Halo-halo mas bro πŸ˜€ , weiiits baca judul artikel ini kok mirip-mirip kayak artikelnya om Triatmono ya πŸ™„ pake ala anak jalanan segala πŸ™„ πŸ˜€ lha habis mau gimana lagi mas bro ane juga bingung mau ngasih judul apaan lha wong emang kenyataannya gitu e πŸ™‚ .Jadi maksud e gini bro beberapa hari yang lalu ada seekor Mio J dateng ke bengkel tempat ane dalam keadaan mogok πŸ™„ , Weehh motor baru kok mogok ❓ pasti produk cacat tuh ❓ atau produk gak berkualitas tuh ❓ Β eittss tunggu dulu mas bro tak lanjutin dulu ceritanya πŸ˜€

Memang Mio J ini usia nya baru 5 bulan tapi pas liat odometernya sudah hampir 20ribu km 😯 (habis dipake keliling Indonesia nih kayaknya πŸ˜† ), 5 bulan = 20ribu km berarti tiap bulannya rata-rata menempuh 4ribu km πŸ™„ (cukup sadis) , Lha mogoknya kenapa ❓ nah itu pas dicek sana-sini-situ ternyata yang bikin mogok itu gara-gara kompresinya hilang blasss πŸ™„ gejalanya kayak klep bengkok, nah untuk lebih pastinya lebih baik dibongkar az πŸ˜€

Nah pas bongkar bagian silinder head kok warnanya udah item n gosong banget ya ❓ wah ada yang gak ‘beres’ nih jangan-jangan nih motor gak ada olinya 😈 , pas di buka baut tap oli mak cessss oli yang keluar berwarna item pekat n jumlahnya paling sekitar 70ml doang 😯 (sadis) , coba dikonfirmasi ke empunya motor kapan terakhir ganti oli , dengan enteng dia jawab 2 bulan lalu 😯 , 5bulan=20ribu km , jadi rata-rata 1 bulan nempuh 4000km dan kalo 2 bulan gak ganti oli berarti 8000km gak ganti oli, atau dengan kata lain oli nya ‘dihajar’ sampe 8ribu km padahal kalo menurut aturan standart nya oli mesin diganti maksimal tiap 2ribu km, 8ribu km seharusnya sudah ganti 4x ini malah belum ganti sama sekali (sadis) . Kejadian ini mirip kejadian Mio Soul yang ada disini.

Gimana isi daleman mesin si Mio J setelah di’hajar’ tanpa oli, silahkan di cekibroot πŸ˜› :

keraknya udah numpuk πŸ™„

Motor baru 5 bulan keraknya udah kayak motor usia 2 tahun πŸ™„ , hitam dan kering .

kondisi silinder head sampe gosong πŸ™„

Gosong mas bro πŸ™„

kondisi noken as dan teman-temannya πŸ™„

Noken As dan teman-temannya juga ikut gosong πŸ™„

kondisi ring piston rusak tapi dinding piston masih mulus

Nah ini biang mogoknya mas bro, ternyata hilangnya tekanan kompresi bukan disebabkan oleh batang katup yang bengkok karena pas di bongkar kondisi katup masih baik-baik saja, melainkan penyebabnya adalah ring piston yang rusak, lihat az gambar diatas, ring pistonnya lengket atau kalo bahasa Jerman nya itu ceket/kantil sama piston gak bisa mekar lagi layaknya ring piston yang masih normal, pantes az kompresinya hilang πŸ™„ tapi yang bikin ane herman eh heran adalah kondisi pistonnya mas bro, liat az tuh dinding pistonnya baik-baik az gak baret blass πŸ˜€ , trus kondisi silinder a.k.a boring nya gimana ❓ Sama az mas bro gak beda sama pistonnya, kondisi silinder a.k.a boring a.k.a tempat naik turunnya piston yang diberi nama diasyl silinder ini juga masih mulus mas bro , gak percaya ❓ silahkan di cekibroot gambar di bawah πŸ˜€ ➑

kondisi permukaan silinder masih mulus gan πŸ™‚

Gimana masih mulus kan ❓ πŸ˜€ sesuatu hal yang ‘ajaib’ kalo melihat kondisi ring piston yang sudah rusak seperti itu ditambah sirkulasi oli sebagai pelumasan yang nyaris nggak ada sama sekali tapi silindernya masih mulus πŸ˜€ .

Lha terus yang diganti apa az di Mio J ini biar kembali normal lagi ❓

Yang jelas ganti piston beserta ring pistonnya, piston Mio J seharga 125ribu (lumayan mahal juga ya πŸ™„ ) dan ring pistonnya seharga 67ribu az ,trus seal klep sepasang seharga 40ribu (mumpung dibongkar sekalian di skir klepnya mas bro πŸ˜€ ) , sebenernya c ganti ring piston az dah cukup karena kondisi piston yang lama masih Ok tapi karena ring piston yang lama sudah kadung menempel dan merekat kuat di piston dan gak bisa dilepaskan yo wes sekalian az beli piston baru dari pada susah-susah πŸ˜› , wes gitu tok mas bro setelah semua part-part pengganti itu dirangkai kembali ke motornya ,isi oli mesin yang baru langsung pencet tombol starter langsung jreeennnggg… hidup normal lagi motor e πŸ˜€

Gimana mas bro Β sampeyan tertarik buat mencoba mengetest ‘ala anak jalanan’ juga ❓ Silahkan az deh, tapi resiko ditanggung sendiri ya ❓ :mrgreen: πŸ˜†

Jadi intinya sehebat apapun teknologi mesin motornya kalo dipake tok tapi nggak dirawat terutama oli mesinnya gak pernah di ganti ya sama az bo’ong πŸ˜› , cuman bedanya kalo pake yang mesinnya ‘canggih’ yang rusak itu cuman dikit πŸ˜› πŸ˜€

Yo wes lah sekian dulu curhatan ane kali ini, mohon maaf kalo ada kata-kata yang salah dan kurang berkenan. Silahkan dikomentari πŸ˜€

Oh iya biar mata nggak sepet liat silinder head yang gosong mending liat senyum manisnya nona Veranda az ya 😳 :mrgreen:

Sekian Salam Kenthoet πŸ˜€

Iklan

About kenthoet

ane bungsu dri 2 bersaudara,,,, ane pengen jd orng yg berguna bgi smw orng.... from zero to hero....

242 responses »

  1. bagas29ps berkata:

    Pertamax dong ahhhh

    • kenthoet berkata:

      selamat gas πŸ˜€ dapet pertamax diwarung sepi :mrgreen:

    • hendradharma berkata:

      Numpang komen diwarung teknisi ternakan ini.
      Produk gagal baru 5 bulan mesin jebol. Honda lawas puluhan tahun masih seliweran dijalan.

    • Ryan berkata:

      Admin: Komentar Anda adalah Semangat Saya

      http://www.microsoft.com/isapi/redir.dll?prd=ie&ar=hotmail

      CUCOK BANGET.

    • belalang tempur berkata:

      sori om kenthoet numpang cerita ya,pernah kejadian di(tahun 2008 km 80 ribuan) old blade temen,dgn kasus yg mirip,oli tinggal beberapa sendok makan,(pake oli repsol,di ganti sampe 5000an km/lupa ga di ganti),mesin masih hidup,tapi suara kasar,saluran oli mapet juga karena saluran oli tersumbat kerak2 oli,(mesin ga ngebul)cuma pas servis di ahass bintang cibinong disarankan di cek ama mekaniknya,karena ya itu oli tinggal dikit,akirnya mesin atas di bongkar,cam shaft,rra,bagus/ ga aus semua,cuma ya gosong,piston baret ama silinder baret(maklum lom pake teknologi motogp,hehe),akirnya di putuskan di korter,rincian biaya,piston kit hgp blade 96 ribu(piston,ring,pin piston,klip pinpiston),biaya korter 25 ribu,ongkos bongkar 60 ribu,total 181 ribu,mesin dah ok lagi,padahal klo perawatan normal mesin honda yg tanpa teknologi motogp aka diasil sil dan forged piston juga awet2 kok,so murah meriah juga ya?hehehe,

      • kenthoet berkata:

        iya mas lbih terjangkau πŸ˜€ , tpi eman2 juga,, mnding pake oli ‘biasa’ tpi rutin dignti drpda oli ‘branded’ tpi gak pernah d gnti πŸ˜†
        mio j it sbner’e ring seher doang yg kena, tpi ya itu ring yg rusak it gk bisa dilepas dri sehernya πŸ˜† udah lngket kyk perangko πŸ˜† jd kpaksa beli sher baru,mana mahal pula harganya πŸ™„

      • belalang tempur berkata:

        betul n se7mas kenthoet,saya juga selalu pake oli standar buat domba garut saya,fed xx,buat supra x 100 2004 juga pake oli itu,alhamdulillah sampe sekarang lom pernah turun mesin,cuma ganti rante keteng aja,beberapa kali,buat vega r 2005 saya juga pake yamalube(dipake sodara),cuma pas baru pernah rontok gigi 3 nya,tapi setelah itu ga ada masalh lagi di mesinya,

  2. bimo96 berkata:

    pertamaxxxxx…
    orang yg ga sayang motornya itu cuma tinggal make πŸ˜€ gk pernah inget kapan ganti oli πŸ˜€

  3. bimo96 berkata:

    waduh… kalah di lap terakhir 😦

  4. bagas29ps berkata:

    Yang make doyan turing yah?
    motor baru kok jarak temouh sampai segitu? wwdehhhh….. πŸ™„

  5. Rollerman berkata:

    kalau yang punya Mio J itu sih bukan ngetest anak jalanan,tapi anak sinting
    mesin gak ganti selama 3000KM aja rasanya gak enak,lha ini lebih dari 5000an KM.busyet,apalagi olinya Yamalube (dger2 sih kurang oke,mgkn lain kali bro bisa membahas ttg kebenaran ini)
    kalau gne pastinya gak bisa dklaim garansi ya bro??
    masih ada aja orang yang g ngerti cara merawat motor

    • kenthoet berkata:

      iya mas bro benar2 ‘sinting’ yg punya Mio J ini 😈 , wah selama ini Jupie ane juga pake yamalube terus mas bro n gak ada masalah tapi ya gitu 1000km dah tak ganti oli nya πŸ˜€ .
      wah klo kayak mio j itu ya jelas gak bisa di klaim mas bro , soale itu murni kesalahan user/konsumennya πŸ˜€ , nah itulah efek negatifnya gara2 gampng banget dapetin motor baru jaman sekarang,makanya orang jadi males ngerawat motor, soale kalo rusak ya jual n beli lagi yang baru πŸ™„

  6. Rollerman berkata:

    oh iya bro,kalau boleh saran tiap pelanggan mohon dberi wejangan (nasihat2) untuk merawat motornya.hehe yaa itung2 amal lha bro,kan kalau mekanik yg ngomong,100% bakal percaya n manut.yaa sekedar saran aja,gak dlakukan juga g masalah

  7. sinbe berkata:

    Ini baru forged piston bukan fogging piston. Emang teruji!

  8. z1rider berkata:

    otak si empunya Mio J pakai forget piston. *forget = lupaan. Lupa ngasih oli buat piston dkk. *Penyiksaan otomotif, edan…

  9. blueZ berkata:

    hehehe beh heum parah πŸ˜€ …

    bro berhubung sampean juga mekanik yamaha, ane mo tanya dikit…
    jupi z burhan kalo pake oli encer 10w-40(enduro racing) ada efek buruknya ga di kemudian hari??..;

    ane make oli encer bukan apa” si soalnya daerah ane tinggal sekarang termasuk daerah dingin di jogja. Dan karena daerah dingin ane mikirnya make oli encer aja biar mesin cepat hidup dan panasnya. Motor si kerjaan ga berat cuma bolak – balik kampus doank ama makan πŸ˜€ ..

    Thanks bro

    • kenthoet berkata:

      kalo menurut ane sih gak ada maslah mas asal oli nya rutin diganti az, lagian kalo pake oli lebih encer dari standart juga bikin akselerasi lebih nampol πŸ˜€

  10. DPC Paintwork berkata:

    guendeng!!!!! diasyl cillinder hamaya maut e…

    ve gimana gitu

  11. lho?

    kata kutangers fogging piston dan diasil silinder itu gak guna?
    kalo piston biasa gimana nasibnya ya? oblak? baret?

    😯

  12. DiWeb berkata:

    ane pernah ganti oli setelah 11rb km… * trip 70km/hari. spek oli 15w 50

    bang skalian mo tanya deh.. :D, mesin dlm kondisi langsam, ada suara spt “dok dok dok dok” itu knp ya?… kt temen ane itu dibagian kopling, tp dia ga yakin… ane blum sempet tanya bengkel/mekanik… mumpung dimari tanya sama ente aj deh.. thanks πŸ˜€

    • kenthoet berkata:

      wooh 11ribu 😯 ❓ lebih sadis berrti
      ‘dok..dok..dok..’ ya ?? coba pas langsam itu tuas koplingnya di tarik, masih ada gak suara dok..dok nya ?? klo pas tuas kopling di tarik suara dok..dok.. nya hilang n klo tuas koplingnya di lepas suara do..dok.. nya muncul lagi itu berarti yg bermaslah memang di bagian house kopling, biasa nya dumper nya house kopling n gigi sekunder sudah oblak

      • DiWeb berkata:

        tarik lepas kopling suaranya sama, tetep muncul, tp kalo langsam rpm nya dinaikin di atas 1000rpm.. suaranya jd ilang…

      • kenthoet berkata:

        oww itu berrti gak ada maslah mas cuma stasionernya az kekecilan IMHO , klo boleh saran sih mending lngsamnya dinaikan jdi standart az mas antara 1300-1500rpm soale klo lngsam terlalu kecil juga gk baik , terutama dlm pelumasan di silinder kop n pengisian batere . IMHO

    • kenthoet berkata:

      kalau piston biasa ya langsung pergi ke tukang kolter minta oversize mas :mrgreen:

      • RC110R Rider berkata:

        Kayaknya perlu diralat deh bro…bukannya piston biasa, tetapi silinder biasa…piston rusak, ya tinggal ganti…tapi kalo silinder rusak..yaudah mau tak mau harus di oversize dah…diasil emang lebih mantap, tapi z1 katanya dah ga diasil lagi ya??? trus gmana???masih guna gak tuh kalo yang awet piston doank…tapi silinder ndak sekuat piston???bisa oblak gak mas kalo silinder kena????

      • kenthoet berkata:

        emang Z1 gak pake diasyl silinder tapi pake spiny sleeves silinder yang ‘katanya’ lebih cepat melepaskan panas dibanding silinder konvensional ,nah karena sebagian besar mesin bebek n metik di indonesia itu ‘selonjoran’ maka gaya gravitasi juga berpengaruh dlm kerja mesin ,maka dari itu pemakaian forged piston sangat mnguntungkan karena selain bodynya lebih pendek n kompak (bidang yg bergesekan dgn silinder jg lebih sedikit) dibanding piston biasa tapi juga lebih ringan bobotnya πŸ˜€ ,apalgi dipadu dengan Thin ring piston (ring piston yg lebih kecil tapi lebih kuat πŸ™‚ dgn ring yg lebih tipis otomatis bidang yg bergesekan dgn silinder juga lebih kecil πŸ˜€ . lha trus knpa Z1 gk pake diasyl juga ?? setau ane biar bisa diboreup soale katanya tahun depan mau gantiin si burhan dibalap bebek kwek2 πŸ˜€

      • RC110R Rider berkata:

        @kenthoet: oh gitu ya brow, thaks penjelasannya…mantaplah ni z1….teknologi piston dan silindernya dah di depan new blade…tapi new blade ngimbangin teknologi forged dan diasil dengan pembatasan dah kayaknya…lihat aja limit dari rpm dan kompresi new blade kan dibawah jupi z1….biasalah honda, dia meracik motor supaya awet secara sistemik…bukan menonjolkan satu atau dua teknologi mesin….
        BTW, jadi penasaran nih ama performa real si z1…kalo cuma data ane ga puas bro, brow dizmaz yang punya blog z1rider ayo kita komparasi motor…hahaha

      • kenthoet berkata:

        iya mas kan sebuah motor itu dirancang untuk kebutuhannya masing2 , NHB mungkin dirancang untuk anak muda yg stylish , liat az difitur eksterior NHB lebih ‘wah’ dibanding Z1 , mulai dri RDB,bentuk knlpot yg menrut ane lebih modern dibanding Z1 yg cupu πŸ˜† , trus hdirnya livery motoGP trus disisi mesin juga dah lumyan karena CDI nya dah dual mapping πŸ˜€ . sedangkan si Z1 dirancang dengan menonjolkan ‘kekuatan’ di sisi engine dan teknologi injeksinya makanya ymahmud berani kasih limiter ECU yang diatas rata2 motor bebek jaman sekarang πŸ˜€ ….
        kalo penasaran mending mas bro pinjem motornya buat testride bisa punya tetangga/teman/relasi/kerabat yang punya Z1 biar mas bro punya gambaran gimana ‘rasa’ engine si Z1 , dripada komparasi di jalan raya, gak safety πŸ˜€ , (tapi kalo terpaksa sih gak papa sekali-sekali wkwkwkw :mrgreen: )

  13. juraganneon berkata:

    buset ganti oli tiap 8000 km, sisa oli tinggal 70ml, ini namanya ngancurin motor, ternyata Diasyl Silinder dan Forged Piston kuat juga ya padahal disiksa begitu, kalau piston biasa gimana jadinya tuh

    • kenthoet berkata:

      penyiksaan otomotip ini mas πŸ˜€ tidak motorsiawi blasss πŸ™„

    • padahal kata kutangers, piston ama silinder biasa juga cukup. yang penting RDB…

      πŸ˜†

      • Duwan berkata:

        Trus? Pada kenyataannya motor yang lama2 itu kok masih jalan ya? Bahkan yang kelahiran tahun 70&80 juga masih banyak. Ada sih yang gak ori, tapi tetep tahan tuh sampai sekarang.

      • Gantungan Kunci berkata:

        itu motor Honda yang lansiran 70 & 80 an masih ada sampai sekarang karena emang populasi motor honda jaman dulu paling buanyak. ga ngitung juga yang udah jadi barang rosokan dan rumpon dilaut, mungkin lebih banyak lagi dari motor2x buatan merk yamaha dan suzuki yang telah diproduksi era 70 & 80 an. makanya jaman dulu orang nyebut motor roda 2 itu Honda. karena emang jaman dahulu hampir semuanya dikuasai merk Honda.

  14. Chev Chelios berkata:

    Wow

  15. redbike92 berkata:

    coba yang punya diiket digudang dan diintrograsi dibawah sinar lampu neon putih
    sapa tau dia memang mau ngetest kekuatan diasyl cilinder Mio J-nya :mrgreen:

  16. hendradharma berkata:

    Ini blog isinya fbyahomo semua.

  17. Nichoz Ahmad berkata:

    Masbro mau tanya nih,, Jupter Z burhan ane kok getaran mesinya terasa bgt yah,, di tangan, fostep,, apalagi spion,,, kra kira apanya tu yg gak beres…

    • kenthoet berkata:

      wah getar ya mas ?? klo boleh tau apa sebelumnya jupi mas bro pernah di overhaul/belah mesin ??? coba az cek baut2 pemegang mesin/ engine mounting , trus baut tengah pengikat swing arm , n cek juga komstirnya mas πŸ˜€

      • Nichoz Ahmad berkata:

        kalau komstir emng udah agak oblag bro,, ama bengkel cma di benerin doang gak di ganti,,, gak ketara bgt si oblagnya,, kalau ngantem jalan yg gak rata(agak parah) doang
        ,,, emg ngaruh bgtt yah?

        kalau mesin sama sekali belum pernah di bongkar,,,

      • kenthoet berkata:

        ngaruh banget2 mas, pernah nih kawak atlhte milik temenku baut pengikat mesin ke rangka nya kendor 1 buah az (lupa gak dikencengin) getaran mesinnya ngalah2in getaran mesinnya skorpio klo di pake jalan πŸ™„

  18. Nichoz Ahmad berkata:

    ijin follow blog ya brow..

  19. gunungandul berkata:

    dia kira 2tak kali bro…

  20. Ndoro berkata:

    Keren. Ini baru pembuktian ala konsumen, bukan tipu2 klaim pabrikan doang.

  21. Endel berkata:

    Ini nih yang aku suka sama daleman yamaha….. “Buktinya dah jelas di paparkan di artikel ini…” Salut buat yamaha…!

  22. vixieg4744hk berkata:

    astaga…. motor ane aja 4 taon baru 30.000.. sadis…
    😯

  23. scorpion14 berkata:

    numpang nanya donk mas bro… saya ada masalah soal mio soul gt saya… setiap di kecepatan 40km/jam – 60km/jam terdengar bunyi ngrotok di bagian mesin… paling terdengar kencang klo di 40km/jam… itu kalau kita membuka gas secara konstan… sedangkan klo saya bejek gas untuk akselerasi.. suara itu hilang… saya ngerasa risih denger suara ini… apakah wajar atau emang karakter mesinnya seperti ini… kok rasanya masih lebih halus motor smash saya yg udah dari tahun 2004 ya >.< ,… jujur aja saya baru pake yamaha dan saya merasa saat ini kok merasa menyesal dengan pilihan saya… baru kli ini saya nyesel beli motor… beli motor pulsar aja saya puas bukan menyesal…

  24. taqi tiktak berkata:

    gimana nasib si mx ya? udah 1 tahun ga diganti tu oli tiap hari dipake pp ke kampus kurang lebih 40 km

  25. […] Duka airshow 2012Ngetest Kekuatan Diasyl Silinder dan Forged Piston ala Anak Jalanan..!! […]

  26. rider gunung MALINO berkata:

    untuk nga’ rontok smua…….
    tapi ve telah me “rontok”kan hatiku…….. πŸ™‚

  27. gunungandul berkata:

    rc80 family yg pantatnya menonjol itu kah?
    Kalo itu q jg prnah pnya

  28. 46@wezzsukses.com berkata:

    Permisi gan,tu yg punya mio j,hrusnya di laporin polisi aja,atas kasus penganiyaan…

  29. PuguhP berkata:

    5 bulan 20rb km, motor ane 1 bulan paling cuma 200ankm dan mungkin nggak sampe πŸ˜›

  30. bule kampung berkata:

    kelemahannya cuma satu mas bro,,, gak bisa over size,,, di tiap pabrikan biasanya udah mengaplikasikan teknologi piston anti gores,,umumnya terdapat di produk high end,,misalnya satria fu,,,mx,cs 1,ninja,dan motor sport. Cuma namanya berbeda. Kelemahan nya ya itu,,kalo piston jebol ya BANGKRUT. Karena gak bisa di oversize itulah makanya di bikin awet sekalian.jadi yahh,,jatuhnya sama aja.ehheheh…pake silinder biasa umurnya pendek tapi bisa naik koma,,kalo yang anti gores aweeet,,tapi kalo sempet jebol ya BANGKRUT.

  31. BangJeks berkata:

    wah mumpung ada mekanih yamaha skalian tanya gpp kan ya mas,
    mas, klo mesin panas trus bunyi “tek… tek.. tek..” di bagian blok/head mesin ntu knp y???
    suara trsbut jg mngikuti putaran mesin, jd klo di gas bunyiny jg tambah cepet..
    motor sy VegaZr nd scorpioZ dua2ny sm ky gtu

    • kenthoet berkata:

      wah kalo ‘mendeteksi’ suara2 yg ada di mesin itu rada2 susah mas klo nggak dengerin sendiri suaranya jadi maaf ya klo seandainya analisa ane ini salah πŸ˜€
      kalo di scorpio Z itu biasanya suara tek.tek.. nya berasal dari bagian katup (kalo ini menurut ane sih bawaan motor) CMIIW dan kalo di Vega ZR biasane suara tek..tek nya bisa berasal dri bagian rantai keteng/kamrat atau bisa juga dri bagian house kopling CMIIW
      untuk lebih jelas nya mending mas bro bawa ke BeRes atau bengkel kepercayaan mas bro az buat di deteksi suara2 ‘aneh’ di mesin spda motor nya mas bro berasal dri mana πŸ˜€

  32. lista de email berkata:

    when i come and see what you’ve posted i notice that they are always so good. lista de email lista de email lista de email lista de email lista de email

  33. silver account berkata:

    Awal na g cm buat coba2 aja beli 9power ini…. Td bis g pasang di tmpt na bro krisna g lgsg cb jln pulang… Eh gak di sangka… Tarikan motor jd enteng… Jd buat top speed lebi gampang… Untuk bensin g blm tau… Baru cb in jarak na… gak jauh seh….

  34. jeviaja berkata:

    wah abis berapa liter tuh bensinnya? πŸ™‚

  35. Yanda berkata:

    Salam kenal gan,klo seher mio J dipasang di mio sporty PnP apa ada ubahan?yah model Z1 deh,forged. Piston feat cilinder biasa(non dyasil).mohon pencerahannya gan.thx before

    • kenthoet berkata:

      bisa az mas tapi ada sedikit penyesuian soale ukuran pin piston antara Mio J n mio sporty beda, Mio J 13mm klo mio sporty 15mm , jdi lubang pin yg ada di stang piston hrus di sok dulu biar pas sma pin piston Mio J πŸ˜€

  36. Pardjo berkata:

    pantes motor ane masih bersih ketika dalemannya dibongkar stelah 6 tahun.

    cz ane sering ganti oli pling telat 1500km, dan rutin gnti filter oli tiap 8000km πŸ˜€

    • kenthoet berkata:

      joss mas ,, jupie ane malah tiap 1000km dah tak gnti olinya πŸ˜€ dan puji Tuhan sampe sekarang ring piston n piston nya masih OK pdahal odo dah 86rbu km lebih πŸ˜€ .
      ya intinya oli itu darahnya motor, jdi klo ‘darah’nya bersih otomatis mesinnya juga sehat πŸ˜€

  37. dony03 berkata:

    bro, mau tanya ni, motor ane klo ngantem jalan yg gak rata(agak parah) ato polisi tidur , bunyi ‘duk duk’ gt di bagian depan, kira2 penyebabnya apa ya? ap komstir yg uda oblak?
    klo di jalanan mulus c ga.

    trus klo carbon clear merk yamaha itu boleh di pake di motor karbu ga ya?
    ato khusus buat injeksi aja?

    • kenthoet berkata:

      klo maslah carbon cleaner itu universal mas,artinya semua motor boleh pakai, mau injeksi mau karbu, mau honda,mau yamaha, suzuki,kawasaki, bajaj, jialing,kanzen , tossa, viar semuanya boleh pakai kok πŸ˜€ ane juga pernah nyoba kok di Jupie ane , silahkan cek disini => https://kenthoetboreup.wordpress.com/2012/08/11/mencoba-khasiat-yamalube-carbon-cleaner-di-jupiter-z-ku/

      wahh coba di cek az, caranya motor dinaiki trus tarik tuas rem depan sampe poll, lalu silahkan di ‘enjot-enjot’ motor’e , klo pas di enjot2 tadi dibagian depan bunyi ‘ dek..dekk..’ ato ” tek..tekkk..’ berrrti bisa jadi komstirnya kurang kencang/ longgat atau bisa juga sudah oblak πŸ˜€

      • dony03 berkata:

        wow mantap, nanti ane mau coba d.

        ud di enjot-enjot, tapi ga ad bunyi β€˜ dek..dekk’, tapi ya itu klo lg jalan cepet, trus tiba2 di rem depan dngn keras, langsung kyk bergeser gt dan klo jalan rusak berasa banget, uda kyk mau copot aja..
        dl pernah di kencengin c dngn cara di ketok gt ama org bengkel resmi, trs katanya ga bs lg, klo terlalu kenceng ntr jd berat katanya.. apa harus di ganti ya?
        klo misal nya di ganti, ganti apanya ya?

        ———————————————————————————–
        mas, kalo mau mengubah soul GT biar ga AHO gmn ya? jd pake switch nya mio sporty..
        pake swicth mio sporty juga bisa mas tapi gak bisa langsung plek, masih butuh beberapa penyesuaian dikabel2 nya πŸ˜€
        ——————————-
        itu menghilangkan garansi ga ya?
        trus kan lampu senja soul gt itu kan bohlam
        kuning, nah rencan mau ganti LED biru, itu merusak kelistrikan ga ya? ato bikin tekor aki?

        beberapa penyesuaian dikabel2 nya πŸ˜€

      • kenthoet berkata:

        wahh..coba kapasitas oli sok depannya ditambahi az mas masing2 10 ml az di tiap tabung,mungkin gejala ‘ngebuang’ klo ngerem mendadak itu disebabkan krena shockbreaker depan yg terlalu empuk πŸ™‚ .
        naahh itu mas resikonya, Garansi kelistrikan bisa gugur karena ada ‘penyesuaian’ kabel tadi pas masang switch, tapi kalo mau ganti lampu LED ane rasa gak masalah mas πŸ˜€

      • dony03 berkata:

        ane coba enjot-enjot lg, ternyata bunyi β€˜ dek..dekk’ gt, klo gt komstir nya oblak dunk ya?

        klo di Soul GT, hal apa ya yg bisa bikin ECU rusak?

      • kenthoet berkata:

        coba dibongkar az mas komstirnya, dicek trus di beri grease/vet yg baru n bagus , klo komstir motor ane, ane kasih grease cvt ,n puji Tuhan masih awet smpe sekarang πŸ˜€

        biasanya yg bikin rusak itu penambahan variasi2 yg berhubungan dgn kelistrikan mas, seperti alarm dan teman2 nya πŸ˜€ , apalgi kalo masangnya asal nemplok az

  38. Martin J Potter berkata:

    Wonderful blog! I found it while searching on Yahoo News. Do you have any tips on how to get listed in Yahoo News? I’ve been trying for a while but I never seem to get there! Many thanks

  39. fnaufala berkata:

    nggilani, tp mulus tenan,,
    musti bilang woow sambil boker nih liat ketangguhan diasyl cylinder+forged piston,, :mrgreen:

    zrriders.wordpress.com

  40. dieta berkata:

    Selain menghujat dengan beragam kata makian, β€œGerakan Menuntut β€œAfriyani Susanti” Dihukum Mati” juga menuliskan bahwa sebagai manusia normal memang sulit untuk menerima sebuah kejadian tragis apalagi dengan pelaku yang arogan. Namun tidak ada salahnya jika sejenak kita melepaskan semua amarah membersihkan hati untuk mendoakan ketenangan bagi para korban yang meninggal, mendoakan kesembuhan bagi korban yang terluka, dan mendoakan kesabaran dan ketabahan bagi keluarga korban.Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto mengatakan jika ada masyarakat yang membuat gerakan itu merupakan suatu fenomena yang wajar, itu juga bentuk reaksi masyarakat terhadap peristiwa yang terjadi. β€œSaya rasa wajar, bukan berarti menyudutkan penegakan hukum tetapi hanya bentuk solidaritas saja. Saya yakin pasti mereka yang mendukung itu mengerti hukum,” ujar Rikwanto. Tetapi,lanjut Rikwanto, pihak yang berhak untuk menentukan suatu keputusan hukum adalah majelis hakim. β€œKita punya sistem pengadilan, pasti majelis hakim sudah menimbang rasa keadilan tersebut,” kata dia. KeluargaAfriyani Minta Maaf Hj Yurnely (51), ibundat Afriyani Susanti, berniat meminta maaf kepada keluarga korban.

  41. Hendra berkata:

    Om kenthoet πŸ˜€ .di sini ada postingan ttg Roller mioJ/SoulGT yg gampang peyang/penyok ga ?
    itu di grup FB Soul GT banyak yg korbanya roller peyang .motor baru KM 800-5000 udah peyang tuh roller .
    makasih om πŸ™‚

  42. sport user berkata:

    ijin share mas bro

  43. Bang mush berkata:

    Ajiiib…b’arti udah terbukti kecanggihan diasyl

  44. rama berkata:

    andaikan diasys silinder aus…..bagaimana buat kolter diasyl silinder?? sanggup ga mesin kolternya??

    • kenthoet berkata:

      nah setahu ane nih mas, diasyl silinder tidak disarankan buat di kolter, jadi klo suadh aus yo sebaiknya ganti silinder baru , seandainya di kolterpun hasilnya tidak akan mulus

      • BangJeks berkata:

        krn inilah blok diasyl silinder di di bilang “mahal”..
        susah di oversize!!
        jd klo kena/baret ya ganti boringnya…manteb toh

      • kenthoet berkata:

        iya mas, πŸ˜€ kayak kond*m yg sekali pakai lngsung buang :mrgreen:
        tapi banyak juga lho diasyl silinder yg di sok pake boring biasa klo dah aus, dgn alasan penghematan tentunya πŸ˜€

  45. riza berkata:

    yang aneh, kenapa olinya berkurang banyak yah? padahal olinya kan yamalube? wah mesti waspada yang pakai yamaha nih.

    • dono berkata:

      bener juga… gak diganti ngapa sampe habis gitu ya??? motor cbr250 ane gak ganti oli 6000km olinya gak bekurang setetespun… cuma jadi encer dan item pekat

  46. delias84 berkata:

    Bro kenthoet ikut nibrung yo, mau nanya sputaran motor ane nih, bole ya…
    1 Motor ane mx 2009 manual clutch, keknya rumah kopling dah agak oblak ( kalo lg manasin ato
    lari gigi 1 rpm rendah ada sura edek – edek ), nah untuk ngobatin penyakit tsb gmn ya bro?
    perlu di pantek ulangkah rumah koplingnya, ato mesti ganti kampas kopling?
    2 Dari shock depan ada suara “cethung” kalo pas lewatin brenjulan / poldur secara mendadak.
    Oli shock baru 2mingguan ane ganti, tp suara tetep ada.
    Kira kira ada apa bro dengan shock depan ane.
    Kalo bole di share cara isi ulang oli shock depan dong bro ketnhoet.
    Tks b4, artikel2nya lmyan bgus bro, bahasanya serius tp tetep santai & ngocol…

    • kenthoet berkata:

      1 .klo karet dumper house kopling yg sudah ‘kena’ biasane waktu stasioner ada suara deg..deg..deg.. dibagian kalter sblah kanan tmpt kopling tpi pas tuas kopling ditekan maka suara ‘deg..deg,,deg…’ akan hilang, pas dilepas deg3x itu muncul lgi brrti emg karet dumper kopling waktunya dignti πŸ˜€ , klo kmpas kopling di cek az dulu klo dah tipis yo d gnti skalian

      2 .itu suara dri shock depan apa komstir mas?? kok dri tnda2 nya mrip komstir yg oblak πŸ™„ , coba di cek dulu az komstirnya ,coba agak dikerasin , klo pas dikerasin suaranya ‘cetug’ nya ilang brrti emg komstirnya , tpi biasane klo komstir dikerasin handling jdi berat πŸ˜• , atau klo gtu mungkin kpasitas shocknya kurang brng kali masbro πŸ˜€
      isi ulng oli sok yo mudah to masbro tinggal buka tutup atas sok pke kunci L 10 klo gk slah CMIIW trus tinggal isi πŸ˜€

      • delias84 berkata:

        > Keknya sih karet dampernya yang kena bro…
        pokoknya pas lagi agak narik ( rpm rendah ) ada suara edek3x, tp di rpm tinggi suara ilang, getaran juga jadi alus.
        Kalo di pantek lagi aman ga ya brow, ato mesti beli beli baru se-set.
        Ane cek di http://www.yamaha-motor.co.id/spare-parts/ sih het. nya 360 rebu,
        kalo pantek kira kira habis berapa ya brow? ( mudah2an kisaran 100 yo, biar bisa buat taun baruan sisanya wkwkwkwkwkwk )

        > Kalo suara ” cethung” itu sih ane yakin dari tabung bro, karena setang ane settingannya kenceng, kalo buat belok ja setang bisa balik sendiri ke posisi stang lurus ( maklum masbrow yang nyeting rada -rada, mantan joki drag race ).
        btw tks brow dah bntu neh….

      • kenthoet berkata:

        kalo dipantek itu aman2 sja kok mas tapi biasanya gak begitu awet, klo dipantek biayanya ane yakin gak nyampe 100rbu mas πŸ˜€

        mungkin kapasitas oli sok nya kurang barangkali mas .IMHO CMIIW

  47. ariev_dunkta berkata:

    kebeneran nemu blognya punya mekanik yamaha πŸ˜€
    bookmars dulu ah hehe

    gan ane mau nanya nih, motor ane vixion, kalo deselerasi gas knalpotnya suka nembak, cara ngatasinnya gmn tuh?

    tenaga motor juga ngempos gan, spek vixion ane msh perawan semua, CO normal, bbm premium oplos pertamax92, odometer baru 9300 busi msh bawaan.

    satu lagi gan, velg NVL bisa di pasang ke OLV ga?

    • kenthoet berkata:

      coba businya di gnti az dlu mas, cos standrt yamaha tiap 6000km disarankan gnti busi , krna nembak di knlpot itu bisa juga krn pmbakarn yg kurang sempurna itu bisa jdi krna api busi yg kurang besar.. IMHO
      CO nya coba naikin +1 atau +2 mas ,

      utk velg aq blum tahu mas, blum pernah pegang velg e NVL soale πŸ˜€

      • ariev_dunkta berkata:

        oh ganti tiap 6000km toh.
        tapi kata mekanik langganan di beres yamaha, kebetulan tetangga ane hehe katanya busi ganti tiap 9000km.

        rencananya mau kanibal part2 NVL nih πŸ˜€

  48. emir99 berkata:

    Ijin follow blognya , gan… Arek sidoarjo yo ?! Koq plat W.. :mrgreen:

  49. pak tarno berkata:

    wong ediiiaaaaannn,, hahahaha btw sadis juga nih orang pegang mio J 8000km gak ganti oli, sisa oli cuma 70cc, wkwkwkwkwk
    gimana seandainya itu orang bawa beat yg masih pake silinder jadul? dah dijamin bakal ganti piston, boring, ring seher noken dll wkwkwkwk
    sadis coooyyy, ane aja oli biasa max 2000km

  50. joe dong berkata:

    SLAM kenal maze…..artikel yang bermutu supaya inget ganti oli & Perawatan mesin….giliran yang make maunya ganti oli mulu…..he he maap keceplosan….

  51. klx150 berkata:

    mas mau nanya,sproket set jupiter burhan bisa ga plug n’ play ama jupiter z 2010/robot???biar rante ga cpt kendor.rante jup z burhan kn agak gedean drpd yang jup z 115…….sblm dan sesudahnya trims

    • kenthoet berkata:

      bisa mas, tpi gir blkng burhan 36 mata sdngkan jupie 115 krbu 40 mata , klo gir burhan di pasang di jupie 115 nnti tarikan/aksel nya mlah lemot ,
      ato bisa di coba pake gir set jupi Z1 mas, ukuran rntai nya gede juga pke ukuran 428 kyk burhan

  52. 4ndy berkata:

    Cuman 1kata: SHARAP!!! Gotekku 5 bulan 8600 km ae tak pikir wis sakno mesine… Iki malah luweh edian…. Cuman bedane aku ganti oli mesin gak pake hitungan jarak, tapi pake perasaan (dicekel oli ne). Lek pelicin wes gak sepiro lunyu yo ndang cepet di ganti. Soale mesin sek mlaku tapi km mandek keno macet karo lampu abang. Dadi akhire yo rah ndelok km ae… Hehehehe

  53. marsudi(gendut) berkata:

    Wisss jian kebangeten sing duwe motorr hahahaha,salam kenal mas broooo!! uapik tenan ulasane blognya…

  54. jgn terlalu manja sama motor. motor skrg minim perawatan n oli skrg kualitasnya bagus smua. kecuali oli habis ato motor bnr2 kerja berat, ganti oli sebulan sekali ato tiap 2000km mnrt saya trlalu cepat. contoh nyata, moge2 kawasaki misalnya zx-10r ganti oli tiap 12.000km ato setahun sekali (berdasarkan buku manual resmi), pdhl mesin ky gini umumnya sering dibawa ngebut. moge2 yamaha (R1 misalnya) tiap 8000km ato setahun skali. oli sangat penting tp jgn sering dganti, krn produsen motor n oli buat produk agar konsumen gak sring kluar uang.

    • pandega berkata:

      Ya bener banget, tapi yg pasti Moge ga pake oli abal2 yg harganya 1 liter ga smpe 50rb, tpi pake oli yg bagus yg harganya seliter 150rb ++ kayak shel advce ultra, tnggal kaliin aja tuh berapa liter oli sekali ganti oli MOGE, klo mau pake yg bagus sih ga msalah motor cc kcil 12000km skali bru ganti oli, klo pake yg murah? masih berani ganti oli 12000km skali?

  55. eka bv berkata:

    waoooow diasil silinder n forged piston joooozzzzZ jg ternyata…….!

  56. Capit berkata:

    Oli yg bagus buat mio j apa ya?

    • kenthoet berkata:

      klo masih dlm masa garansi lebih baik pake oli yg direkomendasikan oleh pabrikan az mas πŸ˜€ , oli gk perlu mahal2 yg pnting sesuai dengn spesifikasi mesin n yg penting rutin diganti πŸ˜€

  57. irfan berkata:

    loh,bukannya mio j itu belum forged dan diasil ya? Kan yg udah itu mio gt.
    *Cmiiw

  58. Tukang Ojek berkata:

    Holaaa broww…
    Baca di blog par RT, trus coba brosing2 mio J
    http://ridertua.com/2013/03/22/belum-ada-setahun-aki-mio-j-soak-motor-mati-ti/

    Memang ada kelemahan di sistem elektrikal yamaha injeksi, khususnya mio J kah?? Selama ini ane miara motor2 bebek karbu. Repot juga kalo rusak-rusak mulu. Biarpun mesin awet kalo elektrikal memble ya samimawon toh ya.

    Tp ane rada illfeel juga baca artikelnya yang ini :
    http://ridertua.com/2013/03/24/diskusi-injeksi-honda-terbaik-di-indonesia-saat-ini/
    wong secara fisik bagusan yang lain. Mosok to kaya gitu? Keliatannya sih ga banget gitu loh. Coba bandingin buat kita2 dong, mana yang terbaik. Menurut ane sih, secara durabilitas. Kalo keiritan tinggal cobain aja di jalan. ya toh? Menurut ane si miong baru ini udah joss gandhos (pake motor pinjeman :-D).

    • kenthoet berkata:

      owh diblog pak RT itu ane sudah baca kok masbro, emg di tmpat ane ada beberpa kali mio j yg mngalami hal serupa yaitu aki koit , tapi setelah dilakukan pengecekan disemua sistem kelistrikan dan sistem pengisian baterai , semuanya masih NORMAL sesuai stndrt sprti dibuku manual service sepeda motor , artinya kemungkinan besar yg bermasalah ada di baterai/ aki itu sendiri , mnurut pnglaman ane biasanya umur aki akan lbih pendek jika motor itu jrng dipake jarak jauh ,misal hanya dipake antar jemput anak sekolah yg jaraknya gak lebih dari 5km , nah disaat itu frekuensi pemakaian elektrik strter akan lebih sering tapi tidak diimbangi dgn pengisian baterai dri motor itu sendiri, artinya motor baru jlan sebentar udh berhnti, pengisian belum sempurna udah dipake lgi buat double starter, jalan sbntar berhnti trus double lagi, klo sperti itu lama2 aki akan cpet koit IMHO ,

      Nahh kalo buat bandingin ane gak bisa masbro, soale ane belum begitu paham secra mndlam soal PGMFI tkutnya nnti malah mnyesatkan pembaca πŸ˜€ , tpi kalo smapeyan bertanya soal sistem FI nya Yamaha pasti akan ane jawab deh πŸ˜€ heheheh maslah klaim mengklaim kyk diblognya pak RT , semua pabrikan pasti juga gitu mngklaim sistem FI nya nomer 1 dan lebih baik dari kompetitor, mana ada kecap nomer 2 πŸ˜† semua jg pasti mngklaim klo kecapnya no.1 πŸ˜€

  59. budi berkata:

    klo suzuki Composite Electrochemical Material (SCEM) mas gmana kekuatannya?

    • kenthoet berkata:

      klo mnurut ane sih kuat juga mas, tergantung perawatan nya sja πŸ˜€ klo perawatannya bner silinder konvensional pun akan awet πŸ˜€

    • budi berkata:

      bgtu yah… ngerawatnya kudu rajin… oiya bro kenthoet bisa ga adain tulisan kendala punya motor matic atau klo punya motor matic masalah perawatannya musti apa aja sih yang harus di perhatikan karena selama inikan matic beda ma bebek.. seperti saya masih awam soal matic takut terjadi sama yang diatas klo masalah oli okelah tapi terkadang masalah dalemannya (cvt, kopling ganda, dll) sampai2 ada pengendara beat dan scoopy yang pas di buka cover vbeltnya (itu lho klo kita sevis cvt kan dibuka tuh covernya) pas dilihat ancur semua vbeltnya jadi bubuk ganti sampe 500rbuan kata pemiliknya.. tolong ya mas hehehe

    • budi berkata:

      wah langsung ke empunya oke nanti klo ad waktu saya add mas karena disini buat jejaring sosial di blok… wah saya jadi seneng bgt nh bisa langsung nanya… klo alamat fb saya buditasik16@yahoo.com

  60. Iky buted berkata:

    .gan mio sporty ane kan menggunakan piston gede tpe ga bisa d starter gimana ngatasinya tolong d balez k.no ini gan 087716312284

    • kenthoet berkata:

      mungkin rasio kompresi nya kegedean itu masbro, bkin elektrik strter stndrt gak kuat buat muter as kruk , jadi solusinya klo nggk turunin rasio kompresi yo ganti motor starter yg gede khusus buat mio bore up IMHO CMIIW

      • andhar bassitya berkata:

        gan ane mau nanya nih ane pnya soul gt tahun 2012. nah ini soul gt kalo dibawa jalan dia agak gag enak kayak goyang. nah tadi ane coba standar 2 trus ane tahan yg bagian blakangnya spaya ngangkat. ternyata stang dpannya agak belok kearah kanan. nah harga komstir buat Soul gt brapa yah?? thanks

      • kenthoet berkata:

        klo pas diangkat stang nya belok ke kanan itu mnurut ane normal mas, soale dibagian kanan setang kan ada kaliper cakran n piringan jdi scra otomatis yo lbih berat bgian kanan , gk normal itu klo pas diangkat stngnya gk mau belok alias lurus , bisa jdi krna stelan komstirnya terlalu kencang IMHO
        harga komstir mio klo nggak slah skitar 120-140 rbuan kang

      • andhar bassitya berkata:

        kalo goyang itu knapa ya gan dibagian stangnya?? soalnya ane kalo bawa ini SGT selalu agak oleng jga ke kanan. trus kalo nambah co kira2 brapa ya gan?? thanks

      • kenthoet berkata:

        hmmmm coba di cek kondisi ban depannya mas, brangkali ban nya ‘benjol2’ nggk rata ❓ n kondisi velg serta bearing roda jg di cek kondisinya
        klo mesin msih stdrt mnding di cek dulu hsil pmbkaran lewat kepala busi , klo warna putih bisa dinaikan angka CO +2 atau +3 , klo sudah coklat mnding biarin az segitu Co nya

  61. Nova berkata:

    mas bro, itu seher mio j bisa beli terpisah kan? maksud ane tanpa bloknya gitu..
    ane butuh bgt buat mio j ane tp kata beberapa bengkel jualnya 1 paket sama bloknya padahal bloknya punya ane masih oke, mohon sarannya bro, makasih

  62. RHS Blog berkata:

    maz bro knthoet ane new bie nih, ane mau nanya kalo rutin perawatan a.k.a service ganti oli itu, bagian atas piston kayak yang ada digambar diatas gak?kalo iya apa bermasalah?mohon pencerahannya

    • kenthoet berkata:

      Iya lama2 kpla piston pasti akan timbul kerak krna hasil proses pmbkaran masbro, jdi klo bisa usahakan lakukan servis besar tiap 40rbu km utk mmbersihkan bgian ruang bkar dan skir klep biar tnga mtor tetap trjaga

  63. arwan syaifuddin berkata:

    mas admin mohon analisanya. mengapa kasus kompresi hilang sering terjadi di yamaha mio j? mohon penerangannya mas..

  64. kenapa gan bisa sampai jebol gitu?
    kan mio j motor keluaran baru

  65. Inka berkata:

    buset,,,itu yang punya gila amat,,,8000 km oli gak pernah diganti babar blas,,,,
    punya saya saja tiap 1000KM udah ganti oli posisi motor jupiter z 2005,,,udah 9 tahun belum pernah bongkar mesinnya

  66. My partner and I stumbled over here by a different page and thought I may as well check things out.
    I like what I see so i am just following you. Look forward to going over your web page again.

  67. kentus berkata:

    Sma kya proyek yg sja hjar sekarang mas bro,mio j jga dh hmpir 2bulanan gk pernh gnti oli kta seng duwe mto sbuk trus ktaNy smpek lupa gnti oli smpek pistoNy jga ngancing tpi prah masbro,liner sak pistone baret..
    Tpi itu furing sbnerNy bsa dKtring gk bro mnrut pengalamn masbro..??
    Ne sya lgi tk psenein pistonY tok gk tk ktring lgi2 krna angaran mnim dSni ja piton yg dos wrna kning na 140 blom sma ringNy itu pun cman 1 toko,tpi itu ring pistony klo pkek punya e vega zr sma gk bro..??

  68. Y8 berkata:

    you’re in point of fact a good webmaster. The site loading velocity is amazing.
    It seems that you’re doing any unique trick. Furthermore, The contents are masterpiece.
    you have done a great activity in this topic!

  69. Homepage berkata:

    … [Trackback]

    […] Read More: kenthoetboreup.com/2012/10/21/ngetest-kekuatan-diasyl-silinder-dan-forged-piston-ala-anak-jalanan/ […]

  70. nawawi berkata:

    mas bro klo blokmio j ny cacat bisa d korter g??

  71. emulelay berkata:

    Ganti slinder blok nya… Maksud ny blok head 1 set gitu ms bro??….

  72. speed lover berkata:

    mas bro kalo motor jupiter z1 ane kok makin gk banter lagi larinya padahal baru 2 bulan tolong pencerahannya dan apa yang harus saya lakukan

  73. Tidak Ada Nama berkata:

    mau tnya ni om ….mx ane kl jln lepas stang lari ke kiri tp kl g lepas stang slu lari kekanan it knp y om komstir udh gnti 2x tp mslh ttp sma……stang jga terasa tdk lurus

  74. krr berkata:

    Slm knal masbro, sy pengguna mio soul injeksi baru baru ini mtr wkt sy pke jln 70an km tiba2 macet ndadak (spt ngancing) sya berhnti sejenak trs start lg &lanjut jln krn sya tengah di perjalanan,stlh itu mesin suaranya spt bunyi mesin jahit wlau g keras suaranya. Sya ke beres lah
    ngecek,saat tap oli ehh oli tinggal fdikit. Kt bengkel piston blok mgkn baret krn sya g da wkt bogkar

    • krr berkata:

      Jadi smntara ganti oli sj agar bs sampai tujuan dl. Yg ingin sya tnya bro, ap bnr indikasi tsb?ngancing ?lalu seher+blok utk soul injeksi hrs gnti 1set tdk bs hanya seher sj? Sya disodori ring+seher+blok ttl 400an biar suara mesin jahitnya yg samar2 itu hilang. Adasaran versi irit?

    • kenthoet berkata:

      Wahh masbro sring tlat gnti oli ya?? Klo sering tlat memng bs bkin piston n blok macet

      • krr berkata:

        Klo cm ganti piston nya sj emang g bs ya bro? Iya kmrn lpa mgkn km hmpr 2000 baru mo gnti oli lg..dan klo di tap knp kyk lenyap olinya ya? Emg klo matic ni klo 2000km trs tlt gnti oli trs kbakar gt ya olinya? Mtr msh 9blnan ini skrg kyk lost kompresi narik 70kpj berasa berat n bensin jd lbh boros

      • kenthoet berkata:

        Matic skarang disetel irit2 om, jdi mesinnya gmpang panas. Jdi klo oli nya sring tlat kmngkinan bisa brkurang volume nya karena pengupan berlebih

      • krr berkata:

        Maap pertnyaan ane brsa konyol..baru ini ambil matic masbro sya pk 2tak nya kaoskaki..klo olsam tinggal dkit kan idikator nyala jd g ngeh ngrawat matic hehe..

      • kenthoet berkata:

        Pokok e jgn sering tlat om oli nya . maximal 2000km sebaiknya dignti

  75. Rachmahaddy berkata:

    Bang mau tanya kalo Head sama Blok silinder mio J bisa di pasang ke mio lama gk?
    Ty

  76. Alief berkata:

    Mtrku zr bln dpn gnap 5 th,tp odometer dah 100rb lbh,ne malah dah 1rb lg(kalo dah 100rb kmbali 0 lg)

  77. muhammad muhtiar berkata:

    mas, motorku suprax 125 r. itu mau colter, jadi biar kembali normal blocknya di sock atau ganti block baru?????

  78. ahmad dp berkata:

    maz bro kalau motor tiap hari d ajak lari gaspoll mentok 80-120km/h (biasa ngejar bis eka wkwk) kira2 komponen piston,ring,pen,dinding blok cepet aus ndak.. tpi ane rutin ganti oli stiap 1500km yamalube n yg terahkir pkai oli mobil baru 2500km ngecek masih kentel co 2 ..
    nah kira2 cepet aus ndak secara ane rutin liat oli n mengganti nya bla perlu..
    motor ane yamaha x-ride . suwon

    • aa berkata:

      Ga herman sih, namanya engineer psti ngedesain komponen mesin ad yg lbih keras, cntohnya disc cakram pasti lbih keras dr kammpasnya . Nah dlm hal ini silinder block lbih keras dbnding ring piston.. hasilnya ring piston rusak silinder block ga kegores.. dlm dunia ilmu bahan biasa aj sih g ad yg wah..

  79. darus berkata:

    Bang saya punya mtor xeon soul gt 125 , keadaan mtor nyala sihh masih bisa jalan pas saya mau ganti oli nah oli nya ksoong ga ada sama sekali , di masukin lah oli baru sama saya nahh jadi nya ngebul jeluar asap .
    Pertanyaan saya bang ni , bisakah mtr yang saya puny itu di corter dan naik seher dikit gtu bang .
    Soalnya kata bengkel yg bongkarnya ngga bisa harus beli satu set seher sama blok seher nya
    Tolong di jawab ya bang
    Terimakasih banyak bang ☺

  80. kiki berkata:

    Mas kalo jialing evo matttic onderdil daleman blok sehernya yg cocok pkai onderdeal motor matic apa yyya mass? Sblumnya mkasih kalo mau membantu.

  81. akhmad berkata:

    mas mau tanya,

    silinder blok mio soul gt 125.apa bisa. di pasang ke soul gt. 115

Komentar Anda adalah Semangat Saya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s