Salam hangat mas bro semua… πŸ˜€ ketemu lagi deh mas bro sama ane mantan personil SuJuΒ  :mrgreen: . Ok deh mas bro kali ini ane mau berbicara soal rem,lebih tepatnya tentang rem teromol belakang Yamaha, lha sampeyan tahu sendiri kan mas bro kalo motor-motor produksi Yamaha Indonesia itu hampir semuanya (kecuali new MX) mengadopsi rem tromol pada bagian belakangnya… yahh walaupun dari segi penampilan emang kalah mbois sama motor-motor yang sudah pake RDB tapi secara fungsi maahh ndak kalah pakem sama RDB nya “tetangga sebelah” (sambil lirak-lirik takut di bandem sama FBH) πŸ˜† . nah kali ini ane mau berbagi sedikit tips lagi nih tentang memaksimalkan rem tromol belakang Yamaha biar tambah pakem. Kebetulan cara ini sudah ane terapin di motor Yamaha Jupiter milik ane sendiri, nah gimana caranya???

Caranya gampang kok mas bro, sampeyan tahu Paha rem kan???, ingat ya paha rem bukan paha-paha yg lain lho ya πŸ˜‰ πŸ˜† atau bahasa londo nya itu bernama lever camshaft , ya benda ini emang fungsinya sebagai lengan pengungkit mekanisme pada rem tromol, nah benda inilah yang nanti kita ganti dengan ukuran yang lebih panjang. Nah kebetulan di motor Yamaha banyak pilihan paha rem yang lebih panjang dari punya nya Jupiter yaitu paha rem kepunyaan Yamaha Scorpio dan Yamaha Byson. FYI Β panjang paha rem orsi JupieZ cuma 9 cm sedangkan paha rem Scorpio sekitar 12 cm dan Byson 15 cm. Kebetulan ane pake paha rem kepunyaan Byson mas bro, kenapa ane milih paha rem Byson?? ya karena lebih panjang dari paha rem nya si Pio mas bro kan secara teori jika lengan pengungkit semakin panjang maka tenaga yg di perlukan sedikit tapi bisa menghasilkan torsi yang besar ( :mrgreen: sok pinter :mrgreen: ) sehingga tidak perlu menginjak pedal rem dalam-dalam waktu melakukan pengereman cmiiw.

ya part berkode 45P-F5355-00 ini juga murah kok mas bro harganya ndak nyampe 20rebu, dah gitu nyari nya mudah lagi ndak perlu inden Β 3bulan :mrgreen: , di bengkel resmi pasti ada kok part ini, dan asyiknya lagi masangnya ndak perlu susah-susah,pasang sendiri juga bisa kok karena tinggal PnP Β aza.. cuma berbekal kunci T 10 n kunci Pas 10 dah copot tuh paha rem πŸ˜€

^^nih perbandingan panjang paha rem JupieZ vs paha rem Byson, 😯 panjangnya hampir 2x lipat mas bro

Rasanya setelah pasang paha rem Byson ini ke Jupie, rem belakang jupie jadi semakin empuukk nan pakem. Pernah nyoba jalan konstan sekitar 50km/j lalu nyoba panic brakeΒ pake rem belakang az langsung Srroookkk….!! 😯 rem langsung ngunci n ban belakang jadi nyeret di aspal 😯 motor langsung berhenti total hanya dalam waktu beberapa detik aza,,, wah kalo pas hujan-hujan bisa bahaya nih kalo rem belakang terlalu pakem bisa ngepot-ngepot n ndlosor waktu panic brake πŸ™„ . Β Ahh gak papa sekarang kan sudah musim kemarau :mrgreen: ( ngeles Mode : on )

^^ paha rem nya panjang nan pakem πŸ˜€

Motornya lemot tapi rem nya pakem, apa kata dunia?? :mrgreen:

Demikian sedikit tips dari ane soal rem teromol , semoga berguna buat mas bro semua yang motornya masih Teromol Mania kayak motor ane :mrgreen: . Oh iya tips ini juga berlaku untuk semua motor Yamaha yang rem belakangnya masih teromol.

Ok deh semoga bermanfaat, Hari gini pake RDB…??!!?? KATROOKK….!!!! (FBY mode : On) wkwkwkwkw… :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: πŸ˜† πŸ˜†

monggo mana komentarnya??? πŸ˜€

About Kenthoet Bore Up

pengen jadi bos, doain 😁

104 responses »

  1. zuhry berkata:

    minta info kabel gasnya dong bro…..tmen ane keliling kota nanya di dua dealer besar utama di sumbawa gak ada yang punya kabel gas jupie seri 1st edition….., apa tau substitusi pake apa??thx

    Suka

  2. kenthoet berkata:

    wah kalo jupi 1st edition PnP sama vegaR lama yg 105cc , emg agak susah cari sparepart nya kalo motornya dah di discontinou lebih dari 10tahun . kalo ada mungkin harus inden dulu mas bro πŸ˜€ . semoga bisa sedikit membantu

    Suka

  3. Zul berkata:

    Mantaaf….tips dari mz bro. Trima kasih sudah berbagi..

    Suka

  4. Gogo berkata:

    safety makin nambah bro.. btw standartnya antara tromol vixion, scorpio n byson lbh pakeman mn bro?

    Suka

  5. keripik berkata:

    hahaha,, mantab,, motor ane juga tromol mania kebetulan 1 merek,, πŸ˜€
    gak perlu pake rdb/paha siska eh paha rem byson,, motor cuma 8 hp doang ini πŸ˜†

    Suka

  6. keripik berkata:

    nyangkut πŸ˜€

    Suka

  7. valax berkata:

    nguwawor……cacak iki. …….hihihi…..nice post bro…..

    Suka

  8. rr150se berkata:

    bukan nya nginjek rem nya jadi lbih dalem ya bro, paha rem yg panjang jadi jarak main nya juga lbih dalem. Kalo kampas masih tebel oke2 ajah, kalo dah agak tipis?

    Suka

  9. redbike92 berkata:

    hahaha kebetulan rem belakang JZ ane kurang pakem
    ganti pake punya Pio aja deh :mrgreen:
    pokoknya pakem πŸ˜€

    eh Pio kok lebih pendek daripada Byson ya, padhal secara mesin Pio 225cc, Byson 150cc, pasti banteran Scorpio thow hehe

    Suka

  10. zuhry berkata:

    bedanya apa sih ama si jupiter Z??? ane ngertinya beda di tebengannya doang πŸ˜€ , thx nanya mulu πŸ˜€ (kali aja tau info)

    Suka

  11. zuhry berkata:

    sekalian ah… ama kabel speedometer kalo ada info yaa (siapa aja deh pemilik atau pernah nyemplak JUPIE) πŸ˜€ thx lg

    Suka

  12. kenthoet berkata:

    sip silahkan di praktekin di motor sampeyan πŸ˜€

    Suka

  13. kenthoet berkata:

    kalo masih baru pakem semua gan, tapi kalo usia nya udah lebih dari setahun biasanya agak berkurang kepakeman nya πŸ˜€

    Suka

  14. kenthoet berkata:

    wah senasib sama ane mas bro… gas mentok cuma 90 km/j ndak perlu RDB ntar ban belakang malah seret :mrgreen:

    Suka

  15. kenthoet berkata:

    maaf nunggu moderasi dulu πŸ˜€

    Suka

  16. kenthoet berkata:

    wkwkwkwk.. :mrgreen: πŸ˜†

    Suka

  17. kenthoet berkata:

    makanya tak bilang makin empuk mas bro , kalo udah tipis ya tinggal di setel mas bro kan ada baut penyetelannya, kalo udah gk bisa di setel ya di ganti kampas rem nya πŸ˜€

    Suka

  18. kenthoet berkata:

    ane juga nggak ngerti mas bro, la wong paha rem Pio,vixie n King cuma 12 cm mas bro padahal motor banter semua, mungkin byson “barang-barang”nya gede semua kali y?? makanya butuh rem yang agak pakem masio motor e gak banter πŸ˜€ imho

    Suka

  19. kenthoet berkata:

    beda semuanya mas bro jupi 1st edition masih menggunakan enjin generasi crypton tapi minus balancer n kubikasinya masih 102cc dari bore x stroke = 49 x 54, sedangkan jupi yang pake ‘Z’ menggunakan enjin penyempurnaan dari generasi sebelumnya n di tambah lagi adanya piston cooling , pengapiannya full DC ,kubikasi lebih gede jadi 110cc bore x stroke = 51 x 54 ,n karbu juga lebih gede dari generasi sebelum nya.. πŸ˜€ semoga sedikit tercerahkan

    Suka

  20. ipanase berkata:

    andaikan bisa dipasang ke megison, hmm

    Suka

  21. kenthoet berkata:

    megison pake RDB nya TiRev ae mas bro πŸ˜€

    Suka

  22. kharis27 berkata:

    mantap ,.,.lebih pakem sama lebih kren ,.,.,.,.

    Suka

  23. sinbe berkata:

    Zayang sekali blade tua ane masih tromol… Pake punya byson tar ga pas + di timpuk FBY :mrgreen:

    Suka

  24. grandvblog berkata:

    Abis pasang lever yang lebih panjang, mesti pasang ABS tuh biar gak ngunci waktu ngerem…. makin top dah, rem tromol pake ABS…. wkwkwkwk….

    Suka

  25. oman faqod berkata:

    kang..lha kalau GL-Max pake punyae Byson gmn?bisa ga?soalnya rada kurang pakem nih.. 😦

    Suka

  26. warung DOHC berkata:

    siphh iki , memperpanjang lever arm = memperbesar moment puntir yang lebih besar dengan gaya kerja yang sama

    Suka

  27. mariodevan berkata:

    kalo xeon gimana om??

    pake paha rondonya sapa πŸ˜€

    http://mariodevan.wordpress.com/2012/07/04/photography-book-tribute-to-simoncelli/

    Suka

  28. hadi berkata:

    sama halnya dgn honda karisma atau supraX125, bisa pakai pahenye tigor yg lebih panjang…..ane juga pake pahe tigor di karisma ane……lumayan lebih pakem.

    Suka

  29. axo92 berkata:

    klo miong panjangnya brapa cm masbro?
    cocoknya substitusi pake punya apa? harganya berapa?
    *pengen ambil punya byson yg poaanjaaang…:mrgreen:

    Suka

  30. kenthoet berkata:

    joss.. tromol juga bisa pakem πŸ˜€

    Suka

  31. kenthoet berkata:

    wkwkwkw… pake RDB nya new blade lebih keren mas bro πŸ˜€

    Suka

  32. kenthoet berkata:

    wkwkwk emang ada teromol ber-ABS??? πŸ˜†

    Suka

  33. kenthoet berkata:

    langsung pasang RDB nya TiRev ae mas bro lebih nggantheng πŸ˜€

    Suka

  34. kenthoet berkata:

    joss πŸ™‚

    Suka

  35. kenthoet berkata:

    iya mas.. teorinya kayak gitu πŸ˜€

    Suka

  36. kenthoet berkata:

    kalo xeon sampeyan pake paha nya olla ramlan ae mas bro ups 😳 :mrgreen:

    Suka

  37. kenthoet berkata:

    ohh paha rem kharisma sama bang tigor juga PnP ya mas ?? siip info nya mas πŸ˜€

    Suka

  38. kenthoet berkata:

    mio kalo ndak salah 11cm mas bro, nah masalahnya ane juga belom pernah ngakali rem blkang mio mas bro jadi belum bisa ngasih info πŸ˜€ , maklum teknisi ecek-ecek yg ilmunya masih cethek 😦

    Suka

  39. galah pengering berkata:

    injakan pedal jadi lebih dalam kah ?

    Suka

  40. kenthoet berkata:

    lebih empuk tepatnya mas bro bukan dalem

    Suka

  41. axo92 berkata:

    waduh.. 😦

    Suka

  42. kenthoet berkata:

    yang ane tau c kabel rem nya di ganti miliknya skydrive mas bro… tapi ane lum pernah mraktekin jadi gak bisa bicara banyak takut malah menyesatkan ntar :mrgreen:

    Suka

  43. cuplizzz berkata:

    jupi z ku tahun 2004 mas bro. jd tromol blkg msh pake yg kecil, mending pake pahanya king/pio/vixo ato byson ini yg susuwae? maturnuwun

    Suka

  44. kenthoet berkata:

    kayaknya punya si vixion lebih cocok mas bro… thnks dah berkunjung πŸ˜€

    Suka

  45. Cuplizzz berkata:

    oke tks inponya. klo shock belakangnya biar empuk pakai seri yamaha yg apa? klo pake produk lain yg ori H**nda seri apa ya? bisa tidak ?

    Suka

  46. kenthoet berkata:

    pake punyanya Alfa atau F1ZR mas kalo produk lain bisa pake punyanya suzuki RC πŸ˜€

    Suka

  47. vajar07 berkata:

    wih, pengetahuan baru nih. Jupeku udah pake footstep underbound, rem tromolnya bolak-balik ngencengin. soalnya pake ban gede, lari kenceng terus. wkwkwk πŸ˜€ #roadrace punya
    bsok, cus k dealer. praktekin tipsnya mas gan πŸ˜€ makasih tipsnya

    Suka

  48. kenthoet berkata:

    siiip joss mas bro selamat mencoba πŸ˜€

    Suka

  49. vajar07 berkata:

    hihi, sip mas gan infonya πŸ™‚
    jadi pakem nih tromol blakangnya. #sriiiit

    Suka

  50. kenthoet berkata:

    Ok mas bro, salam tromol mania :mrgreen:

    Suka

  51. bow berkata:

    Lebih Empuk Tapi Dalem, saya sudah praktekan, akhirnya balik lagi soalnya terlalu pakem suka ngesot kalau jalan ada pasir, saya cukup puasa dengan ganti kampas punya scorpio pernya sama persis ngak perlu ganti, udah pakem banget kok, salam pecinta Jupi

    Suka

  52. kenthoet berkata:

    iya mas emang empuk soale kan lengan pengungkitnya makin panjang πŸ˜€ ,iya ane juga sering ngesot πŸ˜€ apalgi klo musim hujan wah2 hrus mengeluarkan seluruh skill buat mengendalikan motor pas ngerem soale kalo kena air rem blakang jadi super pakem πŸ™„ πŸ™‚

    Suka

  53. andry naff berkata:

    mass broo klu misalnya yang pake footstep gimana,,,,???
    soalnya motor ane jup Mx

    Suka

  54. kenthoet berkata:

    footstep resing mksudnya mas ?? ya sama az mas gk ad bedanya πŸ™‚

    Suka

  55. andry naff berkata:

    iya footstep resing..
    okelah klu gtu nanti saya coba…

    Suka

  56. D14L berkata:

    Klw byson pake paha siapa??… Paha Luna ya Upss..

    Suka

  57. kenthoet berkata:

    heheheh,,, 😳 :mrgreen:

    Suka

  58. Les Pinggir berkata:

    gimana biar rem belakang mio bisa pakem…

    Suka

  59. Sudah saya praktekin di Vixion ane gan. empuk n gk bikin pegel kalo lagi ngerem. Thanks atas info nya gan,

    Suka

  60. kenthoet berkata:

    ok sma2 mas πŸ˜€

    Suka

  61. armand berkata:

    Kalo rem jupiter ane pakem…tapi low pas dingin gtu….hahahah
    Kalo masalah gini gan…rem ane tu low abis kehujanan gtu jadi pakem gt..trus bisa teriak kenceng gt…jd pas ngerem bisa2 ban itu lgsg locked gt.Apanya y kira2 gan??

    Suka

  62. kenthoet berkata:

    coba dibersihkan dulu mas bagian rumah teromol dri kotoran/ debu2 sisa2 pengereman mgkin bisa mgurangi bunyi2an aneh ketika di rem , tpi klo pas ujan rem jupie ane juga jadi pakem bnget mas, bhkan lebih pakem dri ckram depan πŸ˜€

    Suka

  63. dhedhe berkata:

    Kalau untuk astrea grand, bisa gak sih mas pake yg masnya saranin?

    Suka

  64. kenthoet berkata:

    kurang tahu jg mas, soale ane blum pernah nyoba tips ini k motor selain yamaha πŸ˜€

    Suka

  65. Budhy berkata:

    walaupun ane telat info ny, Tp “thanks a lot” y Gan dh ngsih tips n trikny, mklum ane jug pke JupieZ 04.

    Suka

  66. kenthoet berkata:

    OK masbro sma2 , thnks juga dah mmpir n komen2 disini πŸ˜€

    Suka

  67. andri berkata:

    Tengkyu.. alias maturnuwun mas bro info paha byson’e..

    Suka

  68. kenthoet berkata:

    OK sip masbro πŸ˜€

    Suka

  69. joseff berkata:

    hadeeeeeuuuuuuhhhhh rame bgt nih , hehehehe……. ogut dah praktekin di vega , pakem seh tapi kok dalem bgt nginjeknya padahal dah di setel, pa da yg salah ?>???

    Suka

  70. kenthoet berkata:

    emg bgitu masbro , soale lengan pengungkit ny jdi pnjng akhirnya ‘injekan’ pedal remnya jdi empuk

    Suka

  71. joseff berkata:

    wah sayangnya ane ga suka klo nginjek pedal rem dalem, jadi ya balikin semula aja deh !!

    Suka

  72. z1eneos berkata:

    Om kasih penjelasan lagi dong cara kerjanya, knp kalo pake paha rem lbh pjg tbh pakem, thx :)) btw harganya brp itu? Hehe

    Suka

  73. kenthoet berkata:

    ilmu fisika masbro, ttg torsi , silahkan dipelajari lagi πŸ˜€
    harganya klo nggak slah inget 20rbuan

    Suka

  74. tguhte`a berkata:

    gmna klo motornya mio gan bisa pake paha bison pa gak…? thxz b 4

    Suka

  75. kenthoet berkata:

    gak bisa kayaknya bro,

    Suka

  76. bahrun32 berkata:

    Boleh jga bro ane punya lansiran tahun 2009,kurang pakem..pakem nya saat kampas nya habis di bersihin aj..

    Suka

  77. jowelMX-CBS berkata:

    aku dah aplikasi paha rem byson di motor MIO, Jupiter MX 2006 dan Vario CBS 110… klo di vario sekalian ganti pernya(yang ada di kabel rem, bukan per kampas rem)..pake puya mio…jd nciiieeeettt dah…?

    Suka

  78. adin berkata:

    mas klo knalpot jz 2004
    yg belk y ada baut 3, itu suaranya halus,, tapi knpa yh suarany gak kering/ heupe.

    Suka

  79. kenthoet berkata:

    Iya soalnya setahu saya didalamnya ad semacam glasswool shingga suarany jdi alus

    Suka

  80. irianto berkata:

    kalo dipasang di MIO bisa gak mz bro.
    tks. wass.

    Suka

  81. Roy borok'z berkata:

    Pemakai jupiter z..kampas rem baru,pke paha rem byson…cara nyetelny gmn soalny klo agak pendek rodany seret?matur nuwun..

    Suka

  82. kenthoet berkata:

    Disetel agk dlam dlu az bro, nnti klo kmpasnya udah agak2 keras baru setel pendek

    Suka

  83. Roy borok'z berkata:

    Maaf maz mo tny lg…klo pas msk gigi 1 trz bt angkatan,muni glek glek kyo mtr pke kopling manual..kira2 apane y maz??klo mtr pas stasioner mah alus…jupie thn 2006

    Suka

  84. kenthoet berkata:

    Mngkin kopling gndanya broo cmiiw

    Suka

  85. […] Tips n Trik : Bikin Pakem Rem Teromol Belakang Yamaha … – About kenthoet ane bungsu dri 2 bersaudara,,,, ane pengen jd orng yg berguna bgi smw orng…. from zero to hero……. […]

    Suka

  86. itowexs berkata:

    pak tutup klep oli sering rembes gimana solusinya ya??tq

    Suka

  87. kenthoet berkata:

    Ganti karet o-ring tutup klep nya bro

    Suka

  88. mamanjosh berkata:

    wah bisa bahaya itu broh klo amat sangat pakem mah, tar bisa ndlosor di aspal klo lg balapan wkwkwkk :v

    Suka

  89. Koko berkata:

    Katanya tromol jupiter 2006 keatas sama kayak RX king ya?

    Suka

  90. kenthoet berkata:

    Iya.. Diameternya lbih besar

    Suka

  91. dayat berkata:

    Kalau tutup tromol ke rumah tromol ada kerenggangan 4 mm gimana gan.soalnya ganti tutup tromol baru malah tambah renggang alhasil rem tromol nggak pakem sama sekali.solusi gimana mas bro

    Makasih

    Suka

  92. ifal berkata:

    siang gan..
    mau nanya nih,, saya pke mtor jupitetZ..
    sya punya kendala dr rem blakang sma cakram depan,, kendalanya rem slalu bunyi padahal dmusim panas, meskipun sudah sering kali d bersihin. dan kampas juga masih pda bRu tp ttap berbunya apa penyebab nya y gan.. mhon solusi nya gan.. trimakasih..

    Suka

  93. Luki berkata:

    Brarti yo kudu ganti as penarik rem (yg bentuke mirip kawat) tu yo gan kalo pasang paha punya byson ato vixie??

    Suka

  94. kenthoet berkata:

    Gak perlu bro.. Pake kwat yg ori masih bisa kok

    Suka

  95. Septian Dwi Herlangga berkata:

    Oh iya mas , saya pemakai jupiter tahun 2001, mau tanya ? Kalau tromol belakang mau saya ganti pakai jupiter z yang besar tromolnya, apa aja yg di ganti ya ? Di tunggu balasanya.

    Suka

  96. kenthoet berkata:

    Harus gnti tromol satu set sklian sma tutup nya jg bosh2an nya jg

    Suka

  97. aldi berkata:

    Mas kalo saya mau ganti tromol belakang vega r 2005, tromol belakang apa mas yg sama tanpa harus ngerubah ??

    Suka

  98. kenthoet berkata:

    Tromol yamaha cripton atau yamaha alfa

    Suka

  99. matzani berkata:

    mantap mas bro terus berinovasi mas broo

    Suka

Komentar Anda adalah Semangat Saya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s