Salam hangat mas bro semua… πŸ˜€ ketemu lagi deh mas bro sama ane mantan personil SuJuΒ  :mrgreen: . Ok deh mas bro kali ini ane mau berbicara soal rem,lebih tepatnya tentang rem teromol belakang Yamaha, lha sampeyan tahu sendiri kan mas bro kalo motor-motor produksi Yamaha Indonesia itu hampir semuanya (kecuali new MX) mengadopsi rem tromol pada bagian belakangnya… yahh walaupun dari segi penampilan emang kalah mbois sama motor-motor yang sudah pake RDB tapi secara fungsi maahh ndak kalah pakem sama RDB nya “tetangga sebelah” (sambil lirak-lirik takut di bandem sama FBH) πŸ˜† . nah kali ini ane mau berbagi sedikit tips lagi nih tentang memaksimalkan rem tromol belakang Yamaha biar tambah pakem. Kebetulan cara ini sudah ane terapin di motor Yamaha Jupiter milik ane sendiri, nah gimana caranya???

Caranya gampang kok mas bro, sampeyan tahu Paha rem kan???, ingat ya paha rem bukan paha-paha yg lain lho ya πŸ˜‰ πŸ˜† atau bahasa londo nya itu bernama lever camshaft , ya benda ini emang fungsinya sebagai lengan pengungkit mekanisme pada rem tromol, nah benda inilah yang nanti kita ganti dengan ukuran yang lebih panjang. Nah kebetulan di motor Yamaha banyak pilihan paha rem yang lebih panjang dari punya nya Jupiter yaitu paha rem kepunyaan Yamaha Scorpio dan Yamaha Byson. FYI Β panjang paha rem orsi JupieZ cuma 9 cm sedangkan paha rem Scorpio sekitar 12 cm dan Byson 15 cm. Kebetulan ane pake paha rem kepunyaan Byson mas bro, kenapa ane milih paha rem Byson?? ya karena lebih panjang dari paha rem nya si Pio mas bro kan secara teori jika lengan pengungkit semakin panjang maka tenaga yg di perlukan sedikit tapi bisa menghasilkan torsi yang besar ( :mrgreen: sok pinter :mrgreen: ) sehingga tidak perlu menginjak pedal rem dalam-dalam waktu melakukan pengereman cmiiw.

ya part berkode 45P-F5355-00 ini juga murah kok mas bro harganya ndak nyampe 20rebu, dah gitu nyari nya mudah lagi ndak perlu inden Β 3bulan :mrgreen: , di bengkel resmi pasti ada kok part ini, dan asyiknya lagi masangnya ndak perlu susah-susah,pasang sendiri juga bisa kok karena tinggal PnP Β aza.. cuma berbekal kunci T 10 n kunci Pas 10 dah copot tuh paha rem πŸ˜€

^^nih perbandingan panjang paha rem JupieZ vs paha rem Byson, 😯 panjangnya hampir 2x lipat mas bro

Rasanya setelah pasang paha rem Byson ini ke Jupie, rem belakang jupie jadi semakin empuukk nan pakem. Pernah nyoba jalan konstan sekitar 50km/j lalu nyoba panic brakeΒ pake rem belakang az langsung Srroookkk….!! 😯 rem langsung ngunci n ban belakang jadi nyeret di aspal 😯 motor langsung berhenti total hanya dalam waktu beberapa detik aza,,, wah kalo pas hujan-hujan bisa bahaya nih kalo rem belakang terlalu pakem bisa ngepot-ngepot n ndlosor waktu panic brake πŸ™„ . Β Ahh gak papa sekarang kan sudah musim kemarau :mrgreen: ( ngeles Mode : on )

^^ paha rem nya panjang nan pakem πŸ˜€

Motornya lemot tapi rem nya pakem, apa kata dunia?? :mrgreen:

Demikian sedikit tips dari ane soal rem teromol , semoga berguna buat mas bro semua yang motornya masih Teromol Mania kayak motor ane :mrgreen: . Oh iya tips ini juga berlaku untuk semua motor Yamaha yang rem belakangnya masih teromol.

Ok deh semoga bermanfaat, Hari gini pake RDB…??!!?? KATROOKK….!!!! (FBY mode : On) wkwkwkwkw… :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: πŸ˜† πŸ˜†

monggo mana komentarnya??? πŸ˜€

Iklan

About kenthoet

ane bungsu dri 2 bersaudara,,,, ane pengen jd orng yg berguna bgi smw orng.... from zero to hero....

103 responses »

  1. zuhry berkata:

    minta info kabel gasnya dong bro…..tmen ane keliling kota nanya di dua dealer besar utama di sumbawa gak ada yang punya kabel gas jupie seri 1st edition….., apa tau substitusi pake apa??thx

    • kenthoet berkata:

      wah kalo jupi 1st edition PnP sama vegaR lama yg 105cc , emg agak susah cari sparepart nya kalo motornya dah di discontinou lebih dari 10tahun . kalo ada mungkin harus inden dulu mas bro πŸ˜€ . semoga bisa sedikit membantu

      • zuhry berkata:

        bedanya apa sih ama si jupiter Z??? ane ngertinya beda di tebengannya doang πŸ˜€ , thx nanya mulu πŸ˜€ (kali aja tau info)

      • kenthoet berkata:

        beda semuanya mas bro jupi 1st edition masih menggunakan enjin generasi crypton tapi minus balancer n kubikasinya masih 102cc dari bore x stroke = 49 x 54, sedangkan jupi yang pake ‘Z’ menggunakan enjin penyempurnaan dari generasi sebelumnya n di tambah lagi adanya piston cooling , pengapiannya full DC ,kubikasi lebih gede jadi 110cc bore x stroke = 51 x 54 ,n karbu juga lebih gede dari generasi sebelum nya.. πŸ˜€ semoga sedikit tercerahkan

      • zuhry berkata:

        sekalian ah… ama kabel speedometer kalo ada info yaa (siapa aja deh pemilik atau pernah nyemplak JUPIE) πŸ˜€ thx lg

  2. Zul berkata:

    Mantaaf….tips dari mz bro. Trima kasih sudah berbagi..

  3. Gogo berkata:

    safety makin nambah bro.. btw standartnya antara tromol vixion, scorpio n byson lbh pakeman mn bro?

  4. keripik berkata:

    hahaha,, mantab,, motor ane juga tromol mania kebetulan 1 merek,, πŸ˜€
    gak perlu pake rdb/paha siska eh paha rem byson,, motor cuma 8 hp doang ini πŸ˜†

  5. keripik berkata:

    nyangkut πŸ˜€

  6. valax berkata:

    nguwawor……cacak iki. …….hihihi…..nice post bro…..

  7. rr150se berkata:

    bukan nya nginjek rem nya jadi lbih dalem ya bro, paha rem yg panjang jadi jarak main nya juga lbih dalem. Kalo kampas masih tebel oke2 ajah, kalo dah agak tipis?

    • kenthoet berkata:

      makanya tak bilang makin empuk mas bro , kalo udah tipis ya tinggal di setel mas bro kan ada baut penyetelannya, kalo udah gk bisa di setel ya di ganti kampas rem nya πŸ˜€

  8. redbike92 berkata:

    hahaha kebetulan rem belakang JZ ane kurang pakem
    ganti pake punya Pio aja deh :mrgreen:
    pokoknya pakem πŸ˜€

    eh Pio kok lebih pendek daripada Byson ya, padhal secara mesin Pio 225cc, Byson 150cc, pasti banteran Scorpio thow hehe

    • kenthoet berkata:

      ane juga nggak ngerti mas bro, la wong paha rem Pio,vixie n King cuma 12 cm mas bro padahal motor banter semua, mungkin byson “barang-barang”nya gede semua kali y?? makanya butuh rem yang agak pakem masio motor e gak banter πŸ˜€ imho

  9. ipanase berkata:

    andaikan bisa dipasang ke megison, hmm

  10. kharis27 berkata:

    mantap ,.,.lebih pakem sama lebih kren ,.,.,.,.

  11. sinbe berkata:

    Zayang sekali blade tua ane masih tromol… Pake punya byson tar ga pas + di timpuk FBY :mrgreen:

  12. grandvblog berkata:

    Abis pasang lever yang lebih panjang, mesti pasang ABS tuh biar gak ngunci waktu ngerem…. makin top dah, rem tromol pake ABS…. wkwkwkwk….

  13. oman faqod berkata:

    kang..lha kalau GL-Max pake punyae Byson gmn?bisa ga?soalnya rada kurang pakem nih.. 😦

  14. warung DOHC berkata:

    siphh iki , memperpanjang lever arm = memperbesar moment puntir yang lebih besar dengan gaya kerja yang sama

  15. mariodevan berkata:

    kalo xeon gimana om??

    pake paha rondonya sapa πŸ˜€

    http://mariodevan.wordpress.com/2012/07/04/photography-book-tribute-to-simoncelli/

  16. hadi berkata:

    sama halnya dgn honda karisma atau supraX125, bisa pakai pahenye tigor yg lebih panjang…..ane juga pake pahe tigor di karisma ane……lumayan lebih pakem.

  17. axo92 berkata:

    klo miong panjangnya brapa cm masbro?
    cocoknya substitusi pake punya apa? harganya berapa?
    *pengen ambil punya byson yg poaanjaaang…:mrgreen:

  18. galah pengering berkata:

    injakan pedal jadi lebih dalam kah ?

    • kenthoet berkata:

      lebih empuk tepatnya mas bro bukan dalem

      • bow berkata:

        Lebih Empuk Tapi Dalem, saya sudah praktekan, akhirnya balik lagi soalnya terlalu pakem suka ngesot kalau jalan ada pasir, saya cukup puasa dengan ganti kampas punya scorpio pernya sama persis ngak perlu ganti, udah pakem banget kok, salam pecinta Jupi

      • kenthoet berkata:

        iya mas emang empuk soale kan lengan pengungkitnya makin panjang πŸ˜€ ,iya ane juga sering ngesot πŸ˜€ apalgi klo musim hujan wah2 hrus mengeluarkan seluruh skill buat mengendalikan motor pas ngerem soale kalo kena air rem blakang jadi super pakem πŸ™„ πŸ™‚

    • kenthoet berkata:

      yang ane tau c kabel rem nya di ganti miliknya skydrive mas bro… tapi ane lum pernah mraktekin jadi gak bisa bicara banyak takut malah menyesatkan ntar :mrgreen:

  19. cuplizzz berkata:

    jupi z ku tahun 2004 mas bro. jd tromol blkg msh pake yg kecil, mending pake pahanya king/pio/vixo ato byson ini yg susuwae? maturnuwun

  20. vajar07 berkata:

    wih, pengetahuan baru nih. Jupeku udah pake footstep underbound, rem tromolnya bolak-balik ngencengin. soalnya pake ban gede, lari kenceng terus. wkwkwk πŸ˜€ #roadrace punya
    bsok, cus k dealer. praktekin tipsnya mas gan πŸ˜€ makasih tipsnya

  21. andry naff berkata:

    mass broo klu misalnya yang pake footstep gimana,,,,???
    soalnya motor ane jup Mx

  22. D14L berkata:

    Klw byson pake paha siapa??… Paha Luna ya Upss..

  23. Les Pinggir berkata:

    gimana biar rem belakang mio bisa pakem…

  24. Sudah saya praktekin di Vixion ane gan. empuk n gk bikin pegel kalo lagi ngerem. Thanks atas info nya gan,

  25. armand berkata:

    Kalo rem jupiter ane pakem…tapi low pas dingin gtu….hahahah
    Kalo masalah gini gan…rem ane tu low abis kehujanan gtu jadi pakem gt..trus bisa teriak kenceng gt…jd pas ngerem bisa2 ban itu lgsg locked gt.Apanya y kira2 gan??

    • kenthoet berkata:

      coba dibersihkan dulu mas bagian rumah teromol dri kotoran/ debu2 sisa2 pengereman mgkin bisa mgurangi bunyi2an aneh ketika di rem , tpi klo pas ujan rem jupie ane juga jadi pakem bnget mas, bhkan lebih pakem dri ckram depan πŸ˜€

  26. dhedhe berkata:

    Kalau untuk astrea grand, bisa gak sih mas pake yg masnya saranin?

  27. Budhy berkata:

    walaupun ane telat info ny, Tp “thanks a lot” y Gan dh ngsih tips n trikny, mklum ane jug pke JupieZ 04.

  28. andri berkata:

    Tengkyu.. alias maturnuwun mas bro info paha byson’e..

  29. joseff berkata:

    hadeeeeeuuuuuuhhhhh rame bgt nih , hehehehe……. ogut dah praktekin di vega , pakem seh tapi kok dalem bgt nginjeknya padahal dah di setel, pa da yg salah ?>???

  30. z1eneos berkata:

    Om kasih penjelasan lagi dong cara kerjanya, knp kalo pake paha rem lbh pjg tbh pakem, thx :)) btw harganya brp itu? Hehe

  31. tguhte`a berkata:

    gmna klo motornya mio gan bisa pake paha bison pa gak…? thxz b 4

  32. bahrun32 berkata:

    Boleh jga bro ane punya lansiran tahun 2009,kurang pakem..pakem nya saat kampas nya habis di bersihin aj..

  33. jowelMX-CBS berkata:

    aku dah aplikasi paha rem byson di motor MIO, Jupiter MX 2006 dan Vario CBS 110… klo di vario sekalian ganti pernya(yang ada di kabel rem, bukan per kampas rem)..pake puya mio…jd nciiieeeettt dah…?

  34. adin berkata:

    mas klo knalpot jz 2004
    yg belk y ada baut 3, itu suaranya halus,, tapi knpa yh suarany gak kering/ heupe.

  35. irianto berkata:

    kalo dipasang di MIO bisa gak mz bro.
    tks. wass.

  36. Roy borok'z berkata:

    Pemakai jupiter z..kampas rem baru,pke paha rem byson…cara nyetelny gmn soalny klo agak pendek rodany seret?matur nuwun..

  37. Roy borok'z berkata:

    Maaf maz mo tny lg…klo pas msk gigi 1 trz bt angkatan,muni glek glek kyo mtr pke kopling manual..kira2 apane y maz??klo mtr pas stasioner mah alus…jupie thn 2006

  38. […] Tips n Trik : Bikin Pakem Rem Teromol Belakang Yamaha … – About kenthoet ane bungsu dri 2 bersaudara,,,, ane pengen jd orng yg berguna bgi smw orng…. from zero to hero……. […]

  39. itowexs berkata:

    pak tutup klep oli sering rembes gimana solusinya ya??tq

  40. mamanjosh berkata:

    wah bisa bahaya itu broh klo amat sangat pakem mah, tar bisa ndlosor di aspal klo lg balapan wkwkwkk :v

  41. Koko berkata:

    Katanya tromol jupiter 2006 keatas sama kayak RX king ya?

  42. dayat berkata:

    Kalau tutup tromol ke rumah tromol ada kerenggangan 4 mm gimana gan.soalnya ganti tutup tromol baru malah tambah renggang alhasil rem tromol nggak pakem sama sekali.solusi gimana mas bro

    Makasih

  43. ifal berkata:

    siang gan..
    mau nanya nih,, saya pke mtor jupitetZ..
    sya punya kendala dr rem blakang sma cakram depan,, kendalanya rem slalu bunyi padahal dmusim panas, meskipun sudah sering kali d bersihin. dan kampas juga masih pda bRu tp ttap berbunya apa penyebab nya y gan.. mhon solusi nya gan.. trimakasih..

  44. Luki berkata:

    Brarti yo kudu ganti as penarik rem (yg bentuke mirip kawat) tu yo gan kalo pasang paha punya byson ato vixie??

  45. aldi berkata:

    Mas kalo saya mau ganti tromol belakang vega r 2005, tromol belakang apa mas yg sama tanpa harus ngerubah ??

Komentar Anda adalah Semangat Saya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s