Hallo.. mas-mas n mbak-mbak yang berbahagia 😀 seperti biasa blog nggak penting ini update tulisan yang gak penting juga 😀 , oke lah no problemo, Mas bro semuanya di kesempatan kali ini ane mau share lagi pengalaman ane bersama Jupiter biru kesayangan ane  😀 ,…..

kejadian nya c sekitar 1 minggu yang lalu tapi baru bisa ngeshare sekarang ,inilah kali pertama sejak turun dari dealer Jupiter ane mengalami yang namanya mogok , dulu pernah juga c mogok tapi mogok nya gara-gara kehabisan bensin (maklum lah waktu itu kan masih sekolah jadi uang saku gk cukup buat beli BBM :mrgreen: ). Tapi kali ini beda mogoknya bukan karena kehabisan BBM mas bro karena isi tangki pada saat itu full gak setengah-setengah…. memang waktu pulang kerja agak gerimis-gerimis kecil, sambil nunggu biar gerimisnya agak reda, seperti biasa ane panasin dulu deh motor ane, dari situ az dah terasa kok motor ane agak mbrebet2 gimana gitu tapi ane gak curiga ,pikir ane ah mungkin mesinnya masih dingin nanti kalo panas juga ilang2 sendiri mbrebetnya’. Eh ndilalah sampe 3 menitan kok masih mbrebet juga?? tanpa ambil pusing mumpung masih di bengkel ane ambil deh obeng minus kecil buat nyetel karbu , ane borosin dikit dari  biasanya eh udah agak mendingan, Ya udah karena gerimisnya ndak reda-reda langsung az tancap gas, nah itulah pas ndek jalan terasa lagi mbrebet2 nya malah lebih parah tapi motor masih bisa jalan. nah lama2 kok tambah parah nih tiap masuk gigi 3 kayak motor yang direm trus di gas di rem lagi  trus di gas lagi wes kayak gitulah kira2, akhirnya daripada motor mati total ane pakai gigi 2 az… lama-lama kok nggak sabar juga mosok harus pelan2 terus kapan nyampe rumahnya?? nekat deh buka gas langsung masukin gigi 3 langsung brebet dan cetheeessss..teeesss..teess!!  terdengar suara kayak ada kabel korslet lalu pleeesss mati total…(dalam hati) Danc##k..!! mogok 👿  terpaksa minggir deh. ane  coba starter2 lagi nggak mau hidup sempat bingung juga soale ndak bawa alat apapun e.. tak diemin 5 menitan tak starter lagi mau hidup tapi agak mbrebet n terdengar suara kabel korslet lagi. Sempat khawatir wah jangan2 motorq ada bom nya??? :mrgreen: akhirnya nekat  dipake az tapi cuma gigi 2 ntar az di rumah tak lembur e  nih motor 😀 .

Setelah sampe dirumah langsung az deh di cek satu2 mulai dari kompresi, karena gak punya copression gauge jadi cukup pake jempol gauge buat cek kompresi :mrgreen: , Ok kompresi masih besar terbukti karena jempol ane terasa panas banget terkena tendangan kompresi :D, lanjut cek sistem bahan bakar,mulai dari tutup tangki, slang bensin n slang vakum lalu karburator. Ok semuanya normal juga bahkan spuyer2 ndek karbu juga masih bolong semua nggak tersumbat. Terakhir cek pengapian mulai dari busi,koil dan teman2 nya berhubung di rumah gak ada AVO meter jadi ngeceknya pake jurus kecres gauge ( bahasa indonesianya apa ya?? 🙄 ) semuanya Ok percikan api businya juga besar… Langsung aza starter dan motor pun hidup tapi suara cethesss..tesss…tess kayak kabel korslet muncul lagi, ane tengok-tengok di bagian koil… 😯 ternyata ada arus listrik  loncat-loncat diantara kabel koil dan kabel kopling,karena ane bongkarnya di teras rumah yg agak minim cahaya ( maklum dah jam 7 malem ) jadi loncatan listriknya kelihatan jelas banget.. Trus ane gas agak gedhe, arus listrik yg loncat-loncat tambah gede juga lalu motor mbrebet lagi dan pleeesss mati lagi…

^^ biang keroknya kabel kopling 👿

wah ketemu juga penyakit e 😀 ternyata ada hubungan pendek antara kabel koil dan kabel kopling,tapi anehnya kok baru sekarang mogoknya padahal ane masang kopling di jupiter udah hampir 2tahunan trus posisi kabel koplingnya juga dari dulu disitu?!?!? 🙄 , akhirnya gak pake lama langsung az bongkar headlamp buat mindah jalur kabel kopling dari sisi kanan box filter dipindah ke sebelah kiri box filter untuk menghindari kabel kopling bertemu dengan koil,ane lewatin kabelnya di sela-sela rangka tengah dibelakang koil.

^^kabel kopling pindah jalur biar gak korslet lagi

^^ posisi kabel kopling sekarang berada di belakang koil

Yahh setelah kabel kopling pindah jalur,coba tak starter lagi… dan greeng… nggak mbrebet n gak bunyi cetheess…cethess lagi.. coba di geber2,, wesss mesin normal bisa teriak hingga limiter.. wah lega akhirnya sembuh juga motor ane 😀 , walaupun sepele tapi sempat dibuat bingung juga 🙂 . Ok mas bro  sory ya kepanjangan soale ane nggak bisa nulis artikel yg pendek tapi berkualitas, bisanya cuma ngobrol ngalur-ngidul nggak karuan kayak gini :mrgreen: .

Ya udah deh sekian curhatan nggak mutu ini,ane yakin sampeyan yang baru mbaca tulisan ini langsung pengen muntah ya?? yo wes muntahin aza semuanya di kolom komentar 😀 . salam

Iklan

About kenthoet

ane bungsu dri 2 bersaudara,,,, ane pengen jd orng yg berguna bgi smw orng.... from zero to hero....

92 responses »

  1. gunungandul berkata:

    sip…

    • kenthoet berkata:

      😀 pertamax di sini murah cuma rp. 4500 :mrgreen:

    • WINDY berkata:

      Ass..saya sangat bersyukur kepada ALLAH karna atas kehendaknya yg telah mempertemukan saya dgn KI MANDALA dan atas bantuan AKI yg melalui jalan togel ini saya sekarang bisa sukses dan sudah mempunyai usaha sendiri,nomor ritual KI MANDALA memang selalu tepat dan terbukti dan bagi anda yg ingin sukses seperti saya silahkan hubungi Beliau di 082-348-985-714 saya sih dulunya tidak percaya tp klau dipikir2 tidak ada salahnya juga saya coba mengikuti prediksi KI MANDALA dan ternyata ALHAMDULILLAH berhasil,,!

  2. nanared berkata:

    ada kabel yang bugil juga kali mas bro,sekalian di isolasi dulu biar tambah aman,tu bak kopling aftermarket ataw bak kopling asli yang di lubangi,
    http://nanared.wordpress.com/2012/05/24/review-ban-irc-nr-25-setelah-19-bulan-pemakaian/

    • kenthoet berkata:

      waah udah tak cek semuanya om, n udah di pastikan tidak ada yang bugil kabelnya :mrgreen: , bak kopling nya pake yg aftermarket om merk TDR, kalo yang ori yg dilubangi kok sayang .. thnks saran nya ntar tk isolasi buat jaga2.. 😀

    • kenthoet berkata:

      waah udah tak cek semuanya om, n udah di pastikan tidak ada yang bugil kabelnya :mrgreen: , bak kopling nya pake yg aftermarket om merk TDR, kalo yang ori yg dilubangi kok sayang .. thnks saran nya ntar tk isolasi buat jaga2.. 😀

      • macam mana pulak berkata:

        aku masih ada blok kopling punya rx1 thailand punya.
        sekarang udah tak balikin normal lagi jupe nya, sekarang udah jadi bapak.

      • kenthoet berkata:

        wah udah tobat nih ceritanya mas 😀 , salam buat anaknya ya mas 🙂 , thanks dah mampir

  3. redbike92 berkata:

    wah… ada koplingnya 😀
    hehehe tapi sekarang dah ga mogok meneh thow hehhe

  4. Dismas berkata:

    Wah, disinyalir itu Jupie juga dipake balap ya ? ada kopling manualnya euy 😀
    http://dizmaz.wordpress.com/2012/05/25/contoh-modifikasi-minimalis-honda-supra-helm-in-thailand-style/

  5. raya berkata:

    kalo koil atau kabel koil bisa memercikkan api selain dari busi, berarti koil atau kabel koil bocor dong. koil atau kabel koil yang normal tidak akan memercikkan api dari bodi koil atau kabelnya..

  6. gasspoll83 berkata:

    itu jupiternya warna biru nya di cat ulang kayanya oke juga warnanya

  7. vixy182 berkata:

    sepertix jupe korekan nih… 🙂 …pke kopling :mrgreen:

  8. Gogo berkata:

    joss.. kabel koplingnya panjang jg yah..

  9. kid1708 berkata:

    mogok adalah hak seluruh manusia, gak peduli itu motor montir 😀
    sangat tidak disangka bisa mogok 😀
    piss masbro

  10. angg44121 berkata:

    jozzz inponya….:)
    jd lbih rajin ane ngecek2 motor, coz buat jarak jauh trus.,
    lanjutttt trussss.,,,bro!!! inponya..,
    salam penjawi..! (penunggang jaran wesi)

  11. Ari CX Rider berkata:

    untung kagak ada hujan bensin ya bro. Xixi

  12. ismailov berkata:

    SORRR…

  13. Alfido berkata:

    mantap, dpt ilmu lg… jupiter’e pdo wekq sing ning kampung mas..,

  14. Karis berkata:

    wah…enaknya kalau ngerti daleman (mesian maksud e :D) bisa utak atik dewe, lah kalau saya yang begitu, urusan bengkel dah…sip!

  15. kharis27 berkata:

    kabelnya bocor .,,.,.mantep jupenya dah pake kopling ,.,.,.

  16. Space Monkey berkata:

    kabel koilnya tuh yang bermasalah, kasian kabel kopling udah 2 tahun mangkal kena gusur

  17. denirosdiana berkata:

    Sepertinya yg jadi biang kerok bukan kabel kopling meskipun nyatanya kabel kopling itu ada yg telanjang. Toh yg berbahan logam disekitar itu bukan hanya kabel kopling. Sebab utamanya karena ada kebocoran di kabel koil. Meskipun bocornya kabel koil sangat kecil bahkan nyaris tdk terlihat tp cukup menyebabkan loncatan bunga api. Loncatan karema tegangan dari kiol itu besar lho mas, klo kena kulit kita saat berkendara apalgi dalam keadaan basah….hmmmm berabe. Sebaiknya seh mending ganti kabel koil aja tuh…….he he he h ane sotot neh, padahal kagak ngerti urusan mekanis…..

    Nitip boleh kan…he he he…
    http://balekreatif.wordpress.com/2012/05/26/sugesti-begitu-membahana-sejak-pasang-alarm/

    • kenthoet berkata:

      iya mas memang kabel koilnya yg bocor, daripada cuma ganti kabel koil mendingan sekalian ganti motor az kayak punyanya sampeyan :mrgreen: pasti lebih joss 😆
      silahkan nitip,njemur, mandi, nyuci dan lain2 :mrgreen:

  18. motorselow berkata:

    Bak kopling nya kw ato gimana bro?

    • kenthoet berkata:

      bak koplingnya merk TDR mas di jamin gak kw, yg KW itu justru yg merk abal2 yg “katanya” dari thailand itu, soale temenq pernah punya yg dari thailand gitu di pasangi per kopling agak keras malah rumah sil stut koplingnya oblag jadi olinya rembes terus..

      • macam mana pulak berkata:

        mosok sih bos, palsu? aku pasang blok kopling taun 2004, rx1 asli bos

      • kenthoet berkata:

        wooh berarti punya nya temenq yg ndak asli kalo gitu, soale dia bilang juga pake punya e X1 dari thailand, tapi kok gampang rembes ?? mungkin ASPAL kali ya??

  19. babad150f berkata:

    artikel sip masbro..saya jugak heran koq bisa gitu ya.. 😎

  20. Imouto berkata:

    mas background e iki na hutan lindung cangar yo ? gawene liwat kono aq biyen

  21. BACA GILA berkata:

    Motornya aje GADO GADO , Gimna gak cepet mogok,
    Orang mah STD juga cukup , Kaga usah neko neko.
    !!!!

  22. shogun110tromol berkata:

    ternyata sama masalahnya sama motor saya mas. Shogun 110 saya tiba2 bunyi “tik tik tik” di bagian dekat mesin. Beberapa hari kemudian, motor kayak mbrebet dan mati melulu. Akhirnya sampe rumah dan mesin ngga bisa nyala total. Dicek api kadang ada kadang ngga. Ternyata setelah dibawa ke beres, masalah ada di soket koil dan kop busi, dah nggak bener. Jadi bunyi “tik tik tik” itu ternyata percikan api yang keluar dari kabel, entah lewat soket koil ato kop busi. Alhasil setelah dua part itu diganti, motor saya udah bener lagi sekarang :mrgreen:

  23. thomas berkata:

    Wah,,asik tuh pke bak kopling manual jupiez’a.
    Klw dipasang di yamaha new jupiez bisa masuk ga bro?
    Hrga 1 set bak kopling TDR nya brp bro?

  24. thomas berkata:

    Wah,,asik tuh pke bak kopling manual jupiez’a.
    Klw dipasang di new yamaha jupiez bisa masuk ga bro?
    Hrga 1 set bak kopling TDR nya brp bro?

    • kenthoet berkata:

      ane waktu itu dapetnya 400rbu 1 set bro, n ane pastikan kalo bak kopling jupie Z 110 beda sama Jupie Z 115cc jadi gak bisa PnP 😀 thnks dah mampir

  25. salam kenal mas dari wong mojokerto
    sedikit saran aja walaupun di pindah pun kabel koplingnya ,tetap kabel koil tetap bocor kalo motor dalam keadaan kering mungkin masih normal ,beda kalo motor dalam keadaan basah (hujan misalnya) ,air pada hujan dapat membuat loncatan bunga api pada koil dapat terjadi namun prosentasenya kecil dan hal ini dapat membuat motor sedikit mengalami mbrebet.
    solusinya sih mudah beli aja lem khusus flayback televisi di toko elektro terdekat
    lemnya sih ga lengket lebih lengket castol malah namun lem ini mampu menyekat tegangan tinggi koil yg kira2 sampai 20.000 volt (fly back tv jauh lebih besar >100.000 volt)
    harganya juga murah kira2 20.000 aja

    • kenthoet berkata:

      salam kenal juga mas Eko 😀 , ngomong2 smapeyan mjokertonya d mana mas eko ❓
      iya bner mas analisa smpeyan 😀 , kdang masih terlihat loncatan listrik yg kluar dri koil apalgi ketika mlm hri , jdi jlas bnget 😀
      Ok mas Eko, thnks bnget sarannya 😀 terimakasih dh mampir n bgi2 tips mas 😀
      eh iya nma lem nya fly back ya??? apa yg jga toko ngerti klo ane ngomong lem fly back ❓ 🙄

    • ekomoker berkata:

      ooya lupa,rumah saya ada di belakang universitas islam mojopahit (unim)
      ds.gebang malang

  26. agus berkata:

    berhubhng mtor ane senasib sama mtr agan…jempol papat lah..:)

  27. benjo berkata:

    slm knal mas_stlah bca postingan mas sya jdi pngen psang kopling mnual di jupiter sya tpi ktanya bak kopling tdr itu bhannya tpis apa bnar mas?terima kasih

    • kenthoet berkata:

      klo dbndingkan dgn bak kopling standr memng bnar demikian tapi wlaupun agak tipis tpi kuat kok bro bukttinya smpe skrg gak ada maslah apa2 dibagian kopling motorku ,pdahal udah pake per kopling ‘resing’ 😀

  28. Benjo berkata:

    Sblumnya trima ksih ats jwban mas tntang kopling tdr dan maaf sya mw brtanya lg,kmrin bgian tensioner sya dilas agr tnjokan tensionernya lbih nekan trus pas sya coba kok trikannya jdi brat,alhsil smpai d’rmh sya gergaji kmbali utk hlangi besi tmbhan lasnya tnpa sengaja mlah tensionernya rsak,yg sya ingin tnyakan pda mas apkah diberes ada tensioner bwat jupiter z burhan trs hrga’y brpa dan apkah tensioner punya suzuki smash bsa bwat jupiter?..trima ksih..

  29. rizky berkata:

    klo mtr jupiter ane shabis psang kopling kox ada bunyi tik tik nya ya gan?

  30. Tony berkata:

    gue itu males nya kalo di belokan itu sering macet penyebabnya waktu di genjot kan dah nyala tuh tapi pas gue tekan tuh koplingnya malah gue lepas terus gue nabrak pohon njirrrr gue waktu itu pake motor jupiter mx tahun 2010 gan

  31. sambalado berkata:

    wah cari cari yang ada bahasan mati bediri (MOGOK) ternyata ada disini hahah,
    ok mas tq ya buat artikelnya.
    sering” update ya mas,

    owner NEW VEGTER Z (mesin jupi z,rangka vega 2000,batok new vega r) nitip 4 jempol dari pekanbaru 😀
    maju terus mas tulisan” lainnya (Y)

  32. anjing berkata:

    Pnjelasan goblok

  33. Fandy Ghifari berkata:

    Numpang tanya mas bro , jupe ane kalo di starter nyala tapi kalo mau jalan ngempot tambah digas lagi eh malah mati , padahal udh cuci karbu juga 2 kali udh ganti busi jg , kira kira apanya ya monggo suwun

  34. Rully berkata:

    Ane punya masalah sama motor jupiter z tahun 2005,Pengapian dibusi ilang ane udah cek semua bagus,sampe CDI dan Kiprop Ane masukin ke mio idup,apa ada perbedaan CDI jupiter z dengan Mio? Karena ane pasang di motor Mio sampe ke sepulnya tetep idup,tolong dong solusinya

  35. ciun berkata:

    Montor Jupiter z 2010
    bunyi CES CES Kya angin bocor gtu….
    ituu di sebabkan karna apa mass klau bleh tau comenn eaa mas

  36. Fangkhi berkata:

    totorku jupiter z 2006,penyakitnya hampir sama,,,kalau jupiterku posisi porseneling 3 atau 4 d gas kencang saat lari seperti tidak mau lari cepat,itu karna ap yah mass?

Komentar Anda adalah Semangat Saya

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s