Mas bro semua πŸ˜€ mau curhat nih dengerin yah πŸ˜‰ . Ok jadi gini kebetulan kemarin pas masih masa libur panjang idul fitri ada tetangga yang minta tolong ke ane buat nyervisinΒ sepeda motornya yang suka mbrebet-mbrebet , nah sebagai anak baik πŸ˜‰ tentu ane menyanggupi dong, itung-itung nambah ‘pahala’ dihari raya πŸ˜† .

Nah motor nya adalah Suzuki RC80 kelahiran tahun 1985 yang tak lain dan tak bukan adalah mantan motor nya bokap ane, yah motor ini dulu dibeli bokap ane dari seorang guru cewek pada akhir tahun 1990an (ane baru brojol ke dunia nih πŸ˜€ ) dan ini adalah motor ke-3 bokap ane yang sebelumnya juga pernah punya Yamaha RX-S yang ‘banter’ tapi dijual karena boros kata bokap , trus beli lagi Yamaha V80 yang akhirnya di jual juga karena buat membiayai adik-adiknya sekolah, nah yang terakhir ya beli Suzuki RC80 ini, kata bokap motor ini dulu irit banget trus dah gitu shocknya empuk n gak pernah rewel apalagi mogok, makanya bokap ane betah ‘memelihara’ ini motor dari tahun 1990 sampai terakhir motor ini ‘mengabdi’ di keluarga ane tahun 2011 yang lalu 😦 . Sedih juga sih, motor yang diberi nama si ‘Marko’ alias ‘Markonah’ sama bokap itu harus berpindah tangan. 😦Pas ane masih kecil, motor ini yang digunakan bokap buat ‘momong’ ane keliling-keliling RT, pas ane kelas 5 SD ane di ajari naik motor juga pake si “Marko” ini πŸ˜€ yah walaupun hampir saja nabrak pager gara-gara tarikan awalnya yang terlalu “nyuutt” maklum belum ngerti sensasi naik 2tak πŸ˜€ , Nah kenapa motor ini dijual ❓ yah karena di rumah ane sudah kebanyakan motor mas bro, ada Jupiter Z tahun 2006 buat ane, trus Suzuki Smash Tromol tahun 2003 buat abang ane trus Mio sporty tahun 2010 buat nganterin ibu kalo kepasar. Apalagi bokap sudah pensiun dan merasa sudah ‘tua’ makanya kalo kemana-mana milih naik yang praktis yaitu Mio, praktis motor ini banyak nganggurnya, jadi daripada Β nganggur mending dijual dan yang beli adalah tetangga ane sendiri,yah tetangga beda RT sih πŸ˜‰ .

Tetangga ane tertarik membeli si “Marko” karena sudah tahu riwayat motor ini kayak apa dari tahun ‘segitu’ sampe tahun ‘segini’ gak pernah pernah rewel apalagi mogok πŸ˜€ . Nah kebetulan beberapa hari yang lalu tiba-tiba az si “Marko” ini ‘ngambek’ yaitu mesinnya mbrebet-mbrebet,yo wes langsung az ane cek sekalian di service ringan lagian sudah lama juga si “Marko” nggak diservis πŸ˜€ sekalian nostalgia sama bebek bergigi 3 ini πŸ˜‰

Β Hmm.. dengan alat seadanya ‘jantung’ si “Marko” pun ane bedah n ane bersihkan menggunakan karburator cleaner, dan benar dugaan ane jantung si ‘Marko’ benar-benar kotor pantesan si dia batuk-batuk. Kelar jantung nya sekarang giliran bagian silinder head yg di bersihkan dan bener az kerak yang numpuk di kepala piston n ruang bakar banyak banget πŸ™„ hmmm.. dengan senjata ampelas ukuran 400 ane libas semua keraknya sampe kinclong πŸ˜€ trus untuk kerak di knalpot ,tetangga ane tak suruh bawa knalpotnya ke tukang las biar keraknya di bakar pake api las, soale kalo pake manual bakalan nggak selesai-selesai πŸ˜€ .

Ok setelah selesai semua tinggal dirakit dan hasilnya dengan sekali tendangan di kick starter si “Marko” sudah bisa ‘bernyanyi’ lagi walaupun suaranya agak cempreng n gak semerdu Ninja 250, tapi nyanyinya sudah lancar dan gak batuk-batuk lagi πŸ˜€ .

Dan pas ane test ride , WOW… πŸ˜€ sensasi 2tak yang dulu pertama kali ane rasakan pas kelas 5 SD nggak berubah πŸ™‚ tarikan awalnya tetep “nyuuuuttt” walaupun asap knalpotnya sekarang banyak banget 😦 ,oper gigi sedikit agak keras (mungkin kampas koplingnya udah mulai aus), dan cesss.. shock belakangnya memainkan perannya dengan sempurna kala polisi tidur yang gak terlalu tinggi ane libas di kecepatan 40km/j πŸ˜€ , beda kalo pake si Jupie yang kalo mau libas polisi tidur harus angkat bokong beberapa cm πŸ˜† , dan setelah puas bernostalgia muter-muter kampung dengan si “Marko” akhirnya ane serahkan juga si “Marko” kepada ‘tuan’ barunya πŸ˜€ , dengan senyum mengembang tuan baru si “Marko” Β mencoba menyodorkan beberapa lembar rupiah tanda terima kasih , tapi dengan sangat terpaksa ane menolaknya, karena bukan itu yang ane cari waktu itu tapi sebuah memori masa lampau yang ingin ane rasakan kembali πŸ˜€ *C#ok lebay :mrgreen: πŸ˜†

Oh “Marko” kenangan bersamamu tak akan kulupa πŸ˜€ , mengabdilah dengan tulus kepada tuan barumu seperti kala dirimu mengabdi kepada keluargaku πŸ˜‰ *lebay ,Su :mrgreen:

Hmmmm… kayaknya sudah kepanjangan deh , udah dulu ya curhatnya πŸ˜‰ kapan-kapan az dilanjut lagi, naahh daripada galau mikirin kenangan bersama si “Marko” mendingan liatin senyumnya Veranda 😳 yang makin hari makin bikin ane jadi ‘melintir’ :mrgreen: πŸ˜†

Sekian, Salam Kenthoet πŸ˜€

About Kenthoet Bore Up

pengen jadi bos, doain 😁

60 responses »

  1. kenthoet berkata:

    iya mirip2 RCV213 gitu lah πŸ˜†

    Suka

  2. kharis27 berkata:

    wow polisi tdr di hajar 40kpj .,,.
    liat pipinya veranda bikin gemes haha

    Suka

  3. kenthoet berkata:

    pipinya sama senyumnya Veranda bikin dunia berputar 2x lebih cepat **halah :mrgreen:

    Suka

  4. bagas29ps berkata:

    Motor legendaris nihh.., tapi klo di daerah saya ni motor malah dimodif trus dijadikan becak motor 😦
    Ehh bonusnya kali ini oke juga hehehe..
    #tetep pengen bonceng shanju πŸ˜€

    Suka

  5. kenthoet berkata:

    waah iya di tempat ane juga banyak yg dijadiin becak bro πŸ˜€ mklum motor tua
    lihat pipinya Ve cessss… bikin ‘melintir’ :mrgreen:

    Suka

  6. vixieg4744hk berkata:

    Nice post mas Jo… ngemeng2, tiap postingan psti ada fotonya Ve nih.. aseeekkkk… πŸ˜† 😈 😳

    Suka

  7. vixieg4744hk berkata:

    Eh, ntu giginya Ve koq ada “bemper”nya??? πŸ™„

    Suka

  8. kenthoet berkata:

    Yah sekedar curhatan az bro πŸ˜€
    laahh biasa bro yang nulis lagi kesengsem sama pesona nya si Ve yg makin hari makin ‘ceeessss’ :mrgreen:

    Suka

  9. vixieg4744hk berkata:

    ceessssss…. sslrruuuuuppp… :mrgreen:

    Suka

  10. touringrider berkata:

    jadi kelingan FR 80 ku yang warna putih. dulu SMU jaman jos2nya Tiger dan FizR amalah sy sukanya naik itu. sensasinya lain bro..

    Suka

  11. z1rider berkata:

    Walah, ujung – ujungnya mesti dihubungin ama Ve JKT48, hahaha πŸ™‚

    Suka

  12. axo92 berkata:

    uhuk.. uhuk..
    😳

    Suka

  13. brigade15 berkata:

    motor emang kalo udh nyimpen sejarah bakal berat bgt buat ngejualnya :mrgreen:
    http://brigade15.wordpress.com/

    Suka

  14. AndwiCF berkata:

    gak dkasih jamu Yamalube Carbon Cleaner bro??hahaha

    Suka

  15. redbike92 berkata:

    oalah namanya markonah toh πŸ˜€
    goyangan si markonah enak tuh, polisi tidur bisa disikat di 40kpj. Motor jadul memang katanya shockbreaker enak2

    oalah…
    Ve-JKT papat wolu behelnya kuning thow :mrgreen:

    Suka

  16. kenthoet berkata:

    iya bro mungkin biar “gak keluar jalur” kayak mpok Omas :mrgreen: πŸ˜†

    Suka

  17. kenthoet berkata:

    cegluuukk..cegluuukk..!! :mrgreen:

    Suka

  18. kenthoet berkata:

    iya sensasi motor 2tak bergigi 3 memang ‘sesuatu’ πŸ˜† sekarang suzy FR nya masih ada bro??

    Suka

  19. kenthoet berkata:

    wkwkwk biasa kan ane FBVe πŸ˜‰ :mrgreen:

    Suka

  20. kenthoet berkata:

    Batuk??? minum kombantrin wkwkwk :mrgreen:

    Suka

  21. kenthoet berkata:

    iya bro, berat banget kayak cinta ane ke si Ve *halah :mrgreen: πŸ˜† :mrgreen:

    Suka

  22. kenthoet berkata:

    wkwkwk dikasih jamu pasak bumi biar kuat :mrgreen: πŸ˜†

    Suka

  23. kenthoet berkata:

    iya tapi panggilannya “Marko” jadi biar agak kerenan dikit πŸ˜†
    eh jangan liat behelnya tapi liat pipinya cessss…. jadi pengen nyubit az :mrgreen:

    Suka

  24. vixieg4744hk berkata:

    lagian Omas kasihan juga.. mau di panggil “om” koq laki, mau panggil “mas” juga laki… :mrgreen:

    Suka

  25. kenthoet berkata:

    makanya biar gak bingung kamu panggil az dia “Beibh” wkwkwkwk :mrgreen: :mrgreen: πŸ˜†

    Suka

  26. vixieg4744hk berkata:

    ajegileeee…. 😯

    Suka

  27. ade berkata:

    jadi inget motor gw waktu kuliah dulu.. RC 80, oli samping irit, asepnya juga ga ngebul-ngebul, shocknya empuk, 3 gigi ada indikatornya lagi, suara knalpotnya standarnya merdu banget waktu pantengin gas (yg pernah punya pasti tau dah suaranya, susah bilangnya pake kata-kata hehehe)..

    Suka

  28. kenthoet berkata:

    wah iya mas bro suaranya “ngencring” gimana gitu, apalagi pas knlpotnya abis di bersihin kerak-keraknya πŸ˜€ , oli samping emang irit 1 liter buat 1 bulan πŸ˜€ , thnks dah mampir mas πŸ˜€

    Suka

  29. axo92 berkata:

    RC 80 tu bravo ya bro? πŸ˜•

    keselek busi. πŸ˜†

    Suka

  30. kenthoet berkata:

    bukan bro kakaknya bravo n adiknya suzy FR

    Suka

  31. axo92 berkata:

    oh.. 😳

    Suka

  32. axo92 berkata:

    klo bravo tu RC brapa? πŸ˜•

    Suka

  33. kenthoet berkata:

    RC100 mas bro mesinnya identik sama suzy tornado GX πŸ˜€

    Suka

  34. axo92 berkata:

    baru tau.. wkwk

    Suka

  35. kenthoet berkata:

    wlah kemana az πŸ™„ πŸ˜†

    Suka

  36. axo92 berkata:

    menggalau.. 😯 😳

    Suka

  37. kenthoet berkata:

    hadeeehh galau terusss :mrgreen:

    Suka

  38. shogun110tromol berkata:

    kalo aku punya RC80 sih ga akan dijual, sayang….

    *motor bebek 2 tak suzuki eksotis soalnya

    Suka

  39. kenthoet berkata:

    lha iya kan sampeyan itu suzuki lover mas :mrgreen: , sekarang dirumah tinggal si Smash az yg berlogo S πŸ˜€

    Suka

  40. shogun110tromol berkata:

    well…mungkin dulu iya, sekarang mah agak lebih universal kok :mrgreen:

    *tau AR125 kan mas? keren juga tuh yang itu

    Suka

  41. kenthoet berkata:

    AR125 ??? kayaknya pernah dengar deh πŸ™„ itu produk kawasaki ya mas ❓ maaf klo salah πŸ™„ maklum dulu gak tahu sekarang lupa 😳

    Suka

  42. shogun110tromol berkata:

    benar! nenek moyang wangsa KR150 :mrgreen:

    dan udah liquid cooled seingat saya, keren banget….

    Suka

  43. kenthoet berkata:

    wooohh πŸ˜€ , mau ngoleksi motor itu ya mas ❓ emang masih ada yang punya ya πŸ™„

    Suka

  44. shogun110tromol berkata:

    keliatannya ngga, bokap nyokap juga ga bakal ngebolehin motor 2 tak di rumah :mrgreen:

    segenerasi sama ErJi sih, cuma populasinya dikit banget

    Suka

  45. kenthoet berkata:

    iya klo RGR aq masih sering lihat, bahkan pernah nemu RGR stripingnya pink agak2 ungu yg lmpu blkngnya kayak tornado itu,masih kinclong banget dari body sampe krom yg di knlpot masih mulus kek motor baru, gila.. itu motor gak pernah dipake atau emg barang koleksi y πŸ™„ πŸ˜€

    Suka

  46. shogun110tromol berkata:

    hihi, bisa jadi dua2nya

    *dan kalo orangnya telaten banget,bisa jadi juga hasil restorasi, tapi nyari part bodi motor itu pasti susahna setengah mati

    Suka

  47. kenthoet berkata:

    wah iya mas maklum motor tua n termasuk langka juga πŸ˜€

    Suka

  48. Vic berkata:

    AR 125 Pakai rotary valve mas, Liquid cooled, monoshock pertama di indonesia…
    Juga motor eksotis yg pernah beredar di negara kita ini…
    Diproduksi awal th 80’an…
    Kalo RG series…awal 90’an…
    Beda 1dekade…(cmiiw yaa. )

    waktu itu, kalo ga salah…menyandang nama “binter” juga…
    Ga jauh beda keluarnya ama binter GTO…
    Dan….cuma sebentar aja diedarkan…krn binter gulung tikar.. 😦

    sedangkan RG series…
    Pertama keluar dgn lampu belakang n sein terpisah…
    Edisi ke2 yg ekor’nya mirip suzy Crystal..
    Nah, Edisi terakhirnya…yg ekor’nya mirip tornado series…

    Sekian….seingat saya..
    :mrgreen:

    Suka

  49. Vincent berkata:

    makasih banyak akan koreksiannya om πŸ™‚

    Suka

  50. kenthoet berkata:

    sip rukun πŸ˜€

    Suka

  51. munawar berkata:

    saya di rumah juga punya RC80, mas bro. Punya mertua, sekarang masih uennnak dipake. tapi kasihan saya sama si RC 80, kenapa? karena penggunaannya hanya kalau pergi ke sawah, cari pakan kambing.

    Suka

  52. kenthoet berkata:

    heheheh RC nya dipake buat ngarit ya mas πŸ˜† ya bgitulah mas nasib motor tua, hobinya kesawah πŸ˜€

    Suka

  53. Yudha Wiwaha berkata:

    saya juga penggemar RC, tepatnya RC100 JetCooled om tunggangan antik saya warisan ortu, tarikanya masih oke, (supra fit lewat..)

    Suka

  54. Yudha Wiwaha berkata:

    Wahh pasti si om sedih ya RC nya pindah tangan..
    (ikut lebay)
    Jujur Sedih sy baca narasi nya om diatas, hiks,,hiks… πŸ˜₯
    ::
    saya juga penggemar RC, tepatnya RC100 JetCooled om tunggangan antik saya warisan ortu, tarikanya masih oke, (supra fit lewat..)
    ::
    sy insyaAllah gk bkal ngejual RC100 kesayangan almarhum papa ku tercinta..
    sampe skarang motor itu bner2 sy rawat, biaya rawatnya kalo ditotal2 udah lewat 2jt (padahal kalo beli motor ini sekennya cuma 1,5jt)

    Suka

  55. KLJLK berkata:

    BROO RC 80 CABALETA BRAPA

    Suka

Komentar Anda adalah Semangat Saya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s