmungkinan besar krna damper rumah kopling dah oblak kang IMHO CMIIW

    Suka

  88. kenthoet berkata:

    klo lmpu kuning yg nyala itu bukan karena thermostat mas, biasanya brasal dri sistem FI yg brmaslah IMHO CMIIW

    Suka

  89. kenthoet berkata:

    mojosari , mojokerto Om

    Suka

  90. adhi berkata:

    mas bro jupi mx ku air di radiator brkurang malah dari yg tabung bawah nyemprot air radiatore?kira kira apane ya?

    Suka

  91. kenthoet berkata:

    mx nya thun brpa kang ?? coba cek sil waterpump nya kang n cek juga selang radiator nya brangkali ada yg bcor… imho

    Suka

  92. adhi berkata:

    thn 2006 sblmnya pernah nyampur sama oli tp skrg udah gak cuma airnya kmrn hbs,trus aku isi lg tp nyembur dr slang bawah.

    Suka

  93. kenthoet berkata:

    udah di gnti sil waterpump nya ??
    air rdiator nyembur bisa karena ada salh 1 selangny yg tersumbat / krena paking silinder cop yg rusak IMHO CMIIW

    Suka

  94. adhi berkata:

    udah diganti yg silnya hbs itu nyemprot,apa termostatnya pengaruh juga?terus tutup radiator apa juga bisa?thks sblumnya ini dah lama sampai skrg gitu trus jadi tiap 2 hr skali cek air di radiatornya .

    Suka

  95. kenthoet berkata:

    bisa jdi tuh tutup radiatornya mas

    Suka

  96. adi berkata:

    ini mas bro ternyata air radiator masuk reservoir dan g mau blik ke radiatornya jadi di radiator kosong apane yo iki yg dprbaiki?klo beli tutup radiatornya tok ada gak di dealernya?mksh.

    Suka

  97. kenthoet berkata:

    yo itu biasanya katup yg ada di tutup radiator dh rusak mas,
    klo cri tutupnya sja ada kok di dealer yg jual sprepart

    Suka

  98. adi berkata:

    mas bro nanya lg yg ini swarae kok ada clek2e agak kasar dr biasae?

    Suka

  99. Acong berkata:

    Thank’s infonya . .berguna jga wat w orang yg super sibuk yg jarang mantaw kondisi tunggangan w..to the poin z..
    tanda warna kuning nyala trus ne mas bro baru di pkai 1 jam dah nyala.mesin jga cepet panas otomatis kipas radiator nyala..yg terjadinya lagi lampu klakson jdi redup (g ada daya listri). w chek kiprok dah panas bngettt .w kompres pke air es w lnjut jlan sekitar 15 menit nyala lgi…knpa tu mas bro??
    bls

    Suka

  100. kenthoet berkata:

    yg nyala lmpu wrna kuning apa yg wrna merah om ???
    klo dilihat dri gejalanya , kmungkinan pngisian listrik di motor sampeyan bermasalah shingga mnjdikan daya listiknya ‘tekor’, itu bisa krna aki yg tekor,atau spul pngisian yg bermaslah atau bisa karena kiprok yg udah mulai rusak ,,, mnding di cek lngsung di BeRES kepercayaan

    Suka

  101. https://kenthoetboreup.wordpress.com/2013/04/13/vixion-cepat-panas-gara-gara-thermostat-macet/ berkata:

    kenapa ya motor ku klw jalan felek belakang cepet panas , padahal udah di cek di dailer normal normal aja

    Suka

  102. ADJ VS BLANKER berkata:

    maz brow … mau tny … vixion q og lmpu injeksi na nyala paz kra2 30km lach trs stasioner nya naek turun … pz d.gas gt lmpu injeksi nya mati … knp iza mulai nya itu pz q servis d.deler trs ane bwa gi k.deler suruh gnti radiator tuw … mhon solusi nya mz brow

    Suka

  103. Ramdhan berkata:

    Om tolong dipost dong caranya ngecek waterpump gak jalan….plis deh trik sederhana……ane pny cs1 mesin cepet panas takutnya dr waterpumpp….plis om ini juga berguna buat njmx ku baru kutebus tahun lalu

    Suka

  104. kenthoet berkata:

    oke om, kapan2 ane bikinin πŸ˜€

    Suka

  105. kenthoet berkata:

    itu kayak kelistrikannya yg tekor mas, coba cek spul pngisian , aki sama kiproknya kmungkinan bgian itu yg bermaslah

    Suka

  106. uddin berkata:

    oke,infone mantep tenan.
    saya juga punya MX dan lampu indikator overheatnya kadang2 nyala ,saat udah 1 jam jalan,tapi kalau gas saya geber atau rpm saya naikkan lampu indikator itu mati . nanti mulai nyala lagi dan saya geber ilang lagi,,
    dan kalau jalan malem tidak nyala meskipun sudah 1jam berjalan.
    kira2 apanya mas?
    tolong dibales ya,,trimakasih sebelumnya,

    Suka

  107. Febri berkata:

    mas bro,numpang tanya nih,, kenapa ya jupiter mx ku air radiatornya ngumpulnya di reservoir trus nga mau naik ke radiator akibatnya air dlm radiator berkurang,padahal udah ganti tutup radiator n coolant’y, kemudian mesin cepet panas sehingga kipasnya sering berputar tp lampu indikator yg merah nga nyala…

    Suka

  108. dadang berkata:

    salam kenal mas bro…….saya mau bertanya mas bro, saya memiliki sepmor vixion, kendala nya….. kenapa lampu radiator sering hilang timbul…apakah penyetelan pada radiator nya ada yang salah mas bro…mohon bantuannya mas bro…Tks

    Suka

  109. kenthoet berkata:

    selang dri tutup reservoir mnuju ke tutup radiator gmna bro ??? apakah sehat2 sja atau ada kebocoran ??

    Suka

  110. kenthoet berkata:

    waduhh sulit dikira2 kerusakannya ,, mnding di cek langsung sja aliran/ sirkulasi air raditornya lncar atau nggak

    Suka

  111. Febri berkata:

    sehat om,normal semua..nga ada yang bocor

    Suka

  112. gushar berkata:

    mantab penjelasane mas bro .yang ane mau tanyakan apakan termostart yang rusak alias macet itu akan berdampak pada putusnya fuse yang 15 amp itu mas bro.
    makasih penjelasane mas bro

    Suka

  113. kenthoet berkata:

    gak ada hubungannya sama sekali dengan sekering masbro

    Suka

  114. HD rizal berkata:

    woh, sampeyan ki mekanik po dokter to?
    ono keluhan, langsung reti masalahe? opo dukun? πŸ˜€ :mrgreen:
    dasar mekanik kelas dewo,

    kapan2 rep sinau motor karo mas kenthoet.

    btw, vixion ne bapak ane kipase di setting murup terus pas kontak on, ono negatife gak?

    info apik, blog’e laris, mugo garapane yo laris,

    Suka

  115. kenthoet berkata:

    ahh gak mas,, saya cuma belajar menganalisa saja πŸ˜€
    negatif e yo suhu ideal mesin sulit dicapai n beban aki semakin besar nnti ujung2 nya cpet tekor CMIIW

    Suka

  116. riyant kenshy berkata:

    vixionq tahun 2009 jg klo buat jalan agak lama lampu indikatornya nyala,kejadianya setelah motor takgantikenalpot racing,ada gak pengaruhnya ama q ganti kenalpot,atao kebetulan aja q pas ganti knlpot pas mesina ada mslh,matersuwun.

    Suka

  117. kenthoet berkata:

    yg nyala lampu warna apa mas ??? merah atau oranye ???? klo yg merah brrti ada maslah di bagian pendinginan , klo yg oranye brrt ada maslah dgn sistem FI

    Suka

  118. dimas arif antonio berkata:

    mas mau nanya nih. saya kan thermostatnya udah di lepas tapi tetep aja mesin malah cepet bgt panas walaupun cuma jalan deket. itu kira” kenapa ya mas?

    Suka

  119. kenthoet berkata:

    waterpump nya normal ga bro ??

    Suka

  120. antoe berkata:

    Masalah’e podo motorku,opo gowo sisan nyang gon bengkelmu yo oom ??

    Suka

  121. ardy dean berkata:

    no hp mu piro mas aku arep takon ki

    Suka

  122. kenthoet berkata:

    Monggo d bwa k bngkel om

    Suka

  123. Mamet cull berkata:

    waduh…vixie qyow podo koyoke mulai panas..soale coolant e ga penuh ndek radiator e…selang e sempet bocor seng arah nang reservoir, kan bengkong selange, ternyata mrepel,wes tak ganti…tp koq cepet panas tp lampu indkator e ra nyala..termostat posisi ne ndek ndi y?trus batas ngisi reservoir iku sampe sepiro?…suwon

    Suka

  124. kenthoet berkata:

    Termostat ltakny dekat thermosensor bro..
    Ngisi reservoir smpe btas “FULL” bro

    Suka

  125. gofur berkata:

    mesin kalau panas terus gmn bro lampu di spidu kuning terus apa kendalanya bro

    Suka

  126. kenthoet berkata:

    Klo lmpu kuning yg nyala brrt ada krusakan d sistem injeksinya bukan d sistem pendinginannya

    Suka

  127. aal berkata:

    salam gan, ane mau bagi masalah ama nvl ane gan…
    habis servis nih ke benggek ymha sekalian ganti air radiator garansi, tapi habis tu air radiator di recervoir ane cepet abis gan, kipas van jga cepet nyala, setelah ane cek ada kebocoran di selang dari radiotor ke waterpump(selang gede itu lo gan)…. btw itu nvl ane kenap gan… makasih sebelum ny ..

    Suka

  128. aal berkata:

    salam gan, ane mau bagi masalah ama nvl ane gan…
    habis servis nih ke benggeL ymha sekalian ganti air radiator garansi, tapi habis tu air radiator di recervoir ane cepet abis gan, kipas van jga cepet nyala, setelah ane cek ada kebocoran di selang dari radiotor ke waterpump(selang gede itu lo gan)…. btw itu nvl ane kenap gan… makasih sebelum ny ..

    Suka

  129. kenthoet berkata:

    Coba klem yg di slang radiator di cek kekencangan nya mngkin baut pngikat klemnya kurng rapet jdi nya air radiatornya bcor lwat situ, klo udh yg tinggal diisi lgi air rdiatornya

    Suka

  130. aal berkata:

    udah dicek gan, tpi ane rasa air bocor nya pas lari 80 km ke atas….ane bawa ke bengkel sama aje hasil nya, oy gan tapi itu nda sampetrouble ke waterpump nya kn,,, en makasih lagi sebelumnya gan,,

    Suka

  131. angga saputra berkata:

    Wah kebetulan, motor ane jg ngalamin bgtu nih masbro… oke thanks yaaa atas infonya… btw tu cwek botoh jg,,,,

    Suka

  132. aris berkata:

    vixionku jadul…..mari tak servise jre thermostarnya soale kipase gak nyala solusine kongkonn gawe manual ae..lak lampu nyala merah saklar di hidupno……iku yoopo mas brow….sampean bengkele nang ndi?

    Suka

  133. kenthoet berkata:

    Ndek mjosari broo..

    Suka

  134. odick berkata:

    sory mau nanya mas, mas nya masih kerja di dealer yamaha?
    aku mau servis bulanan mas, di mojokerto belum nemuin tempat servis yg pas.. tar skalian sharing, posisi mojosari kan?

    Suka

  135. kenthoet berkata:

    Yoi msih d mjsari boss

    Suka

  136. odick berkata:

    alamat lengkap dealer nya mana bro?

    Suka

  137. kenthoet berkata:

    Kurnia motor jln. Hayam wuruk no.47 mjosari

    Suka

  138. Black berkata:

    kulo nuwun, mas. mau tanya, piki ku baru 9.7 rb km; motor perang Pas- Sby tiap hari, libur sabtu& minggu aja. Kenapa kipas radiator sering menyala & water coolant di reservoir tank habis, pernah tanya2 ke Beres Yamaha dekat kantor di Sby; kata mekanik ” Water coolant nya biasanya diatas, pak; di daerah sirip2 nya itu, tunggu 10 rb km aja sekalian stel klep…”. Mohon pencerahan dari mas bro, apa yang musti sya lakukan……

    Suka

  139. dwi ganda berkata:

    mau nanya mas aku punya vixon mesin suhu cepat panas ,water collen 1 minggu slalu isi,trus kiprog pernah mati karena panas tapi dah ganti kiprog ori masih panas trus diganti spulnya juga masih panas tp kl di rpm 1500 anget2 aja tp kl 3000 udah berasa panas bgt smp tangan ndak kuat megang dah 1 bln vixion ndak aku pk takut ngadat di jalan minta solusinya dong mas broo

    Suka

  140. kenthoet berkata:

    Coba di cek sil waterpump nya bro.. mngkin bcor

    Suka

  141. bayu berkata:

    iyak sangat membatu saya untuk membuat keputusan
    ….

    Suka

  142. kancut berkata:

    thermostatnya itu brooo

    Suka

  143. muhammad idrus berkata:

    gan ane mau tanya in itu knp ya kan ane punya yamaha v-ixion lampu sensor anen ad yg satu g menyalah di saat dikontak yg deket termometer

    Suka

  144. kenthoet berkata:

    Cek kabel wrna ijo dibawah jok, mngkin putus

    Suka

  145. aji berkata:

    Mas kalo vixion di sepedo meter ngungkung,seperti btol aq semumpel di ban,,erek2,,critane kan hujan2 mas pkai mntol plastikk,,kirain bunyi mantol kresek kena angin,,trs aq berhenti sejenak,,berhenti,suaraanya ngungkung di pas di sepedo,,aq cba nekad bwt jalan walau bunyi,,berhenti lg,mtr tak matikan,hdupin lagu suaranya hilang,,ituu knp ya sob,,bantu donk permasalahan aq,,marau galau kie,,

    Suka

  146. kenthoet berkata:

    Itu gir yg ada di dalam speedometernya macet bro, akhirnya pas roda berputar jd bnyi krakk…kraakkk..gtu

    Suka

  147. mamaeet traga berkata:

    siip bangedt infone

    Suka

  148. Anur sidik berkata:

    Asalamualaikum ….
    Akang punten.. saya mau bertanya , tentang permasalahan motor vixion saya , sama persis dengan permasalahan tmn akang , langsung saja kang , waktu itu saya touring ke bandung , waktu perjalanan di ciater lancar , namun waktu di kota bandung.y kebanyakan lalu lintas macet , tepat berhenti di lampu merah , ada yg ngelaksonin trus dari belakng , saya kira mau ngjak ribut , saya tengok ke belakng , orang tersebut nujukin kebawah motor saya , pas saya lihat kebawah motor saya , astahfirullah aladzim , udah kaya kolam renang air radiator , saya langsung panik dan galau, jadi air radiator meluap , mesin over heat , itu knpa yah mas , tolong di jelasin yah mas , sampe sekarang motor takut klo di bawah jauh, minta pin bb.y mas , mkasih yah mas salamualaikum.. πŸ™‚

    Suka

  149. kenthoet berkata:

    Coba cek selang2 radiatornya dlu bro, n skalian cek sirkulasi air radiatornya broo

    Suka

  150. acong berkata:

    misi bro..ane mau tanya ni,apa akibatnya kalo rayen vixion mengoprasikan mesin jarum tachometernya yampe putaran daerah merah/red zone..thank

    Suka

  151. acong berkata:

    minta tipnya bro,apa akibatnya reyen vixion mengoprasikan mesin yampe putaran daerah merah/red zone dan mengakibatkan apa pda mesin.thank.

    Suka

  152. kenthoet berkata:

    Biasanya suara mesin jdi agak kasar bro

    Suka

  153. PRANDI IRAWAN berkata:

    gan motor ane jupiter mx 2007 udah di bore up 150
    lampu indikator mx ane ngedip” trus kadang hidup trus dan skrang matot tuh lampu indikator udah d ganti bohlam tpi tetap gak nyala.mohon pencerahan gan
    trims….

    Suka

  154. Bro kalu air coolant nya hbs..Apa masalahnya?terus warning lamp nya nyala ngak klu hbs air coolant nya..
    Thanks mas bro

    Suka

  155. kenthoet berkata:

    Klo coolant nya sering habis coba cek oli nya, klo olinya jdi kayak susu coklat kmngkinan sil waterpump bocor.. ganti seal.waterpump nya broo

    Suka

  156. respati berkata:

    Nice info mas…
    Sebenarnya sy punya masalah yg Mirip kasus diatas,lampu indikator radiator sering nyala Kalo Dibawa jalan lebih dari 1 jam,bedanya vixion saya air radiatornya tiap kali Dicek tinggal separo tapi di tabung tandem (reservoir) selalu penuh walaupun sudah dibuang & yg ada diradiator ditambah Nanti ketika sudah Dibawa jalan Lagi minimal 1 jam lampu nyala Lagi &ketika Dicek air radiator pindah ke tandem lg. Mohon pencerahan

    Suka

  157. kenthoet berkata:

    Coba dicek bagian termostat, sil waterpump sama tutup radiatornya bro..
    karena ditutup radiator itu ada semacam katup yg otomatis bekerja mengalirkan air dari radiator ke tabung reservoir dan revervoir

    Suka

  158. sepian berkata:

    Lokasi bengkel situ dimna gan?

    Suka

  159. kenthoet berkata:

    Indoperkasa mojokerto . Jln. Pahlawan no.34 mjokerto

    Suka

  160. bandi berkata:

    balikpapan gan

    Suka

  161. bandi berkata:

    gan saya mau naya motor fiksen saya oli mesin y gak mau naek jdi y oper het,udah saya bwa kebengkel ttp aj sama gak mau naek jaga penyebap y apa y gan tlg jjw makasi

    Suka

  162. kenthoet berkata:

    coba cek kondisi sil oli.yg ada di kalter kanan .. klo rusak sbaiknya.di gnti baru

    Suka

  163. Maz Bro"din berkata:

    ok.\. mksh mas Bro ni sngt bermanfaat bgt tuk aku, soale ni q jg gi garap Vixion yg penyakite krg lbh sama dgn pnjlsn smpeyan. Suwun…..

    Suka

  164. loreng berkata:

    sama cerita sama problem motor ku…tpi aku masuk dealil 3kali tetap aj aj kya gitu..

    Suka

  165. loreng berkata:

    sampai aku kepikiran mekanik dealir enggah bisa ap2..kurang pengetahuan/pelatihan

    Suka

  166. hadi berkata:

    saya sudah ganti termostar dan termos sensor koh masih belum baik nya motor saya..tetap panas dan air radiator sering kurang.padahal tidak ad bocor…solusi dong mas bro

    Suka

  167. kenthoet berkata:

    Cek sil waterpump nya broo.. Kmngkinan air radiator bcor lewat situ

    Suka

  168. Bozzalblogz berkata:

    Alhamdulillah setelah melihat foto itu termostat ane msh normal!

    Suka

  169. saturday berkata:

    Vixi ane indikator kuning nyala trus mas bro,,,pas mesin d nyalakan,,,kira2 apanya yg bermasalah ya?…

    Suka

  170. kenthoet berkata:

    Bawa ke bngkel resmi sja bro utk memastikan penyakitnya

    Suka

  171. dandi berkata:

    motor vixion saya cuman dinaiki sebentar saja sudah panas.
    dan kalAu di jalan mesinnya panas motornya mati”sendiri kaya kehabisan bensin itu apa sama penyebabnya,,

    Suka

  172. kenthoet berkata:

    Lmpu indikator injeksinya nyala gk wktu mati itu??

    Suka

  173. thosim berkata:

    mas bro,,,,itu beli termostat dimana…?? CB150R Ane kena juga termostatnya ,klo di dealer resmi harus inden 2 bulan,,,,kalau mas bro ada,ane siap nampung,,,

    Suka

  174. kenthoet berkata:

    Wahh klo untuk termostat CB gk punya broo

    Suka

  175. yudi fitri adam berkata:

    Mas bro motor ane vixion advance si melekete,bru 7 bulan ngansur…. Pi ko motor bru oleng jka d kendrai…. P lg nginjak garis jlan n jln bergelombng….. Bkin puasing… N mesinnya pun cepat pnas baungeut…….lontongin mas bro…….

    Suka

  176. kenthoet berkata:

    Kalo garis marka tengah memang gak rata bro, jdi klo dilindes jdi agak goyang..
    Panas nya piye?? Kipas radiatornya cpet muter kah??

    Suka

  177. Ali mahpudin berkata:

    Gan numpang mandi ni..eh maaf numpang nanya.? Ak..dah habis2 an ama si vixion 2009..udah sering ganti kiprok,aki.malah terahir cdi mati sama ak dah soak..alias edan.akhirnya ane ke beres yamaha ganti cdi sama aki.motor bisa di bawa pulang. Tapi masalah muncul lagi..lampu indikator merah nyala..saat dibawa kerja..dan mogok di tengah jalan nah sekarang saat baru dinyalain aza MIL merah udah nyala dan g mati2..nyala lampunya …gimana gan solusinya..

    Suka

  178. kenthoet berkata:

    Klo Yg nyala MIL wrna merah brrti ada yg bermaslah di sistem pendinginan.. Coba di cek mulai dari kondisi waterpump, sirkulasi air radiator, sensor suhu dan termostat nya

    Suka

  179. nan0 berkata:

    Mas bro vixi ane kemarin air radiatornya sering masuk ke tabung filter, trs ane bawa kebengkel resmi katanya hrs ganti seal waterpump, skrg udh diganti tp kok masih sama aja ya, dibox filter msh ada air radiatornya. Minta solusinya bro..

    Suka

  180. Rizky JM berkata:

    Gan nomor hpne piro iku sing iso ngilangi overhead

    Suka

  181. nana sudiana berkata:

    Mohon bantuannya pak.
    Vixion 2011 saya mempunyai gejala yang sama seperti yang di jelaskan di artikel bapak.
    Awal mulanya terjadi pada malam tahun baru 2015. Saat itu saya perjalanan dari pusat perbelanjaan ke rumah yang berjarak sekitar 10km.ditengah perjalanan yang macet tiba2 indikator merah nyala.
    Sudah saya keluhkan ke bengkel resmi yamaha. Saran awal adalah suruh ganti air radiator. Oke saya ganti tapi tetep aja setelah jalan brapa km tuh indikTor nyala lagi. Saya bawa lagi ke bengkel. Karna saat itu saya ada keperluan, motor saya tinggal. Saat mw saya ambil si mekanik bilang. Pak ini tadi kesin saya nyalakan sampe bensinya mw habis, mesin panas tapi gak ada masalah dan idikator ga nyala. Oke saya bawa pulang, tapi di perjalanan tuh indikator nyala lagi.
    Dari situ saya nyerah. Dan karna motor jarang dipake, dan saya juga sekarang lebih nyaman pakai motor metik punya kakak. saya biarkan saja tu si vixi.
    Sampe sekarang tuh motor nongkrong aja digrasi.
    Bebearapa hari lalu saya baca artikel ini. Kemaren saya ganti tuh thermostat berikut thermosensor sekalian air radiator. Tapi hasilnya nihil.
    Kata mekanik. Mas waterpump gak ada masalah. Thermosensor dan thermostat baru. Air radiator full. Coba mas bawa aja ke tukang radiator buat bersihin sekalian rapiin sekitar kisi kisi radiatornya. Dari situ saya langsung ke tukang radiator, tapi ditolak. Alasannya kalo radiator motor gak bisa mas. Biasanya itu sekali pakai. Bahannya juga lembek beda dgn radiator mobil.
    Maaf bila kepanjangan pak. Dan mohon info nya.
    Terimakasih

    Suka

  182. febri berkata:

    kejadian ini mirip dengan vixi ane, sedikit cerita…
    vixi ane tahun 2008, udah full modif R15, knalpot ORI R9.
    smenjak itu vixi ane jadi cepet panas, kira kira perjalanan 1KM udah mulai keluar indikator merahnya, dan suara kipas sangat kasar, udah sering gw servis di BERES..nyatanya tetap saja begitu.
    naah..dengan adanya informasi ini ane mau nyoba ganti termostat…

    Suka

  183. febri berkata:

    kejadian ini mirip dengan vixi ane, dan sampe skrg vixi ane jarang ane pake.
    udah nyerah dan udah pasrah aja, kayak udah kapok pake motor injeksi..
    rewel..

    Suka

  184. Yudhistira berkata:

    mau tanya gan, tadinya motor ane cepet banget panas jadi susah starter pas mesin panas, terus udah ketemu penyakitnya dari coil sama thermostat udah diganti, mesin panasnya mendingan ga separah sebelumnya, tapi tetep susah di starter pas mesin panas di matiin kontak di nayalain lagi susah.
    kira-kira penyebabnya dari apa lagi ya?
    tolong dibantu butuh pencerahan niy..

    Suka

  185. kenthoet berkata:

    Mesin nya pernah dibongkar gak??

    Suka

  186. rizal berkata:

    Alamat bengkelnya mana bro?

    Suka

  187. kenthoet berkata:

    Di jln.pahlawan no.34 kota mojokerto

    Suka

  188. lukmanhakim berkata:

    Dy kalok mesin panas trus seperti kehabisan bensin gtu apa ny yg rusak bg?
    Yg lain kelistrikan ny jg melemah..

    Suka

  189. kenthoet berkata:

    Ya klistrikannya bermslah itu broo kmngkinan bgian sistem pngisiannya

    Suka

  190. TAKYUN TEGAL berkata:

    mau tanya gan…..motor ane panas banget mesinnya tapi lampu indikator yang merah apa kuning juga gak nyala juga…..trus kipas radiator juga gak nyala
    mohon penceahannya gan …

    Suka

  191. kenthoet berkata:

    Di cek aj pke diagnostic gan kmngkinan ada yg eror sensor suhu nya . CMIIW

    Suka

  192. TAKYUN TEGAL berkata:

    sebelum di cek pake diagnostic ….ame mau tanya dulu gan…sensor suhu itu thermosensor ya? apa thermostat?

    Suka

  193. TAKYUN TEGAL berkata:

    OK makasih ya gan….

    Suka

  194. adi berkata:

    Gan, bisa kasih alamat tempat servicenya? motor vixion ane juga overhead ini. bisa bantu gak?

    Suka

  195. kenthoet berkata:

    Yamaha indoperkasa mojokerto jln.pahlawan no.34 kota mojokerto

    Suka

  196. Dendy Laksamana berkata:

    mas mau tanya apa thermostat & thermosensor berpengaruh dengan double stater ? motor saya New MX / NJMX .. padahan klo kick stater enak & Lancar 1x stater langsung lancar, terima kasih

    Suka

  197. Adi berkata:

    Gan, ini punyaku kejadiannya hampir sama, malah Thermostat sampe dicopot gan, kapan hari sudah aku bawa ke service resminya gan, tp masih aja begitu , aku pakai jarak berapa kilo udah nyala lampu indikator nya, terus kipas nya juga gak nyala. Mesin panas banget gan. Mohon pencerahannya suhu

    Suka

  198. kenthoet berkata:

    Cooba cek kondisi brostel/ brush set dinamo starter nya.. thermosensor n thermostat gk ad pngaruh ke elektrik starter

    Suka

  199. kenthoet berkata:

    Lmpu idikator yg nyala warna apa bro?? Merah atau kuning??

    Suka

  200. Adi berkata:

    Warna kuning gan, terus aku coba nyalain lg itu muncul 5kedipan 1 detik dan 5 kedipan 1/2 detik. Termostat padahal udah di copot gan. Mohon pencerahannya

    Suka

  201. kenthoet berkata:

    Klo kode 15 yg brmslah ad di throttle body yaitu di TPS

    Suka

  202. dendy laksamana berkata:

    terima kasih atas jawabannya πŸ˜€

    Suka

  203. engky berkata:

    punya sy vixon old mas suhu mesinnya slalu di -20,kalau udah panas mogok bahkan sush hidup,brebet juga mas,mesin sudh lama hidup juga tetp aja suhu mesinnya-20 ,kira2 apanya ini mas.

    Suka

  204. kenthoet berkata:

    Cek thermosensor sekalian sama soket2 nya

    Suka

  205. aqwahyuae berkata:

    Broooo…
    Njuwaluk tulung bro.. o ring e injector old vixion kalo putus ada sparepart e gak? Ato setidak e ada produk original yang cocok bisa menggantikan, jadi seting mati an ni si old vixion..
    Mohon bantuan suhu” disini bila ada yg punya informasi..

    Matur suwun..

    Suka

  206. kenthoet berkata:

    Ada tp inden dlu bro di bngkel resmi

    Suka

  207. aqwahyuae berkata:

    Tapi ada ya Broo..
    Suwun info e bro.. tak mluncur bengkel resmi kalau gitu.. sipp sippp

    Suka

  208. bima berkata:

    Itu yg ane rasain sekarang mas bro…udh bbrpa mnggu blum ane cek sbuk kerja mulu.πŸ˜” jdi klo dbwa kbngkel biasa bsa g bro gk ush ke dealer gtu…

    Suka

  209. kenthoet berkata:

    Klo memang bngkelnya mampu gak maslah broo

    Suka

  210. Imung012 berkata:

    Wihh mantap, vixion saya pun mengalami hal yg sama jadi sangat membantu sekali info nya, makasih broo πŸ™Œ

    Suka

  211. Topbi mahendra berkata:

    Broo punya ane bore up full spek Cc180 .. Permasalah adalah air radiator nyembur dan tidak mau bersirkulasi .. Klo dijelasin disini gamuat broo .. Boleh minta pin bbm ato nomer hp buat ane hub i

    Suka

  212. Rudi berkata:

    Mas bro mau nanya neh motor vixion ane kipas radiatornya mati ama dispedometer lampunya nyala warna merah itu kenapa

    Suka

  213. Rudi berkata:

    Mas bro mau nanya neh motor vixion ane kipas radiatornya mati ama dispedometer lampunya nyala warna merah itu kenapa ya

    Suka

  214. kenthoet berkata:

    Coba dibawa ke bngkel resmi biar dicek pake diagnostic tool broo

    Suka

  215. erwin berkata:

    salam kenal bro..sekitar seminggu yg lalu saya service vixion. Singkat cerita setelah service…motor dipake 4hari lampu indikator engine nyala. Kadang kalo baru nyalain kontak ke ON..lampu indikator engine nyala 4-6 (error kode 46), padahal sebelum diservice kejadian ini sama sekali ga ada. Lalu hari ini td saya balik ke beres yamaha tempat service kemarin..seteah dicek katanya aliran listrik nya tidak normal dan harus ganti kiprok. Dalam hati saya bertanya harusnya waktu service kemarin dah dicek semua ya..kenapa setelah 4 hari langsung ada error?! Akhirnya gantilah kiprok dgn yg baru seharga 252ribu. Kita lihat beberapa hari kedepan masih error ga tuh motor. (Mudah2an sehat wal afiat motornya).

    Pertanyaan saya, apa ada kemungkinan aliran listrik yg abnormal itu dikarenakan rusaknya komponen2 lain ( mungkin karena miss check waktu service dulu) sehingga yg kena imbasnya adalah kiprok nya? Kalo emang iya..berarti harap2 cemas beberapa hari kedepan tuh indikator engine nyala lagi dan kiprok kena lagi. hiks

    maaf om admin klo tulisannya panjang lebar. Sebelumnya matur nuwun atas tanggapannya.

    Suka

  216. rizal berkata:

    mas,saya punya vixion 2010
    habis ganti ful pump kok masih mbrebet aja ya
    bahkan tidak bisa di bawa jalan tu motor

    Suka

  217. kenthoet berkata:

    Cek semprotan Injktor sma sistem pngisian batre nya

    Suka

  218. handikatajwin berkata:

    Maaf bang mau nanya motor sya vixion…motor saya sama kendalanya kayak yang di atas bru jalan 2km kipasnya uda nyala tapi masih tetap panas..itu kira2 apa bang penyebabnya

    Suka

  219. kenthoet berkata:

    Coba dicek kondisi sirkulasi air radiatornya , skaligus cek juga thermosensor & thermostat nya

    Suka

  220. handikatajwin berkata:

    Itu ceknya lbh bagus dimana y bang…tolong kasih tau klw daera palembang

    Suka

  221. handikatajwin berkata:

    Maaf bang mau nanya lgi…motor saya vixion 2011…itu Thermostat uda di ganti,oli jga sda,air radiator sda jga bang…tp jarak sktar 1 km uda hidup lgi kipas pendinginnya tpi masih tetap panas..klw di kipas tidak ada kendala kayaknya…jadi itu apa bang kendalanya…tolong bang itu hrs gmna…

    Suka

  222. agung siagian berkata:

    Om vixion saya klo pnas suka bunyi berdecit,,, dan sering pnas sehingga kipas muter trus wlaupun d pke sebentar tapi lampu unjector normal

    Mohon penerangan nya

    Suka

  223. andri berkata:

    Klok rumah sikring ny yg panas gmna bos nanganinny, bls cpt ya bos,butuh bnget infony

    Suka

  224. mkjm berkata:

    Motor ane klau trlalu panas yo mati mosok pnyakitnya ya koyo kui min

    Suka

  225. Bee berkata:

    Mas, kalo normalnya kan kontak ON, lampu indikator radiator nyala sebentar terus mati. Lha ini kontak ON, tapi lampu indikatornya mati. Udah diganti bohlam tetep mati. Kira-kira penyebabnya apa ya mas? Motor New MX.
    Matur nuwun mas πŸ™‚

    Suka

  226. Kenthoet Bore Up berkata:

    Coba di cek kabel2nya mngkin ada yang putus

    Suka

Tinggalkan Balasan ke dadang Batalkan balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s